Media Informasi Terkini

Tips menghemat baterai Android supaya tahan lama

0 151

Tips menghemat baterai Android supaya tahan lama  – Sebagai pengguna ponsel pintar Android, Anda mungkin menghargai pentingnya dan kenyamanan baterai yang tahan lama. Kadang-kadang sedikit usia baterai ekstra membuat perbedaan – apakah itu cukup untuk menemukan alamat, mengirim pesan atau membuat panggilan. Dan meskipun pengguna Android cenderung menghargai seberapa kuat ponsel pintar mereka daripada alternatifnya, fungsionalitas tambahan akan menghemat daya baterai.

Untungnya, ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan pengguna Android untuk membantu menghemat baterai Android. Pada artikel berikut, Anda akan menemukan beberapa tips favorit web untuk memeras baterai ekstra dari ponsel pintar Android Anda menurut iBest

Tips menghemat baterai Android supaya tahan lamaKetahuilah Musuhmu

Langkah pertama yang harus dilakukan pengguna Android untuk menghemat baterai Android adalah menentukan penyebab kehabisan baterai. OS terbaru harus memungkinkan sebagian besar pengguna untuk menentukan tingkat penggunaan baterai dengan mudah dan, jika tidak, maka beberapa aplikasi menyediakan layanan gratis atau sangat murah.

Di halaman Pengaturan ponsel pintar Anda , cukup arahkan ke About Phone dan kemudian ke Battery Usage . Halaman Penggunaan Baterai menampilkan rincian fitur yang paling banyak menggunakan baterai. Dengan memastikan fitur ponsel pintar mana yang paling banyak menghabiskan baterai, Anda dapat menyesuaikan pengaturan dan perilaku ponsel Anda untuk mengurangi pengurasan baterai.

Baca Juga :  Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membuat Sebuah Meeting Room

Redup atau Ubah Backlight

Meskipun tidak selalu demikian, “tampilan” sering kali merupakan ancaman terbesar baterai yang tahan lama. Anda dapat menyelesaikan ini dengan menavigasi kembali ke Pengaturan . Dari sana, pilih Display dan kemudian Brightness . Setelah Anda menemukan pengaturan Brightness telepon Anda, cukup redupkan lampu latar sepenuhnya.

Jika Anda tidak dapat dengan nyaman melihat latar belakang ponsel pada luminositas terendah, kemudian tingkatkan kecerahan hingga latar belakang Anda terlihat dengan nyaman. Langkah ini akan mengurangi jumlah baterai yang dibutuhkan oleh layar telepon Anda dan, jika Anda memiliki layar AMOLED (active-matrix organic light-emitting diode), Anda dapat mengurangi pengurasan baterai layar secara lebih drastis dengan membiarkan warna latar belakang ditampilkan dalam warna hitam.

Screen Timeout

Terakhir, untuk lebih mengurangi jumlah baterai yang dibutuhkan oleh layar Anda, Anda dapat mengatur batas waktu layar ponsel Anda ke durasi yang lebih pendek. Untuk melakukannya, navigasikan saja dari Pengaturan ke Suara dan Layar . Setelah di Sound and Display, pilih Screen Timeout . Fitur ini menginformasikan telepon tentang preferensi penggunanya ketika layar latar belakang mati. Semakin pendek durasinya, semakin besar penghematan baterai, jadi pilih durasi tersingkat yang sesuai untuk Anda.

Baca Juga :  Tips Yang Tepat Sebelum Mempersiapkan Pesta Pernikahan

Bunuh Aplikasi Latar Belakang

Terakhir, selain tampilan, aplikasi yang berjalan atau menyinkronkan di latar belakang dapat menguras masa pakai baterai ponsel Android Anda, jadi saat Anda menemukan fitur mana yang menggunakan baterai paling banyak, tentukan juga aplikasi mana yang paling banyak digunakan. Ponsel Anda seharusnya memungkinkan Anda melihat informasi ini dengan mudah. Cukup kembali ke Penggunaan Baterai (Pengaturan> Tentang Telepon> Penggunaan Baterai). Karena setiap pengguna memiliki aplikasi berbeda yang sangat mereka andalkan, tidak mungkin untuk memberikan instruksi yang dipersonalisasi. Namun demikian, ada beberapa langkah umum yang dapat dilakukan untuk membatasi pengurasan baterai latar belakang aplikasi.

Nonaktifkan Sinkron

Sebagai permulaan, nonaktifkan atau ubah pengaturan aplikasi yang sering disinkronkan. Aplikasi email asli, misalnya, dapat menguras baterai dengan menyinkronkan email setiap 15 menit. Jadi, untuk meningkatkan penghematan baterai, pengguna cukup mengunjungi Pengaturan Umum dan memilih Frekuensi Pemeriksaan Email ponsel mereka . Dengan menonaktifkan fungsi sinkronisasi aplikasi, pengguna menghemat paling banyak baterai. Jika menonaktifkan fungsi sinkronisasi sepenuhnya tidak akan berfungsi untuk Anda, penurunan frekuensi sinkronisasi mana pun akan menghemat baterai Android.

Baca Juga :  Tips Menggunakan Maskara Yang Bagus Untuk Remaja

Langkah yang sama atau serupa dapat diambil untuk aplikasi lain yang disinkronkan di latar belakang dan menggunakan banyak baterai. Contohnya termasuk Twitter dan Facebook. Untuk mengurangi atau menghilangkan sinkronisasi Facebook, pengguna cukup menavigasi ke halaman Facebook utama dan dari sana pilih Pengaturan untuk mengurangi Refresh Interval aplikasi . Terlebih lagi, jika Anda menemukan bahwa beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah Anda gunakan menghabiskan masa pakai baterai ponsel Anda, maka cukup hapus atau hapus instalan aplikasi tersebut.

Untuk pengguna ponsel pintar, usia baterai adalah masalah kritis. Beberapa pengguna membeli ponsel dengan kriteria itu saja – beberapa bahkan memilih Apple daripada Android untuk daya tahan baterai iPhone yang superior. Untungnya, meskipun ponsel Android OS terus maju secara teknologi, perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar dalam masa pakai baterai. Mengikuti tips di atas akan membantu menghemat baterai Android sementara, mudah-mudahan, tidak mengurangi pengalaman pengguna.

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More