Beranda Artikel Akan Rindunya Tadarus di Pondok Pesantren

Akan Rindunya Tadarus di Pondok Pesantren

14
0
BERBAGI

Akan Rindunya Tadarus di Pondok Pesantren – Bulan Ramdhan merupakan bulan penuh keberkahan, segala sesuatu yang baik akan mendapatkan pahala setimpal yang diberikan langsung oleh Allah SWT.

Seperti kebiasaan jadwal tadarus di bulan ramdhan tahun ini sama seperti di tahun sebelum-sebelumnya telah di terapkan oleh pihak ketua pondok pesantren, rindu sekali setiap selesai melaksanakan ibadah sholat tarawih.

Karena pada setiap bulan ramadhan tidak ada kegiatan pondok, akan tetapi bukan full off . Kalian tahu bagaimana? Betapa banyaknya kegiatan positif selama bulan ramadhan, salah satunya yaitu jadwal tadarus setelah tarawih.

Kami di wajibkan untuk mengkhatamkam minimal 3 kali baca al-quran selama ramadhan dan tentunya pasti ada rewards yang akan di peroleh para santri.

Lalu bagaimana bisa kami mengkhatamkan quran sebanyak 3 kali itu, pernah mendengar waktu yang paling baik untuk mengkhatamkan al-qur’an adalah pada bulan ramdhan.

Sebagai gambaran awal untuk menghatamkan al-Qur’an sebulan penuh di bulan ramadhan, perhatikan keempat hal ini!

  1. Di dalam Al-Qur’an Terdiri dari 30 Jus
  2. Tiap Jus Terdiri dari 10 Lembar (mushaf Madinah/terbitan departemen agama)
  3. Sholat Wajib Terdiri dari 5 Waktu
  4. Satu Bulan Berjumlah 30 Hari

Saat kita menjalankan sholat 5 waktu, usahakan untuk membaca Al-Qur’an sebanyak 2 lembar setiap selesai sholat wajib. Jadi Jumlah bacaan Al-Qur’an yang telah kita baca selama sehari adalah 10 lembar. Berikut perincannya.

  1. Subuh : 2 Lembar
  2. Dzuhur : 2 Lembar
  3. Ashar : 2 Lembar
  4. Magrib : 2 Lembar
  5. Isya : 2 Lembar

Total bacaan selama satu hari (selesai sholat wajib) adalah 10 lembar atau setara dengan 1 Juz dalam Al-Qur’an. Karena di dalam Al-Qur’an terdapat 30 juz dan satu bulan terdapat 30 hari. Insya Allah jika kita melakukan hal di atas, kita pun akan mudah mengkhatamkan Al-Qur’an selama sebulan Penuh di bulan Ramadhan.

Nah itu trik tadarus untuk mengkhatamkan al-quran selama bulan ramdhan, semoga bisa bermanfaat trik singkatnya. Untuk mengkhatamkan 3 kali dalam sebulan yaitu tinggal menambhakan saja lembar bacaannya menjadi 3 lembar setiap selesai sholat wajib lima waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here