Media Informasi Terkini

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

0 30

Hallo sobat pembaca setia tinulis, kali ini saya ingin berbagi artikel tentang 5 tips sederhana menjaga kesehatan gigi dan mulut – Gigi dan mulut merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia. Tanpa adanya kedua organ tersebut, makanan akan sulit dicerna atau bahkan sulit untuk dikunyah atau ditelan.

Kesehatan mulut dan gigi berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, jika gusi dan gigi mengalami infeksi, kondisi ini dapat menyebar ke dalam jaringan tubuh lainnya juga. Penyakit yangsering  ditimbulkan pun tidak hanya berkaitan dengan mulut atau gigi, tapi juga organ lain pada tubuh.

Adapun ketika saat mengalami sakit gigi karena gigi berlubang atau gusi bengkak, tentu akan merasa tidak nyaman dalam beraktivitas sehari-hari, seperti makan, minum, bahkan bicara, bisa saja terganggu dan merasa risih untuk beraktifitas.

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Adapun tips sederhananya bisa kamu lakukan dengan mudah, berikut ini adalah selain menyikat gigi 3x sehari aktivitas makan dan saat bangun tidur, ada beberapa langkah lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, di antaranya:

Pertama, Jangan menyikat secara berlebih dan terlalu keras

Hal ini perlu kamu perhatikan juga sebelum menyikat gigi, gosok gigilah secara perlahan dan pelan-pelan. Jika tidak dilakukan dengan demikian akan emrusakan lapisan enamel yang melindungi gigi.

Baca Juga :  Cermati Spesifikasi HP Samsung J4 Murah Ini Sebelum Membeli

Karena enamel merupakan salah satu pelindung, enamel cukup kuat untuk melindungi gigi dari semua yang terjadi di dalam mulut, dari makan dan minum hingga memulai proses pencernaan. Namun, bagi anak-anak dan remaja masih memiliki enamel lebih lembut daripada orang dewasa, sehingga mereka lebih rentan terkena gigi berlubang karena erosi dari makan dan minum.

Kedua, Gunakan Pasta Gigi Berflourida

Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. ketika kamu sedang mencari pasta gigi, disitu ada hal yang lebih penting untuk dicari daripada pemutih atau pun rasa. Apapun versi yang akan dipilih, pastikan pasta gigi tersebut mengandung fluoride.

Fluoride merupakan zat yang menjadi andalan dalam kesehatan mulut. Karena pasta gigi yang mengandung fluoride merupakan pertahanan utama untuk mengatasi kerusakan gigi. Selain itu fluoride bekerja aktif dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan pembusuka dan memberikan pelindung untuk kesehatan gigi

Ketiga, Hidari Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan sejumlah masalah pada gigi dan mulut, seperti bau mulut, perubahan warna gigi, penumpukan plak dan karang gigi, serta munculnya bercak putih di mulut akibat iritasi (leukoplakia). Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut. Disarankan untuk tidak merokok agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada gigi dan mulut, selain juga untuk menghindari penyakit secara umum.

Keempat, Jauhi minuman bersoda dan Kurangi Makanan yang Mengandung Gula

Asam dalam soda dapat merusak gigi yaitu menyerang sel enamel, asam akan kembali menyerang untuk membuat gigi berlubang, meninggalkan noda pada permukaan gigi, dan mengikis struktur bagian dalam gigi.

Baca Juga :  Pengalaman Liburan Berburu Kuliner Legendaris Di Kota Istimewa

Nah, begitupun dengan gula. Gula akan berubah menjadi asam ketika dimulut yang bisa mengikis enamel gigi juga. Sekarang batasi makanan atau minuman yang bersoda atau yang mengandung gula demi menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Kelima, Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sama halnya dengan air putih, mengonsumsi makanan sehat juga bermanfaat bagi kesehatan mulut. makanan ini termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, serta produk susu atau olahan susu. Dengan mengonsumsi sejumlah makanan tersebut nutrisi yang dibutuhkan akan terpenuhi sehingga penyakit pada mulut dan gigi dapat dicegah.

Happy Dental Clinic Ciputra Mall Rekomendasi by HalloDoc

Gigi dan mulut menjadi bagian yang cukup penting pada setiap orang, jika salah satu mengalami masalah saja pasti akan berimbas cukup besar. Banyak jenis penyakit yang bisa menyerang kedua bagian tersebut, baik itu ringan ataupun parah.

Nah, inilah kenapa penting ketika kamu mengalami masalah segera untuk lakukan pemeriksaan. atau minimal tanya dokter gigi terlebih dahulu indikasi seperti apa yang dialami, jika memang bisa parah langsung melakukan tindakan pertama yang tepat seperti apa.

Selain perawatan secara mandiri dan sederhana yang telah saya sampaikan di atas, Kamu juga diharuskan untuk memeriksa kesehatan gigi ke klinik atau dokter gigi untuk lebih mengetahui kesehatan gigi dan mendapatkan tips-tips penting dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu agar tetap sehat.

Baca Juga :  Marimas bikin Adem, Tidak bikin Batuk Minuman Favorite Anak Muda Indonesia

Nah adapun rekomendasi klinik gigi yang memiliki kualitas yang baik di Jakarta, Kamu bisa berkunjung Happy Dental Clinic Ciputra Mall.  Sedikit cerita tentang klinik gigi Happy Dental Clinic merupakan sebuah klinik perawatan gigi dan mulut yang berada di kawasan Ciputra Mall yang memberikan pelayanan lengkap kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Happy Dental Clinic juga didukung oleh peralatan teknologi yang canggih dengan standar internasional yang selalu mengutamakan kebersihan dan kenyamanan. Serta didukung oleh tenaga ahli dan tim dokter gigi yang profesional, berpengalaman dan berkualitas, Happy Dental Clinic Ciputra Mall berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk membantu mewujudkan impian anda dalam memiliki gigi sehat, rapih, cemerlang dan senyum yang menawan.

Untuk melengkapi beberapa usaha seperti diatas, Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan. Namun yang sering menjadi masalah adalah ketika hal itu menjadikan kesibukan Kamu terganggu. Seperti untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi dokter haru antri panjang, apakah Anda merasa kerepotan akan hal tersebut?

Jika iya, untung saat ini sudah dipermudah dengan adanya berbagai aplikasi kesehatan online. Tidak percaya, bisa tanya dokter melalui Aplikasi Halodoc misalnya.

hallo-doc-caroii-solusiHalodoc merupakan salah satu platform kesehatan online yang sudah dipercaya ribuan bahkan jutaan ribu orang. Dimana dalam aplikasi tersebut terdapat banyak sekali fitur yang mempermudah untuk menjaga kesehatan. Mulai dari tanya dokter gigi atau berkonsultasi, mendapatkan obat, mengatur jadwal pertemuan dengan dokter dan masih banyak lagi lainnya. Nah, sudah ada solusi untuk masalah gigi dan mulut kamu bukan?

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More