Media Informasi Terkini

Tips Sederhana Membuat Ruang Kerja di Rumah

120

 

Tinulis ID – Ruang kerja di rumah meski dibuat sederhana harus memenuhi aspek kenyamanan dan kesehatan. Berikut Tips Sederhana Membuat Ruang Kerja di Rumah, Ruang yang sehat dan nyaman akan membantu penghuninya menghasilkan kinerja yang optimal dan kondisi tubuh yang bugar.

Untuk menciptakan ruang kerja seperti itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

Pencahayaan

Ruang kerja sebaiknya memiliki pencahayaan yanag cukup di siang dan malam hari. Jika pencahayaannya “tanggung” (tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup) akan membuat anda malas menghidupkan lampu sehingga mata akan bekerja lebih berat. Hal tersebut menyebabkan mata anda akan cepat lelah.

Baca Juga :  Memahami BlogWalking Sebagai Spiritualisme

Lengkapi ruang kerja anda dengan jendela dengan ukuran yang sesuai untuk penerangan di siang hari. Di malam hari, gunakan lampu bercahaya putih yang merata di setiap ruangan sehingga tidak menimbulkan bayangan di beberapa titik.

Jika ruang kerja anda berada di dalam kamar, gunakanlah lampu meja yang tidak terlalu terang dan berpenutup kepala (task lighting). Pilih bola lampu yang tidak terlalu terang karena jarak yang dekat dengan cahaya yang terlalu terang akan mengganggu mata anda.

Sirkulasi Udara

Ruang kerja yang panas dan pengap akan membuat anda jenuh dan cepat lelah. Karena itu sediakanlah ventilasi udara dengan jumlah dan ukuran yang memadai.

Baca Juga :  Dokterbabe.com, Situs Kesehatan Online Kepercayaan Indonesia

Alternatif yang bisa digunakan adalah dengan memasang AC jika penyediaan ventilasi di ruangan tersebut kurang memadai.

Pemandangan dan Suara

Butuh pemandangan indah dan suara merdu di ruang kerja anda agar bisa berkonsentrasi dengan tenang. Dengan menghadap ke taman, mata anda bisa diistirahatkan sejenak ketika terlalu lama berada di depan komputer atau membaca bertumpuk-tumpuk berkas.

Suara gemericik air dari kolam ikan atau kolam air mancur yang ada di rumah juga dapat membuat anda merasa lebih rileks.

Posisi Meja Kerja

Jangan meletakkan komputer membelakangi jendela karena akan membuat anda silau saat melihat layar. Paling nyaman, posisi anda berada di samping jendela atau di depannya. Di saat anda merasa letih, hembusan angin atau pemandangan di luar yang terlihat melalui jendela bisa membuat anda segar kembali.

Baca Juga :  Arti Kata Ta’jil Bukan Makanan Buka Puasa Ternyata !!

Itulah Ke empat aspek yang perlu diketahui ketika akan membuat sebuah ruangan dan Tips Sederhana Membuat Ruang Kerja di Rumah semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan dan bermnafaat bagi anda yang akan memulai membuat ruangan kerja di rumah dengan sederhana.

Sumber Artikel: Majalah OASE NO. 08 TH I, 1 MEI 2012

Sumber Gambar: 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More