Media Informasi Terkini

Surat Cinta dari Pemuda Pandeglang untuk Masa Depan Banten

16 28

Tidak pernah disangka saya terlahir di kalangan keluarga yang sederhana yang memiliki segenap rasa cinta dalam membesarkan dan mendidik saya hingga besar seperti saat ini. Tempat kelahiranku berada di salah satu daerah terpencil Kota Pandeglang yang mempunyai sejuta kenangan  dan keindahan alam wisata pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara hingga tourist.

Berbicara Kota Pandeglang saya teringat dengan kekayaan wisata pantainya, mulai dari semenanjung selatan (Pantai Anyer) hingga ujung Barat Pandeglang (Pantai Ujung Kulon) dan pantai Tanjung Lesung yang paling banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari mancanegara maupun dari luar negeri. Selain wisata pantai, Pandeglang juga memiliki wisata alam yang tidak kalah saing dalam memikat wisatawan untuk menikmati keindahalan alam tersebut seperti wisata alam Pembandian Air Panas (Cisolong, Kampung Torong dan Lainnya), Cikoromoy wisata curug (Curug Gendnag, Curug Sawer, Curug Ciajen dan lainnya), Wisata Pulau (pulau Umang, pulau badul dan lainnya),  Sungai Cigentar dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Itulah wisata pantai dan wisata alam Pandeglang yang memiliki potensi besar untuk memikat wisatawan berkunjung menikmati kesegaran dan keindahan alamnya. Akan tetapi kamu harus tahu itu semua atas dukungan Dispar Banten dalam mendistribusikan tempat-tempat wisata yang berada dilingkungan zona pariwisata, Kota Pandeglang merupakan sebuah aset terbesar dalam memberikan sumbangsih untuk Pemerintahan Provinsi Banten.

Mengenal Banten Lebih Dekat

Kamu mengetahui tentang Banten ? Tentu pasti Banten dikenal oleh masyarakat luas adalah dengan keindahan pariwisata dan keseniannya yang sangat unik, menarik dan memikat siapapun yang melihatnya. Orang-orang Banten sangat disegani oleh masyarakat luar, mereka pikir orang Banten memiliki ilmu kekebalan sama halnya dengan kesenian debus. Tapi tidak semua orang mempunyai hal serupa dan hanya mereka yang diberikan kelebihan oleh sang pencipta bahwasanya untuk menunjukan daerah tersebut memiliki ciri khas yang unik di mata masyarakat luas.

Baca Juga :  tiket

Keindahan Objek Wisata Religi/Ziarah Banten Lama merupakan Wisata religi yang bersejarah bagi masyarakat Banten, Perubahan yang begitu pesat pada lokasi Banten Lama ini dengan keindhan taman yang sangat luas bisa menampung banyak orang. Dahulu sebelum sekarang hanya sebatas halaman menara dan Masjid Raya Banten Lama saja.  Ini merupakan program pengembangan dan penataan Insfrastuktur dengan empat pilar prioritas program yang akan dilaksanakan Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Mulai dari penataan destinasi sesuai indikator daya tarik wisatawan yang meliputi aspek infrastruktur, taman, lokasi parkir, akses menuju objek wisata serta pengembangan masyarakat di sekitar destinasi wisata, salah satunya yang sedang dilakukan adalah revitaliasi lokasi wisata ziarah Banten Lama.

Pemprov Banten akan menyelesaikan project masa depannya dengan lebih baik dalam membangun insfratuktur Daerah Kabupaten dan sekitarnya agar mempunyai akes yang sepadan untuk menunjang kebutuhan pariwisatawan dalam mengunjungi atau berwisata ke Daerah-daerah Pemprov Banten. Nah berikut ini, merupakan salah satu project masa depan Pemprov Banten yang belom terselesaikan hingga sekarang, semoga cepat terselesaikan dengan baik dan lancar sebagai berikut :

Baca Juga :  4 Kelebihan Dari Data Center NEX

Insfratuktur Jalan Tol Serang – Panimbang

Gambar : ilustrasi pembangunan jalan tol serang – panimbang

Pembangunan jalan tol ini memiliki 3 tahapan seksi yang akan dibangun oleh pemerintah dan PT. Wijaya Karya Serang Panimbang yaitu seksi pertama pembangunan tol serang – rangkas bitung (sekitar 26,50 KM), Seksi kedua Rangkas Bitung – Bojong (sekitar 33 KM) dan Seksi ketiga yaitu pembangunan dari Bojong – Panimbang (jarak sekitar 24,40 KM). Jalan Tol Serang –Panimbang ditargetkan akan mulai operasi sekitar bulan November 2019, BUJT mengatakan akan rampung dan sudah beroperasi di tahun yang sama sesuai yang ditargetkan diawal. Jalan Tol ini sebagai akses dan memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Khusus ekonomi Tanjung Lesung.

Pembangunan Kawasan Khusus Ekonomi

Gambar : ilustrasi Kawasan Ekonomi Khusus tanjung lesung

Provinsi Banten merupakan salah satu Provinsi yang memiliki aset pariwisata terbesar dalam memberikan sumbangsih, karena itu pemerintah memilih daerah Pandeglang sebagai tujuan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus yaitu berada pada titik lokasi Tanjung Lesung dan sekitarnya. KEK merupakan program pemerintah dalam rangka mempercepat pembangunan nasional, Pembangunan ini adalah sebagai ajang meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan model terobosan pengembangan kawasan untuk pertumbuhan ekonomi yaitu pariwisata dan perdagangan sehingga bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar.

Kawasan Ekonomi Khusus salah satu fokus Provinsi Banten dalam meningkatkan efesiensi infrastuktur, pendidikan dan kesehatan. Selain Potensi pariwisata dan ekonomi kretif yang dimiliki Pemprov Banten harus mendapatakan perhatian yang serius.

Bandar Udara Pandeglang 

Gambar : ilustrasi kawasan bandar udara – future bandara panimbang

Future Bandara Pandeglang adalah salah satu program pemerintah dalam mendistribusikan sumber daya manusia untuk meningkatkan perekonomian serta memajukan ranah parawisata, upaya pemerintah dalam mendukung akses akomodasi wisata di Kawasan Ekonomi Tanjung Lesung.

Baca Juga :  Aplikasi Kasir Online Omegasoft Terbaik Untuk Bisnis Online dan UKM Indonesia

Di kutip dari Trimbunnews.com : Bandara Pandeglang nantinya bisa mendukung Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. “Jarak dua bandara itu nantinya tidak terlalu jauh. Bandara Pandeglang bisa dikembangkan untuk menampung penerbangan kargo dan pesawat-pesawat yang RON (remain overnight/ menginap) di Bandara Soekarno Hatta.

Selain itu pembangunan akan ada reaktivasi rel lintas Rangkas Bitung – Saketi – Labuan yang akan menghubungkan proses dan percepatan. Catatan Bisnis, pembangunan jalur kereta ganda dari Rangkasbitung ke Merak membentang sejauh 69 km merupakan lanjutan dari pembangunan jalur ganda dari Maja, Citeras, hingga Rangkasbitung.

Sejauh ini perkembangan Pemerintahan Provinsi Banten telah mendapatkan nilai positif yang patut di acungi jempol. Akan tetapi masih banyak insfratuktur yang masih jauh sekali kelayakannya seperti jalan yang menghubungkan antar daerah khususnya di daerah terpencil kabupaten pandeglang masih banyak akses jalan yang masih rusak parah salah satunya akses wisata Taman Nasional Ujung Kulon.

Besar harapan kami untuk masa depan Provinsi Banten yang lebih baik, agar selalu bisa memberikan pelayanan pembangunan insfratuktur untuk daerah-daerah tertinggal di kabupaten Pandeglang dan dengan adanya pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus, Pembangunan Tol Serang-Panimbang dan Future Bandara Pandeglang semoga bisa memberikan sumber daya manusia yang mumpuni, mengedukasi dan memberikan peluang usaha bagi masyarakat sekitar.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More