Media Informasi Terkini

Tips Menulis Surat Resmi Bagi Pemula

Sumber gambar: pixabay.com
0 137

Tips Menulis Surat Resmi Bagi Pemula – Pada umumnya surat resmi ditujukan untuk kepentingan sekolah, organisasi, lembaga, instansi pemerintahan atau keperluan perusahaan. Namun, pembuatan surat resmi tidak harus melalui kelompok saja, bisa juga dibuat oleh perorangan. Biasanya surat resmi dari perorangan lebih ke arah lamaran kerja dan pengunduran diri yang mana format penulisan menggunakan kaidah bahasa yang benar.

Jadi, memang penggunaan surat resmi tidak hanya untuk urusan kelompok saja tetapi juga bisa untuk individu. Fungsi sebenarnya surat resmi adalah sebagai sarana untuk penyampaian informasi, pemberitahuan, permintaan serta gagasan. Penggunaanya juga turut untuk pemahaman informasi antara kedua belah pihak.

Meskipun sekarang jarang menggunakan komunikasi pribadi dengan surat menyurat karena telah tergantikan dengan teknologi modern seperti gadget. Namun, untuk kepentingan formal masih tetap membutuhkan penyampaian komunikasi melalui surat karena nampak lebih profesional dan elegan. Lantas apa saja tips untuk menulis surat resmi yang tepat. Silahkan dibaca sampai tuntas ya.

Baca Juga :  [Ulasan] Teknik Rahasia Sederhana dalam Menulis
Tips Menulis Surat Resmi Bagi Pemula
Sumber gambar: pixabay.com

Singkat & Padat

Ketika menulis surat sebaiknya jangan terlalu bertele-tele untuk tujuannya. Tuliskan secara singkat tapi padat sehingga penerima paham dengan apa yang dimaksud. Pergunakan bahasa sopan dan sesuai kaidah yang berlaku. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak baku agar terkesan lebih dipercaya. Hindari juga menggunakan kata-kata gaul yang memang semestinya tidak ada dalam surat.

Rapi & Bersih

Sekarang eranya sudah modern, alangkah baiknya jika menggunakan media elektronik seperti komputer untuk membuat surat. Dengan komputer, Anda bisa membuat surat yang lebih rapi, bersih dan profesional. Hindari untuk membuat surat resmi melalui tulisan tangan karena kalau ada kekeliruan akan sulit untuk menghapusnya. Menggunakan bantuan tip-ex abukan langkah yang tepat karena akan mengotori kertas sehingga kesan nampak tidak profesional.

Baca Juga :  Gratis Optimasi Website dengan Skema Backlink

Paham Semua Bagian Surat

Sebelum menulis surat, alangkah baiknya untuk mempelajari bagian bagian surat karena kalau sampai kurang 1 bagian saja akan berakibat fatal. Dengan mengetahui bagiannya juga secara tidak langsung juga tahu struktur surat yang baik. Setiap bagian juga ada aturan tersendiri yang harus dipatuhi agar tidak terjadi kesalahan sehingga menghindari adanya penolakan.

Proofreading

Maksud dari proofreading ini adalah membaca ulang hasil tulisan secara keseluruhan. Hal ini memastikan apa ada salah eja, tata bahasa yang kurang sesuai dan kata-kata yang tidak nyambung. Dengan adanya program dokumen Microsoft Word, maka terbantu sekali tanpa perlu ganti ganti kertas seperti tulisan tangan. Anda cukup edit, delete dan benarkan sesuai kaidah.

Baca Juga :  Strategi Menulis Super Power Ala Superman

Itulah beberapa tips menulis surat terutama surat resmi yang perlu Anda ketahui agar kedepannya tidak terjadi penolakan hanya karena terdapat kesalahan meskipun itu kecil. Bagi Anda yang belum pernah menulis surat resmi sekalipun, diharapkan mengikuti tips di atas agar hasil pembuatan surat lebih maksimal.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More