Media Informasi Terkini

Tips Aman Belanja Online di Marketplace

sumber gambar : maxmanroe.com
0 2

Tips Aman Belanja Online di Marketplace – Dengan maraknya penipuan pada sistem jual beli di internet salah satunya toko online terbesar atau yang disebut dengan kata marketplace, akan tetapi itu semua bukan karena perusahaan yang menyajikkan lapak sebagai toko online yang sebagai penipu melainkan member atau anggota lapak dari sebuah marketplace lah yang harus kita waspadai.

Kehadiran internet jelas telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat modern, mereka tidak lagi memerlukan banyak waktu keluar-masuk toko mencari kebutuhan karena semua telah tersedia secara online. Hmmm, semua terlihat sangat menyenangkan bukan?

Meski menjanjikan pengalaman berbelanja paling nyaman berbelanja secara online tetap membutuhkan kecermatan. Hal ini dikarenakan ada beberapa oknum nakal yang ternyata memanfaatkan layanan ini untuk keuntungan pribadi.

BACA DULU :

Berikut sedikit tips aman belanja online di internet atau toko online yang perlu kamu ketahui sebelum membeli barang atau produk-produk yang akan di beli, yaitu :

Baca Juga :  Tips Memilih Pinjaman KTA yang Aman untuk Kebutuhan Modal Usaha

Cek Rating dan Kreadibilitas Toko Online 

Hal pertama yang kamu perhatikan sebelum berbelanja online adalah melakukan pengecekan terhadap toko online atau situs online yang akan di tuju sebagai tempat belanja, apakah situs tersebut memiliki kreadibiltias atau rating feedbackk baik dan positif.

Saat ini banyak situs-situs toko online yang terpercaya dan memudahkan kamu dalam bertransaksi serta sistem pembayarannya pun juga menghindari dari resiko mengalalami penipuan dalam berbelanja. Jangan lupa sebelum membeli produk untuk mencari testimonial dari pelanggan/konsumen yang sudah pernah membeli produk-produk dari toko online sebelumnya.

Lakukan Transaksi Lewat Situs Terpecaya

Pengalaman dapat dijadikan sebagai pelajaran, begitu pula dengan pengalaman kamu dalam berbelanja online mungkin dapat Kamu gunakan untuk memilih situs mana yang lebih dapat dipercaya. Jangan hanya karena embel-embel diskon jadi terburu-buru untuk berbelanja, Bisa jadi itu hanya semacam jebakan untuk kamu masuk ke dalam situs penipuan.

Baca Juga :  Mobil Honda Brio : 7 Cara Perawatan Mobil di Musim Penghujan

Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Marak terjadi penipuan karena ulah agen tertentu yang biasanya memanfaatkan sikon dan kondisi yang memaksa mereka untuk mengelabui para konsumennya melalui embel-embel diskon gede dan harga produk yang murah dari harga aslinya.

BACA JUGA : 

Namun jangan terburu-buru saat membeli barang dengan harga yang terlampau murah, apalagi jika jauh dari harga pasaran. Termasuk dengan barang-barang yang bermerk dengan potongan harga yang lebih besar serta tidak masuk akal. Bisa jadi iming-iming harga murah ini hanya menjadi jebakan agar dapat mengelabui konsumen yang ada sehingga perhatikan kembali saat akan membeli barang-barang via online.

Simpan Bukti Transaksi

Jangan lupa untuk menyimpan segala bukti-bukti transaksi yang Anda lakukan. Mulai dari deskripsi produk, harga barang, kuintansi digital, salinan email antara penjual dengan Anda, serta hal-hal lain yang terkait dengan bukti transaksi yang dilakukan.

Baca Juga :  Tips Memilih Rental Mobil Terpercaya di Bali

Mengamankan Akun dan Password

Nah ini salah satu tips yang wajib kamu jaga kerahasiaannya dari orang lain atau jangan sebarkan password akun belanja online kamu kepada orang yang tidak dapat dipercaya untuk menghindari penggunaan akun sebagai modus penipuan.

Banyak situs-situs toko online yang mengharuskan setiap konsumen untuk log-in sebelum melakukan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password, buatlah password yang cukup sulit dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Demikian penulis sampaikan artikel pembahasan Tips Aman Belanja Online di Marketplace, mudah-mudahan dengan informasi ini kamu bisa lebih berhati-hati dalam berbelanja online di intenet atau toko online. Semoga bermanfaat adanya bagi para pembaca setia maupun pembaca harian tinulis. Let’s share guys.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More