Bisnis Teknologi

Tips Mencari Ball Bearing yang Tepat

Tips Mencari Ball Bearing yang Tepat, Agar memudahkan kita mengangkat benda yang cukup berat, sebaiknya gunakan alat yang membuat kamu gampang mengangkutnya. Misalnya kalau kamu mau membawa banyak barang belanjaan, kamu pasti membutuhkan kereta dorong agar bisa membawa banyak sekaligus. Tapi, pernah nggak sih kamu berpikir cara kerja keretanya seperti apa?

Tips Mencari Ball Bearing yang Tepat

Agar memudahkan kita menggerakan keretanya, maka diberikan komponen pendukungnya yang sangat penting yaitu ball bearing. Komponen itu sangat sering kita temukan buat kemudahan kita mengangkut barang-barang yang berbeban berat. Jenis-jenisnya sebenarnya ada banyak tapi pergerakannya hanya 2 yakni beban berputar atau beban dengan tekanan ke samping.

Kalau kamu sedang merencanakan mengganti ball bearing atau membuat suatu alat yang memakai bearing itu, sebaiknya kamu hati-hati mencarinya. Nggak jarang orang salah pilih tipe atau ukuran bantalannya sehingga nggak cocok buat alat yang mau dipasangkannya. Karena itu, kamu lihat tips-tipsnya di bawah ini agar nggak salah pilih.

1. Tentukan jenis ball bearing yang sesuai

Meskipun cara kerjanya sederhana, ada beberapa jenis yang harus kamu tahu agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ada 3 jenis yang fungsinya masing-masing berbeda.

Deep groove: jenis bantalan bola ini sifatnya universal dan sangat gampang kamu temukan di mesin-mesin industri dan peralatan otomotif.

Angular contact: jenis yang ini termasuk yang cukup sering digunakan, khususnya buat mengangkut beban axial atau yang sifatnya radial.

Axial deep groove: kalau beban yang mau diangkat sangat berat, sebaiknya gunakan jenis ball bearing ini. Bantalan ini sanggup mengangkat beban axial yang lebih berat dari beban yang biasanya diangkat bantalan bola umumnya. Kamu akan gampang menemukannya di peralatan drill spindels dan tailstok yang ada di mesin bubut.

2. Perhatikan bahan materialnya

Bahan material sangat penting kamu perhatikan. Nggak mau kan saat kamu mau meletakan bebannya, alat kamu menjadi rusak? Karena itu, kamu harus memilih bahan material yang berkualitas. Cari bearing yang sudah memiliki material baja. Bahan itu sangat kuat dan nggak gampang karat. Jadinya, penggunaannya akan awet dan kamu nggak usah sering menggantinya.

Meski harganya sedikit lebih mahal dari bahan baku yang lain, tapi keawetan dan kualitasnya jangan ditanya lagi. Kamu bisa membelinya di toko Logam Makmur di logam-makmur.com.

3. Cek harganya

Setiap toko pasti memberikan harga barang yang berbeda-beda, sehingga kamu harus jeli menentukannya. Sebelum membelinya, sebaiknya kamu cari dulu harga pasarannya di website-website online agar kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang kamu butuhkan. Kalau sudah, kamu bisa bertanya ke tokonya. Jangan langsung pilih kalau mereka memberikan harga murah, kamu harus cek kualitasnya dulu atau bisa mengecek harga di toko lainnya.

Mempertimbangkan mencari ball bearing perlu dilakukan agar saat menggunakannya bisa tahan lama dan sesuai dengan alat kamu. Selain itu, kamu juga bisa tahu perkiraan harganya di setiap toko dan masing-masing jenis bearingnya.

Tips Mencari Ball Bearing yang Tepat

Tips Mencari Ball Bearing yang Tepat, Agar memudahkan kita mengangkat benda yang cukup berat, sebaiknya gunakan alat yang membuat kamu gampang mengangkutny

Peringkat Editor:

Post Comment