Media Informasi Terkini

TIPS MENGECEK KUALITAS LINEAR BEARING

0 58

MENGECEK KUALITAS LINEAR BEARING – Fungsi linear bearning adalah untuk memberi gerakan lurus pada peralatan mekanik atau otomotif. Fungsi tersebut jelas sangat dibutuhkan untuk pergerakan mesin. Sebagai perangkat yang sangat dibutuhkan dalam dunia teknik dan otomotif. Linear bearing harus diperhatikan cara mengecek kualitasnya dengan baik.

Banyak toko otomotif yang menyediakan linear bearning tapi tentu saja Anda tidak boleh langsung membelinya begitu saja. Dibutuhkan sejumlah cara untuk mengecek apakah linear bearing yang hendak Anda beli benar-benar berkualitas.

Untuk itu, ada sejumlah pengujian yang perlu Anda alankan untuk mennetukan apakah kualitas linear bearing tersebut telah memenuhi standar yang baik atau malah buruk dan tidak layak untuk Anda miliki.

Mungkin bagi Anda yang awam terhadap dunia otomotif, akan cukup bingung untuk melakukan uji tersebut. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda teliti terhadap linear bearing yang setidaknya bisa dilakukan oleh orang awam.

Baca Juga :  Jangan Cuma… “ I Have a Dream”

Simak ulasannya berikut ini.

1. Tidak ada cacat secara fisik

Hal pertama yang harus Anda perhatikan tentu saja adalah bagaiamana kondisi fisik linear bearing secara kasat mata. Apakah ada cacat atau tidak. Karena jika bentuk dari produk tersebut cacat maka otomatis hal itu akan mempengaruhi fungsinya untuk bekerja dengan normal.

Cacat yang bisa Anda teliti antara lain adalah gompal atau bodi yang pecah, retak atau patah pada bearing dan relnya. Jika terdapat kondisi seperti itu sebaiknya Anda tidak membelinya karena kemungkinan besar bearing tersebut telah rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik lagi.

Namun untuk kondisi ini terbilang jarang ditemui karena setiap produsen pembuat bearing tentu melakukan pengecekan kualitas (quality chek) sebelum memasarkan produknya. Dan memilahnya jika ada barang rejected atau barang yang cacat secara fisik, maka produsen memilih untuk tidak menjualnya.

Baca Juga :  Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Meski begitu, terkadang ada distributor atau penjual produk otomotif yang mengambil kesempatan tersebut untuk mencari keuntungan. Dengan mengumpulkan produk rejected untuk dijual dengan harga yang murah. Untuk itu, ada baiknya untuk Anda tetap berhati-hati jangan sampai tertipu produk yang tidak layak dibeli.

2. Cek proses gerak linear bearing

Setelah mengecek tampilan fisiknya, cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengecek fungsi bearing tersebut. Bearing dianggap berkualitas baik jika dia bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk mengecek hal tersebut Anda bisa mengujinya dengan menggerakkan tubuh bearing pada relnya. Apabila pergerakannya lancar dan lurus maka linear bearing tersebut layak untuk dibeli. Namun apabila pergerakannya tidak lancar dan tidak konsisten kemungkinan besar linear bearing tersebut tidak baik kualitasnya.

Pengecekan seperti ini tidak bisa Anda lakukan dengan melihat saja. Untuk itu sebaiknya Anda luangkan waktu untuk mengecek secara langsung pergerakan bearing yang hendak Anda beli agar benar-benar memenuhi standar kualitas

Baca Juga :  Sewa Mobil di Bali Harga Terjangkau, Simak!

Mengecek linear bearing secara langsung adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan. Namun ada kalanya karena kesibukan sehingga Anda tidak bisa melakukan hal tersebut dengan teliti. Lalu bagaimana caranya agar Anda tetap bisa memperoleh linear bearing yang benar-benar berkualitas? Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli produk linear bearing di toko otomotif yang terpercaya dan telah menjamin semua produk yang mereka jual itu berkualitas.

Mengapa? Alih-alih meluangkan waktu untuk mengecek sendiri apalagi jika Anda bukan ahlinya. Maka lebih baik membeli bearing di toko yang pihak tokonya sendiri yang menjalankan proses pengecekan tersebut.

Salah satu toko otomotif yang bisa menjadi rujukan Anda adalah Logam Makmur. Karena di toko tersebut telah menyediakan produk bearing dengan kualitas unggul dan terpercaya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More