Media Informasi Terkini

Kamu harus Waspadai Tahi Lalat Ganas

4 137

 

Kamu harus Waspadai Tahi Lalat Ganas – Bicara mengenai tahi lalat biasanya memang ada perbedaan persepsi antara masyarakat awam dan dokter. Sebab keduanya terlihat serupa, yaitu bintik hitam atau kecoklatan yang menonjol atau datar. Untuk tahi lalat yang berupa benjolan pada kulit ada tiga jenis, yaitu jinak, bakal kanker (prakanker) dan ganas. Sedangkan tahi lalat yang datar terdiri dari beberapa jenis juga, umumnya bersifat jinak tapi bisa juga berubah menjadi ganas.

Tahi lalat biasanya lebih banyak dimiliki oleh orang-orang yang berkulit terang dibandingkan yang berkulit gelap. Sebagian besar tahi lalat mulai tumbuh selama 30 tahun pertama kehidupan seseorang dan sebagian lainnya sudah dibawa sejak lahir. Perlu anda ketahui jika dalam keluarga anda ada yang memiliki tahi lalat dengan ciri tertentu maka andapun memiliki resiko yang sama. Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menjadi penyebab anda lebih mudah memiliki tahi lalat. Perubahan hormon yang terjadi pada seseorang bisa berpengaruh pada tampilan atau jumlah tahi lalat yang dimilikinya, contoh: jumlah tahi lalat yang meningkat di usia remaja dan mulai menghilang memasuki usia 40 tahun ke atas.

Baca Juga :  Cara Menjadi Guru Bahasa Inggris di English First

Penyebab tahi lalat bisa dari dalam atau luar tubuh. Penyebab dari dalam adalah keturunan, ketahanan tubuh, suku bangsa dan warna kulit. Sedangkan faktor dari luar, yaitu sinar ultraviolet, polusi udara dan air, makanan berpengawet, dan lain-lain. Yang perlu diwaspadai bersama adalah ciri-ciri tahi lalat yang berbahaya atau bisa berubah menjadi ganas (kanker kulit) adalah bila muncul rasa gatal atau nyeri pada tahi lalat tersebut, perubahan warna (menjadi lebih gelap, pucat atau terang), ukurannya membesar, melebar tidak teratur, permukaan menjadi tidak rata, sering dikorek ata digaruk, gampang berdarah, menjadi luka dan koreng yang tidak kunjung sembuh. Jika gejala-gejala seperti di atas terjadi pada tahi alat yang ada di wajah atau anggota tubuh yang lainnya, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Suasana Hatimu Sedang Buruk

Sumber Artikel: Majalah UMMI No. 01/XX/Mei 2008/ 1429 H.

Show Comments (4)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More