Media Informasi Terkini

4 Tips Mengamankan Akun Facebook Terbaru yang Perlu Anda Coba

0 68

cara-mengamankan-akun-facebook-tips-4-2.png cara-mengamankan-akun-facebook-tips-2-1.png cara-mengamankan-akun-facebook-tips-1-0.png

4 Tips Mengamankan Akun Facebook Terbaru yang Perlu Anda Coba – Dalam dunia digital, pengguna media sosial semakin membludak sehingga banyak kejahatan yang sering dilakukan penggunanya. Hal ini tentu membuat kita menjadi peduli dengan keamanan profil social media. Dengan ini, Anda perlu memperhatikan mengenai tips mengamankan akun Facebook khususnya bagi akun yang memiliki bisnis penting di dalamnya.

Menurut data dari Raid Forum, Facebook memiliki lebih dari 83 juta akun palsu, dengan informasi yang tidak benar, spam, atau mengandung tautan phishing. Selain itu, 600.000 akun Facebook diretas setiap hari. Tentu kita sadar bahwa Facebook juga masih rentan dalam peretasan.

Facebook sendiri telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesadaran keamanan akun kita, seperti peluncuran halaman resmi Keamanan Facebook, tetapi angka-angka di atas membuktikan bahwa langkah-langkah yang dilakukan Facebook ini sama sekali tidak cukup.

Tips Mengamankan Akun Facebook Terbaru 2020

Oleh karena itu Anda perlu memahami bagaimana cara mengamankan akun Facebook terbaru agar tidak diretas orang lain.

Baca Juga :  Smartphonemu Lowbet, Delcell Powerbank Pluto Solusinya

1. Ubah Informasi Kontak Menjadi Pribadi

Langkah pertama yang harus dilakukan agar akun Facebook Anda lebih aman adalah dengan mengubah informasi kontak yang terdapat pada profil menjadi pribadi. Hal ini cukup ampuh dalam mengamankan akun Anda dari serangan “hacker”, karena orang lain tidak akan mengetahui alamat email yang Anda gunakan untuk bisa masuk ke akun Facebook Anda.

Berikut caranya:

  1. Masuk ke akun Facebook > klik profil Anda.
  2. Klik menu Tentang.
  3. Klik lagi menu Info dan Kontak Dasar.
  4. Klik ikon pena kemudian ubah privasi menjadi Hanya Saya.
  5. Tutup jendela privasi dan pengaturan akan otomatis tersimpan.

2. Gunakan Browser yang Aman

Sejak 2011, Facebook telah memungkinkan penggunanya untuk menjelajahi Facebook melalui koneksi yang aman  yaitu HTTPS. Singkatnya, koneksi aman HTTPS dapat Anda lihat pada bar browser dengan awalan https:// atau dengan adanya ikon gembok di sampingnya.

Baca Juga :  Tips Memilih Perusahaan Maintenance Genset Berkualitas

Hal tersebut mencegah Anda untuk memasukan kredensial akun ke situs yang menyerupai Facebook, situs semacam ini kerap disebut sebagai Phishing. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika memasukkan identitas akun Anda pada halaman yang tidak memiliki enkripsi HTTPS.

3. Hanya Terima Teman yang Kenal

Banyak pengguna Facebook tidak menyadari bahaya menerima permintaan teman secara acak. Menjadi teman dengan seseorang di Facebook memungkinkan Anda mengakses informasi pribadi tentang Anda, termasuk nama lengkap, lokasi, tempat lahir, ulang tahun, dan informasi lainnya.

Baca Juga : Teknik Untuk Memata-matai Kata Sandi pada Smartphone

Informasi tersebut dapat dengan mudah dieksploitasi oleh para pencuri identitas untuk kepentingan tertentu, dan karena itu Anda memiliki kebijakan untuk menolak permintaan pertemanan dari orang-orang yang sebenarnya tidak Anda kenal secara langsung.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 7 Terbaru 2020

4. Gunakan Password yang Kuat

Menggunakan kata sandi yang sama untuk alamat email Anda dan akun Facebook Anda menjadi penyebab masalah yang cukup besar.

Seorang “hacker” yang mendapatkan akses ke akun Facebook Anda akan segera memiliki akses ke alamat email terdaftar Anda. Menggunakan kata sandi yang sama untuk kedua akun hanya akan membuka pintu bagi peretasan skala penuh dan pencurian informasi pribadi, file, gambar, kata sandi, dan banyak masih lagi. Jadi, sangat penting untuk meluangkan waktu untuk membuat kata sandi terpisah untuk setiap akun Anda.

Kriteria pembuatan kata sandi yang baik adalah memiliki satu huruf besar, lebih dari 10 karakter, memiliki simbol dan pastinya bukan kata sandi yang mudah ditebak.

Nah mungkin itu saja mengenai tips mengamankan akun Facebook terbaru agar tidak di-hack. Selebihnya silakan Anda bereksplorasi sendiri karena masih banyak tips lainnya yang dapat Anda temukan sendiri di Facebook.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More