Home | Artikel | 7 Tips dan Trik Menjadi Penulis Profesional

7 Tips dan Trik Menjadi Penulis Profesional

TINULIS.ID – Dengan menjadi penulis kita bisa medapatkan penghasilan tambahan dan tentunya untuk menjadi seorang penulis yang profesional harus memiliki tekad yang kuat,  keuletan, perencanaan studi dan bekerja menjalankannya sungguh-sunnguh.

Menjadi penulis profesional tidak dapat diraih dalam waktu yang singkat, so kita harus sabar memulainya. Disini saya akan berbagi mengenai tips dan trik untuk menjadi seorang penulis yang profesional, diantaranya yaitu :

Rajin Membaca

Ibarat sebuah rumah membaca adalah pondasinya. Membaca menjadi modal dasar menjadi penulis, ia harus rajin-rajin membaca atau menjadi seorang kutu buku karna membaca adalah kunci kesuksesan seorang penulis.

Jadi dalam membaca harus mempelajari dan mengetahui bagaimana seorang penulis itu menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan, dari bagaimana cara dia menulis, gaya bahasa, bentuk tulisan dan lainnya.

Menentukan Bidang

Menjadi seorang penulis general memang tidak masalah tapi alangkah lebih baiknya bila anda menjadi seorang penulis spesialis yang hanya menguasai bidang tertentu, seperti politik, budaya, agama, ekonomi dll.

Dengan menjadi seorang penulis spesialis tulisan yang anda hasilkan akan lebih berkualitas dan mendalam serta bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu juga akan memudahkan anda untuk memilih buku bacaan yang akan dibaca.

Kreatif dan Intelijensi

Untuk menjadi seorang penulis tulisan yang anda hasilkan harus kreatif  dan intelijensi. Seorang penulis yang kreatif tidak akan perah kehilangan ide untuk menulis karna dimanapunanda berada pasti akan ada ide untuk dituangkan dalam tulisan serta mampu mengaitkan tulisannya dengan tema-tema yang lain.

Sedangkan intelijensi adalah kemampuan untuk memahami. Dalam menulis dibutuhkan kemampuan memahami yang tinggi anda harus mampu memusatkan idenya ke tema setelah berfikir luas dan mengaitkan temanya dengan tema-tema yang lain.

Memiliki Kemauan

Menjadi seorang penulis yang profesional tidak bisa dipaksakan karena semua itu harus dari kemauan diri sendiri, bahkan kita harus memiliki ambisi bukan hanya sekedar kemauan saja. Markus G. Subiyakto ( 1996:1 )  mengatakan  “ kalau anda hanya punya rasa ingintetapi tak ada ambisi, ya bisanya hanya bisa melihat tulisan orang lain”.

So, untuk menjadi seorang penulis kita harus memiliki kemauan dan ambisi. Jangan hanya ingin tanpa action, ujung-ujungnya kita hanya bisa melihat saja dan menjadi penikmat tulisan orang lain. Lakukan semuanya dengan sepenuh hati jangan setengah-setengah karna banyak orang yang melakukan sesuatu setengah hati menuai suatu kegagalan.

Mempunyai motivasi

Untuk menjadi seorang penulis kamu harus memiliki alasan yang membuat dan mendorong kamu untuk termotivasi menjadi penulis. Sekarangtanyakan pada diri anda sendiri kenapa ingin menjadi penulis ? dan jawab pertnyaan itu, nantinya alasan itulah yang akan membuat kamu semangan dan termotivasi menjadi penulis.

Memiliki Kemampuan

Setelah anda memiliki kemauan dan motivasi harus memiliki kemampuan. Kemampuan ini erat kaitannya dengan bakat, namun bakat tanpa kemauan juga tidak akan menghasilkan tulisan.

Jadi rajin-rajinlah berlatih. Kemampuan yang dibutuhkan bisanya kemampuan mengamati fenomena, kemampuan mengamati lingkungan, kemampuan berbahasa dan lain sebagainya.

Meluangkan Waktu

Penulis profesional harus meluangkan waktunya dan memiliki jadwal yang terstruktur serta dilakukan terus menerus. Bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan tidak memanjakan diri dengan bermalas-malasan, ia mengisi waktunya dengan sesuatu yang ptoduktif.

Itulah beberapa tips dan trik untuk menjadi seorang penulis yang profesional. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Itulah 7 Tips untuk menjadi penulis profesional, semoga artikel ini bisa bermanfaat adanya. bantu share yuk !

About Uka Mersy

Mahasiswi UIN Walisongo jurusan manajemen dakwah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *