Home | Artikel | Tips Meningkatkan Optimasi website dengan Berkomentar Di Website Lain
Source Image : kursuskomputergratis.com

Tips Meningkatkan Optimasi website dengan Berkomentar Di Website Lain

TINULIS.ID – Mendengar kata berkomentar di blog sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang sudah lama berkecimpung pada dunia blogging, kali ini saya akan berbagi ulasan mengenai Tips Meningkatkan Optimasi website dengan Berkomentar Di Website Lain.

Memberikan komentar, mungkin merupakan salah satu perihal yang dianggap sepele oleh sebagian orang maupun blogger yang mengomentari situs yang tengah ia kunjungi. Berkomentar dengan menggunakan tata cara yang baik, pasti akan amat berpengaruh serta memiliki kaitannya dengan SEO dan sebaliknya berkomentar secara buruk pasti akan dianggap sebagai SPAM oleh search engine.

Karena Masih banyak blogger yang tidak begitu mengetahui dampak dari berkomentar pada website lain dapat meningkatkan otimasi dan performa SEO websitenya.

Tips Optimasi Website dengan Berkomentar

Pertama, Kenapa kita harus berkomentar dengan relevan ? kalian tahu algoritma google ? sekarang sudah canggih. Algoritma itu sendiri mengcrawl dan berselancar didunia mencari jenis konten, komentar, backlink dan lain sebagainya.

Bagaimana cara berkomentar yang relevan itu? Yaitu usahakan kita membaca artikel yang mau dikomentari  walaupun secepat kilat menyambar baca artikelnya J. Dan setelah membaca artikel tersebut , berkomentarlah minimal sedikitnya 3 kalimat . Terserah mau berkomentar seperti apa yang terpenting memakai bahasa yang sopan seperti memberikan saran untuk artikelnya, bertanya tentang artikelnya dan lainnya. Berkreasi  sendiri ya J

Kedua, Cari objek artikel yang mau kita komentari dan usahakan berkomentarlah pada blog yang menyediakan kolom Nama dan Url pada kolom komentarnya atau kolom komentar Open ID. Apa kegunaanya yaitu kita bisa menyisipkan link artikel atau link homepage website, sebagai sarana meninggalkan link atau disebut dengan backlink komentar. Coba lihat kolom komentar di bawah ini !

 

Tips Berkomentar yang Baik dan Benar

Berkomentar dengan Sopan

Berkomentar dengan sopan itu sama halnya dengan tidak mengandung perkataan negatif, menyinggung, sara, atau bahkan porno. Komentar ini haruslah tidak menyinggung perkataan orang atau bahkan amarah Pemilik Situs akan menggebu-gebu.

Berkomentar baik-baik dengan santun sangatlah diharapkan. Karena dalam penelitian saat ini, sudah semakin jarang orang yang berkomentar dengan sopan bahkan memberikan cacian yang dapat mengundang amarah.

Berkomentar dengan Memberikan Pertanyaan

Tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu sebentar  walau hanya 30 detik untuk membaca sebagian isi konten artikel  yang sedang dikunjungi. Jika memang ada kalimat atau materi yang dibahas dan dijelaskan terasa membingungkan menurut anda, ini lumayan sebagai ladang komentar dengan mengajukan sebuah pertanyaan yang jelas maksudnya.

Mengajukan pertanyaan seperti ini akan sangat lebih bagus ketimbang  hanya memberikan komentar secara ala kadarnya atau bahkan memberikan link untuk berpromosi situs.

Berkomentarlah untuk memberikan saran dan Kritik

Tujuan kita berkomentar pada artikel blog seseorang merupakan hal yang wajar, ketika membaca artikel kontennya mungkin sebagian blogger akan lebih detil mengamati kata setiap paragraf yang tertulis dalam artikel tersebut.

Dan kemungkinan besar mereka akan memberika sebuah saran dan kritik pada artikel tersebut, letak kesalahan penulisan, peletakan kalimat dan hal yang lainnya demi untuk kemajuan si penulis artikel tersebut.

Akan tetapi tidak semua orang peduli akan melakukan dan berkomentar seperti itu, tapi tidak dengan blogger yang professional akan memberikan sebuah saran untuk perkembangan penulisan artikelnya. Itupun apabila kita meminta teman atau blogger lain untuk memberikan komentar terbaiknya.

Baca Juga : Cara Membuat dan Membangun Backlink Berkualitas Untuk Optimasi Blog

Hidari Berkomentar Singkat

Tidak sedikit blogger  yang melakukan  BlogWalking serta meninggalkan jejak berupa komentar yang biasanya amat tidka relevan serta itulah salah satu penyebabnya. Mereka meninggalkan komentar kayak  Nice post, nice artikel dan bahkan pemandangan yang lebih tidak meng-enakan lagi merupakan berkomentar sambil beriklan! Padahal forum beriklan sangatlah banyak, kenapa mesti beriklan di dalam sebuah artikel situs?

Contoh Komentar yang buruk akan dianggap spam dimata si pemilik blog  dan search engine  :

  • Nice gan
  • Kunbal
  • Mantap gan
  • Nice info
  • Artikelnya bagus
  • Semoga bermanfaat

Nah itu sebagian contoh komentar yang  singkat dan tidak relevan serta tidak akan memberikan sebuah kebermanfaatan bagi si pemberi komentar ataupun yang diberi komentar. Bahkan akan dianggap sebagai komentar spam oleh sistem.

Jangan Menyisipkan Link Aktif Pada Komentar

Nah ini yang paling merugikan website untuk yang diberi komentar karena kenapa, yaitu akan menurunkan visibilitas atau performa website. dan biasanya yang sering berkomentar golongan ini yaitu golongan para penyepam, pelaku promosi via komentar sering sekali ditemukan komentar semacam itu.

Salah satu cara untuk mengantisipasi komentar yang tidak senonoh atau komentar spam yang telah dijelaskan, saya merekomendasikan untuk kalian yang mempunyai blog agar mengatur pengaturan komentarnya selalu di moderasi demi untuk menjaga keamanan komentar.

Sebagaimana telah dijelaskan oleh salah satu artikel blog kurkom dengan judul Relevansi Komentar Pada Blog bahwasanya terdapat 2 jenis dampak dalam hal ini yaitu : Dampak dikomentari dan dan Dampak mengomentari, kedua dampak ini memiliki peranan yang sangat berguna bagi keduanya.

Dampak Dikomentari : akan memberikan kebanggaan dan rasa senang pada diri kita, bahwa konten artikel yang telah tertulis ini ada yang mengunjungi. Ini pun bergantung pada konten yang telah dibuat, jika konten tersebut memiliki nilai bagus maka akan di cap bagus oleh search engine dan begitupun sebaliknya.

Dari situ berarti nilai konten yang dianggap bagus oleh search engine akan berdampak lebih besar peluang visitor berdatangan dengan sendirinya tanpa memerlukan share artikel yang kita tulis.

Dampak Mengomentari : Disampaikan, mengomentari artikel orang lain merupakan salah satu aktifitas SEO off Page atau kegiatan promosi diluar blog biasanya dilakukan pada saat BW (Blogwalking).

Dan kitapun sebagai komentator akan memiliki konsep tersendiri dalam menautkan komentar pada artikel blog lain. Kita bisa memberikan komentar berupa saran ataupun kritik yang bisa membangun terhadap artikel orang lain.

Saya sendiri terbilang sering memperoleh komentar yang tak relevan bahkan ada yang nyepam di kolom komentar, tetapi tidak membalasnya dengan perihal serupa malah mengomentari blognya dengan komentar yang positif.

“Selalu memberikan respon yang baik terhadap blog orang lain merupakan salah satu faktor memperoleh komentar yang relevan, lambat laun mereka akan sadar dengan sendirinya serta memberikan penghargaan pada kita dengan komentar yang layak”. (Kutipan Mas Usman).

Demikian artikel ulasan singkat tentang Tips Meningkatkan Optimasi website dengan Berkomentar Di Website Lain , semoga bisa dimengerti dan memberikan pengalaman baru dalam hal berkomentar.

Bijaklah dalam memberikan komentar pada artikel website orang lain karena disitulah salah satu teknik optimasi dan meningkatkan performa website kamu. #CMIIW

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

26 comments

  1. Nur Said Rahmatullah

    Berkomentar pun ada Seninnya ternyata ya. Thank infonya mas Oji. Ditunggu tips2 lainnya seputar blogging.

    • betulm sekali mas said. oke siap nanti ikuti perkembangan blog ini semoga bisa terus update dengan konten yang menarik dan kece . kira2 mau request artikel tentang apa ?

  2. Bener banget bro, sekarang jumlah konten yang memiliki banyak komentar dapat poin sendiri dalam algoritma mesin pencari.

  3. harus relevan dan jangan terlalu nafsu BW nya hehe

  4. Terkadang, untuk mempersingkat untuk berkomentar pada artikel yg perlu memakan banyak waktu, seringkali publik/netizen berkomentar hanya dengan nice post, nice gan.. karena itu bentuk apresiasi dari netizen. Ini penting loh.. Tetapi, ada baiknya juga dengan artikel di atas, karena komentar yang bagus bagi blogger dengan Blog Walking. Saya setuju dengan poin ini “mengomentari artikel orang lain merupakan salah satu aktifitas SEO off Page atau kegiatan promosi diluar blog biasanya dilakukan pada saat BW (Blogwalking)”

    Jadi, sangat bagus juga untuk yang berkomentar di Blog milik Blogger lain nya. Ayo, mulai Blog Walking sejak sekarang yaa.

  5. Masih banyak memang Blogger yang maunya blog nya dikunjungi dan di komentari tapi dia nya tidak mau blog walking apalagi ninggalin komentar. Meskipun mereka ada dalam satu komunitas Blogger, entahlah aq sendiri juga ga tahu. Ehhh kok jadi curhat. Nah klo komentar seperti ini termasuk kategori apa yah gan?
    Bagus tulisan nya enak dibaca dan renyah bisa lah di share biar Blogger lain paham juga

    • iya betul sekali mba banyak blogger yang meminta komentar akan tetapi dia sendiri tidak berkomentar terhadap blog kita. hee, harus sering sering berkomentar nih buat ningkatin posisi serf website kita walaupun blog yang dikomentari tidak mengomentari blog yang kita punya.

  6. thank info nya ya.. selama ini yang saya pahami bw dan berkomentar itu penting. tapi ternyata berkonentar itu ada seninya, minimla tiga kalimat.. waah maksih banyak bertambah ilmu bsy seputar bloging 🙂

    • heee iya mba, ini menurut opini saya saja sih. tapi kembalikan lagi ke blogger tersebut, komentar yang lebih panjang akan memberikan dampak positif terhadap blog kita dan blog yang dikomentari.

  7. Whuaa begitu ya saya baru tahu. Pantas DA PA saya malah turun karena kebyakan yg komen say”terimakasih infony, dll”. Sangat mencerahkan.

    • bhahahaa, enggak juga sih mba. yang terpenting konten kita bagus otomatis DA/PA ataupun itu peringkat website kita tentu akan meningkat bagus dimata search engine.

  8. Berkomentar diblog orang lain mampu meningkatkan SEO pada blog kita sendiri dan dapat meningkat kan DA & PA, dengan catatan klo mau berkomentar sesuai dengan isi topik yang dijelaskan dan jangan sekali-kali berkomentar dengan menggunakan link aktip di kolom komentar karna akan di anggap spam oleh si mbah google.cmiiw

  9. Ini salah satu cara yg menurut saya mudah dilakukan, terutama untuk promosi blog..
    Awalnya memang belum thu, cara yg berkomentar dg baik seperti apa. Tapi, karena sering blogwalking, jadi lihat komentar2 para blogger dab akhirnya jga ikutan seperti itu..

  10. Permisi min.. Apakah meninggalkan komentar harus selalu dengan cara BW ? Disaat mencari referensi yang cocok jg saya rasa perlu meninggalkan komentar mas..

    Maaf jika salah berpendapat
    Salam

  11. Terima kasih akhirnya bisa berkomentar di blog ini, artikelnya sangat berberguna sekali

  12. Terima kasih mas oji faoji artikelnya sangat berberguna sekali, memang menjadi seorang blogger harus juga memiliki attitude.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *