Media Informasi Terkini

Tips Menghadapi Bulan Ramadhan

162

Tinulis ID – Ramdhan merupakan bulan yang penuh kebarokah, setiap insan tentu pasti gembira dalam menyambut kedatangannya. subhanallah, tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan..

 

Sahabatku, kalian sudah mempersiapkan apa untuk menghadapi Bulan Suci Ramadhan yang telah dirindukan?

Apakah kalian sudah membersihkan hati dan pikiran kalian? Ataukah masih sibuk dengan aktivitas kalian?

Tak menjadi masalah sahabat, apapun aktivitas atau kegiatan kalian jangan lupa diniatkan ibadah pada Allah SWT. Sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap mereka mendapat balasan apa yang diniatkan.” (HR. Bukhori Muslim)

Nah, begitu sahabat. Sebelum menghadapi Bulan Suci Ramadhan yang telah dirindukan, ada nih beberapa tips biar Bulan Ramadhan membekas dihati, pikiran, sikap dan perbuatan kita.

Tips-tips Menghadapi Bulan Ramadan yang dirindukan:

  1. Karena ini sudah masuk bulan Rajab maka jangan lupa kita berdoa, “Allahumma barriklana fii Rajab wa Sya’ban wa baligna Ramadhan.” Artinya: “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan kami di bulan Ramadahan.” Amalan ini disampaikan oleh Habib Novel bin Muhammad Alaydrus untuk diamalkan bagi setiap diri muslim/muslimah.
  2. Perbanyak ibadah khususnya di bulan Rajab dan Sya’ban seperti banyak puasa sunah senin kamis, puasa ayyamul bid (tengah bulan 13,14,15 hijriah), puasa daud, sholat tahajud, sholat dhuha, baca Al Qur’an dan lain sebagainya.
  3. Perbanyak istighfar, dzikrullah dan sholawat nabi untuk membersihkan hati dan pikiran dari hal-hal yang tidak bermanfaat.
  4. Lakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan kurangi kegiatan yang tidak bermanfaat. Maaf Sahabat bukan karena Bulan Suci Ramadan yang tidak makan dan minum di siang hari lantas hanya beraktivitas tidur-tiduran setiap hari. Bukan tidak boleh tidur, tapi tidurlah secukupnya dan lanjutkan beraktivitas seperti biasa.” ” Artinya: “Diantara (ciri) sempurnanya keislaman seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat baginya.” (Hadist Hasan Di Riwayatkan oleh Tirmidzi)
  5. Atur agenda kalian sahabat apalagi dibulan Ramadhan yang dirindukan ini. Seperti berapa kali kalian ingin mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan, cross chek berapa kali kalian full ibadah atau absent ibadah. Tujuan meng-agendakan kegiatan ibadah adalah supaya kita tahu letak kekurangan kita dimana yang harus di perbaiki. Bukan lantas berfokus pada amal yang hendak dicapai tapi semata-mata untuk bisa menjadi pribadi yang berakhlak baik dan mulia. Sekian. Mohon maaf lahir batin Sahabat.
Baca Juga :  Pusat Bekam Ruqyah Terbesar Di Indonesia

Demikian penulis sampai mengenai Tips Menghadapi Bulan Ramadhan  semoga bisa bermanfaat adanya dan selalu gembira teruntuk menyambut bulan ramadhan mendatang.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More