Gaya Hidup Artikel

Tips dan Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Tips dan Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih – Musim panas bisa jadi musuh bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, sengatan sinar matahari menyebabkan kulit Anda keringat lebih banyak.Dalam beberapa kasus, keringat sering masuk kategori ‘berlebih’ sehingga menganggu kenyamanan. Tidak berhenti sampai di situ, keringat basah yang mengering sering kali meninggalkan noda kuning pada pakaian.

Mengapa demikian? Karena keringat mengandung senyawa urea yang bereaksi dengan garam, menciptakan noda bandel tersebut. ‘Ironisnya’, campuran urea dan deodoran yang Anda gunakan untuk menghilangkan bau keringat justru membuatnya lebih buruk.

Jangan buang pakaian putih Anda hanya karena noda kuning atau sedikit bekas darah dari luka. Ikuti panduan dan cara menghilangkan noda dari pakaian putih dan pastikan Anda membaca segmen “hal yang harus dihindari” karena Anda tentu tidak ingin noda melekat permanen. Gunakan juga metode berikut untuk menghilangkan noda keringat atau darah dari baju putih.

Tips Menghilangkan Noda pada Baju Putih

Selain itu, pasti pernah tanpa disengaja kamu mengotori baju putihmu dengan noda-noda lain, seperti noda makanan, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa meninggalkan jejak dan sulit untuk dihilangkan. Sebagian orang mengakali atau membersihkan noda pada baju putih dengan menggunakan pemutih pakaian. Mungkin akan berhasil namun jika dilakukan terus menerus, serat baju akan rusak bahkan akan membuat baju menjadi menguning.

Hal ini disebabkan karena kandungan zat kimia yang ada pada pemutih pakaian yang tidak bagus dan juga bisa membuat pakaian menjadi rusak. Karena pada dasarnya pemutih pakaian mengandung zat kimia yang sangat kuat dan keras.

Lalu bagaimana cara membersihkan atau membuat baju putih yang memiliki noda bisa kembali bersih dan kembali putih. Berikut ini beberapa ranfkuman Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih tanpa menggunakan pemutih pakaian, yaitu :

1. Amonia

Gunakan amonia untuk menghilangkan noda membandel seperti darah. Usahakan untuk menggunakan sarung tangan dan buka ventilasi udara. Rendam baju dengan amonia dan tambahan hidrogen peroksida dalam 2 liter air, kemudian cuci dengan detejen biasa.

2. Gunakan cairan pencuci piring, peroksida, dan soda kue

Campurkan cairan pencuci piring, peroksida, dan soda kue. Kemudian oleskan dengan kuas pada bagian baju putih yang terkena noda. Kamu juga bisa merendam baju tersebut dalam 2 liter air yang dicampur campuran tadi.

3. Roti gandum putih

Untuk menghilangkan noda lipstik atau foundation, kamu bisa menggunakan sepotong roti putih. Kamu bisa menggosokkan roti tersebut di bagian noda pada baju, kemudian cuci seperti biasa.

4. Aspirin

Masukkan 3 atau 4 butir aspirin kedalam mesin cuci untuk mengurangi noda kekuningan pada baju putih kamu. Kamu juga bisa menggunakannya langsung ke noda pakaian tersebut. Atau merendam pakaian dengan aspirin kemudian diamkan beberapa jam kemudian cuci pakaian seperti biasa.

5. Pembersih kaca

Untuk menghilangkan noda dari spidol pada baju putih, kamu bisa menggunakan pembersih kaca. Semprotkan pembersih kaca pada bagian noda dan diamkan selama 5 menit. Kemudian cuci pakaian seperti biasa.

6. Lemon

Air lemon juga dipercaya mampu menghilangkan noda pada baju putih. Caranya sebelum mencuci baju tersebut, rendamlah di air lemon beberapa saat sebelum mencucinya

7. Kapur

Kapur bisa digunakan untuk menghilangka noda minyak. Gosoklah pakaianmu yang terkena noda minyak dengan kapur sebelum mencucinya. Kapur da[at menyerap dengan bagus dan bisa mudah mengangkat noda minyak.

8. Bubuk pencuci piring

Jika kamu ingin mendapatkan warna pakaian seperti baru, kamu bisa menambahkan bubuk pencuci piring dengan deterjen dalam ukuran yang sama, kemudian gunakan untuk mencuci pakaian..

9. Asam borat

Asam borat cocok untuk menghilangkan noda kuning akibat keringat. Campurkan satu sendok makan asam borat dengan air dan oleskan ke noda. Biarkan selama 15 sampai dengan 20 menit, lalu cuci seperti biasa. Kamu juga bisa menambahkan asam borat dengan detergen saat mencuci menggunakan mesin cuci.

Demikian artikel tentang Tips dan Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih, semoga bisa memberikan manfaat bagi kamu yang mencari tipsnya.

Tips dan Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Tips dan Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih - Musim panas bisa jadi musuh bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, sengatan sinar matahari menyebabkan kuli

Editor's Rating:

Post Comment