Tips Mengelola Keuangan Supaya Hidup Lebih Nyaman

Tips Mengelola Keuangan Supaya Hidup Lebih Nyaman

Berapapun penghasilan atau gaji yang Kamu miliki, jika keuangan tidak dikelola dengan baik maka percayalah Kamu tidak akan merasa cukup. Memang sifat manusia yang selalu tidak puas, namun mengatur keuangan yang Kamu miliki dengan baik adalah pilihan bijak. Kamu tidak akan pernah tahu bukan, apa yang akan terjadi kedepannya nanti. Jika Kamu tidak mencoba untuk mengatur keuangan dari sekarang, kemungkinan besar di masa depan bukan hanya keuangan Kamu yang berantakan. Namun juga kehidupan Kamu secara keseluruhan.

Nah untuk mulai mengelola keuangan yang Kamu miliki, tidak ada salahnya untuk mengikuti 4 cara berikut ini :

Hindari Uang Tunai yang Berlebihan

Segala hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk juga dengan uang tunai. Biasakan untuk membawa uang tunai secukupnya agar Kamu terhindar dari keborosan. Dengan keterbatasan uang tunai yang Kamu miliki akan membuat Kamu mengerem pengeluaran yang tidak perlu. Sebaliknya jika Kamu memegang uang tunai yang terlalu banyak, percayalah Kamu akan mulai membeli barang-barang yang tidak perlu. Bahkan Kamu akan lebih condong mengikuti nafsu untuk berbelanja.

Investasi Tidak Mengenal Usia

Meskipun masih muda dan belum menikah, bukan berarti Kamu tidak boleh berinvestasi. Sejauh Kamu memiliki dana yang cukup dan punya wawasan tentang instrument investasi yang akan Kamu masuki maka lanjutkanlah untuk berinvestasi. Saat ini ada banyak sekali pilihan investasi yang bisa Kamu pertimbangkan. Mulai dari deposito, tanah, rumah, asuransi, emas, hingga saham.

Bagi Kamu yang memiliki dana cukup banyak dan suka berspekulasi, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli beberapa lembar saham. Jika ingin investasi yang aman maka deposito dan emas adalah pilihan yang baik. Ingin keuntungan yang selalu naik maka investasi di tanah dan properti adalah pilihan yang tepat. Semuanya tinggal Kamu sesuaikan dengan budget yang Kamu miliki.

Baca Juga :  3 Fungsi Hotel Yang Wajib Kamu Coba

BACA DULU :

Jangan Sepelekan Catatan Keuangan

Banyak orang yang tidak telaten untuk mencatat pengeluaran mereka setiap bulannya. Padahal kegiatan ini akan sangat membantu dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Dengan adanya catatan keuangan, maka Kamu bisa melihat dengan pasti berapa persen dari penghasilan Kamu yang dibelanjakan, disimpan dan juga diinvestasikan. Bahkan catatan keuangan ini juga bisa membantu Kamu memproyeksikan pengeluaran Kamu di bulan berikutnya. Memang awalnya sedikit merepotkan tapi saat kegiatan ini dilakukan dengan rutin maka kehidupan Kamu akan semakin baik.

Miliki Lebih Dari 1 Rekening

Cara yang satu ini sudah dibuktikan oleh banyak orang dan hasilnya benar-benar memuaskan. Keuangan yang mereka miliki stabil dan tersistem dengan baik. Dengan memiliki beberapa rekening, Kamu dapat membagi penghasilan yang Kamu miliki dengan sangat baik. Misalkan saja rekening pertama Kamu digunakan untuk menerima gaji atau penghasilan. Kemudian rekening kedua bisa Kamu gunakan sebagai pos untuk belanja harian dan rekening ketiga bisa Kamu gunakan sebagai kotak Pandora.

Yang dimaksud dengan kotak Pandora disini adalah dimana dana yang ada di rekening tersebut tidak akan Kamu ambil. Dengan kata lain rekening ketiga ini benar-benar Kamu gunakan untuk menyimpan uang yang Kamu miliki tanpa adanya penarikan dalam jangka panjang. Jika Kamu menyukai travelling, cobalah untuk menambah 1 rekening lagi. Sisihkan 5% atau 10% dari penghasilan Kamu untuk rekening ini dan percayalah kegiatan travelling Kamu akan terorganisir dengan sangat baik.

Baca Juga :  buku

Bagaimana menurut Kamu? Kamu boleh mencoba cara-cara tersebut dan buktikan keuangan dan kehidupan Kamu lebih stabil setelahnya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Teringan dengan seorang tokoh muda yang sukses di ranah bisnis yaitu Wempy Dyocta Koto Investor, kenapa harus ada kata investornya? Yap saya sengaja menambahkan kata tersebut sebagai pelengkap nama beliau, Karena memang beliau seorang investor yang sukses di sektor perbisnisan. Selain sebagai seorang investor, Wempy juga berperan sebagai mentor dan pernah mengadakan kelas bisnis, workshop dan seminar dengan BPPT, BEKRAF, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Kementerian Pendidikan serta organisasi pemerintahan dan swasta lainnya.

 

Tips Mengelola Keuangan Supaya Hidup Lebih Nyaman

Wempy dilahirkan di Sumatera Barat lebih tepatnya di kota Padang Panjang, 14 Oktober 1976 dan beliau memulai karir bisnisnya sejak diperkuliahan di Sydney, Australia. Wempy dilahirkan di Indonesia, akan tetapi tumbuh dan dibesarkan di Sydney karena keluarganya pindah dan menetap disana. Perjalanan bisnis sangat panjang sehingga bisa mengantarkan beliau untuk tinggal dan menetap di banyak kota didunia, salah satunya San Fransisco, Singapura, New York, Hong Kong dan London.

BACA JUGA:

Sebagian orang beranggapan bahwa masa muda adalah masa-masa yang sangat produktif untuk mengembangkan karir dan merencanakan masa depan. Sebagian lagi beranggapan bahwa masa muda adalah saat yang tepat untuk melakukan ekspresi aktualisasi diri dan saat – saat yang dianggap tepat dalam menikmati hidup dengan berlibur tanpa harus terlalu memikirkan hari tua.

Kedua hal dalam anggapan diatas nampaknya dijalani Wempy secara bersamaan. Diusianya yang masih relatif muda dia telah mencapai sukses dalam karirnya sebagai seorang konsultan manajemen. Coba saja bayangkan, bahkan disaat masih berstatus sebagai mahasiswa, Wempy telah bekerja sebagai Brand Communication pada perusahaan financial service American Express dan menerima gaji sekitar Rp 300 juta per tahun. Sebuah angka yang bisa dikatakan luar biasa untuk pemuda yang menimba ilmu dan berusia 20 an tahun.

Baca Juga :  Berani Coba Solo Travelling?? Baca Ini Dulu!!

Nama Wempy memang sudah tidak asing lagi ditelinga para pebisnis lokal maupun internasional. Pendiri dan sekaligus Chief of Officer (CEO) Wardour and Oxford telah memiliki berbagai pengalaman di dunia bisnis lebih dari 20 tahun lamanya. Melalui konsultan bisnis yang berpusat di London yang didirikannya ini, ia telah banyak membantu merek-merek internasional untuk semakin mendunia.

Setelah perjalanan karir yang luar biasanya, Wempy akhirnya memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Pekerjaannya yang banyak dilakukan di luar negeri membuat ia banyak menghabiskan waktu di luar negeri. Perannya sebagai konsultan manajemen telah banyak membantu perusahaan meluncurkan produknya secara internasional. Ia pun berpikir sebagai WNI mengapa justru belum pernah membantu perusahaan Indonesia untuk launching produk dan membawanya ke tingkat internasional.

Wempy Dyocta Koto mengajak bijak bersosmed khayalak kalangan anak muda untuk berkreasi dalam menciptakan sebuah karya-karya yang positif semisalnya mendukung peran pemerintahan dalam memberantas berita hoax dengan membuat sebuah poster/gambar ataupun animasi yang mengajak serta memberikan sebuah informasi yang positif dan mengedukasi masyarakat di sosial media sehingga menciptakan sebuah perdamaian. Berikut ini salah satu akun sosial media wempy bisa cek melalui akun instagramnya @wempydyoctakoto .

Demikian artikel yang bisa penulis sampaikan semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca sebagai acuan bahan bacaan dan rujukan informasi. Jangan lupa dishare ya.

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *