Media Informasi Terkini

4 Jenis Suplemen Kesehatan yang Baik untuk Tubuh

0 2

4 Jenis Suplemen Kesehatan yang Baik untuk Tubuh – Mengutip dari laman Dinkes Kalbar Provinsi “ Dr. Marc Leavey, ahli penyakit dalam di Mercy Medical Center, mendeskripsikan vitamin sebagai mikronutrien atau “zat kimia yang bertindak untuk mempromosikan atau mempercepat reaksi biokimia dalam tubuh”. Biasanya, vitamin berasal dari lingkungan dan makanan yang kita konsumsi.

Sementara itu, suplemen kesehatan merupakan pil yang bisa kita beli di toko obat dengan dosis vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin D, zat besi, biotin, dan yang lainnya.

Vitamin sebagai Suplemen Kesehatan dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan, dan tidak ditujukan untuk mengobati suatu penyakit.

Lalu, apakah Semua Vitamin Merupakan Suplemen Kesehatan? Jawabannya adalah TIDAK SEMUA!”

Mengenal Suplemen kesehatan

Suplemen Kesehatan adalah produk yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan, mempunyai nilai gizi dan/atau efek fisiologis, mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan/atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan.

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait konsumsi suplemen kesehatan, di antaranya :

  • Suplemen kesehatan dapat memenuhi dan melengkapi kebutuhan sehingga membantu agar tubuh pulih dari kondisi penyakit tertentu;
  • Suplemen kesehatan yang mengandung vitamin dapat melengkapi dan memperbaiki kekurangan vitamin tersebut sehingga sistem imun dapat berfungsi optimal;
  • Tidak untuk mengobati/ menggantikan obat yang digunakan dalam menyembuhkan suatu penyakit;
  • Tidak bertujuan untuk menggantikan zat gizi yang terkandung dalam makanan sehari-hari.
Baca Juga :  Pergi Ngantor Males Nyetir Jangan Bingung, Tebengan Solusinya

Kebutuhan dan Variasi Suplemen Kesehatan

4 Jenis Suplemen Kesehatan yang Baik untuk Tubuh

Kesehatan badan tidak lepas dari pemenuhan nutrisi yang baik serta style hidup sehat. Tetapi selaku warga modern yang padat jadwal, tidak tidak sering nutrisi dari santapan yang diperlukan badan susah terpenuhi. Sementara itu, kebutuhan nutrisi setiap hari butuh dipadati supaya badan senantiasa sehat. Salah satu triknya dengan komsumsi vit badan serta suplemen bonus buat mendukung kebutuhan nutrisi setiap hari.

Terdapat banyak jenis suplemen kesehatan yang dapat diseleksi cocok kebutuhan. Misalnya, suplemen vit, mineral, asam amino, asam lemak, serta dan. Wujud suplemen pula bermacam- macam, mulai dari bubuk shake, cairan, tablet, kaplet, kapsul, kapsul lunak, sampai masker. Kalian bisa memilah produk suplemen cocok kebutuhan serta wujud yang di idamkan.

Suplemen dibagi jadi 2, ialah multivitamin serta non- multivitamin. Kata multivitamin berarti suplemen yang disantap memiliki 3 ataupun lebih vit serta mineral. Sebagian suplemen multivitamin umumnya memiliki vit C, vit B lingkungan( B1, B2, B3, B5, B6, serta B12), vit A, vit E, vit D3, vit K1, kalium iodida, tembaga, seng, besi, betakaroten, kalsium, magnesium, kromium, serta mangan. Mayoritas suplemen multivitamin tidak memiliki hormon, obat, serta bahan herbal.

Kata non- multivitamin berarti suplemen yang disantap memiliki suplemen non- vitamin serta non- mineral. Misalnya, bahan herbal, masker, susu bubuk, serta isi non- vitamin yang lain. Suplemen non- multivitamin umumnya dikemas dalam wujud kapsul, kapsul lunak, gel, kaplet, serta cairan. Contohnya merupakan minyak ikan, probiotik ataupun prebiotik, ginkgo biloba, kapsul teh hijau, ginseng, echinacea, suplemen bawang putih, glukosamin, protein shake, serta yang lain.

Jenis Kandungan Suplemen Kesehatan

Suplemen merupakan suatu produk yang mengandung  nutrien yang dibutuhkan tubuh, namun bukan berupa makanan. Hal yang harus diingat adalah bahwa suplemen yang mengandung berbagai vitamin dan mineral merupakan tambahan pelengkap bukan sebagai pengganti makanan bernutrisi yang dimakan sehari-hari, sehingga Kamu  tetap harus makan makanan sehat walau telah mengonsumsi suplemen.

Baca Juga :  Perbedaan SEO dan SEM Menurut Seorang Blogger Pemula

Penggunaan suplemen yang tidak sesuai, dapat menyebabkan kelebihan dosis dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Suplemen yang dibutuhkan tubuh kamu antara lain yaitu mengandung 4 hal yang penting di bawah ini:

Kalsium dan vitamin D

Suplemen kalsium dan vitamin D bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Secara keseluruhan, orang dewasa membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium dalam satu hari.

Jumlah ini dapat ditingkatkan menjadi 1.200 mg untuk wanita di atas 50 tahun, serta untuk pria di atas 70 tahun. Diskusikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen apa pun, termasuk suplemen kalsium untuk hasil yang optimal.

Suplemen Multivitamin

Sebutan multivitamin ditujukan kepada suplemen yang mengandung tiga atau lebih vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang terkandung, memiliki takaran yang masih dapat ditoleransi, sehingga dapat tidak berisiko buruk terhadap kesehatan bila dikonsumsi sesuai aturan.

Biasanya, kandungan dalam multivitamin adalah vitamin C, B1, B2, B3, B6, H (biotin), B12, B5 (pantothenate), A, E, D3, K1, kalium iodida , tembaga, seng, besi, betakaroten, kalsium, magnesium, kromium, dan mangan.Suplemen multivitamin ini tidak mengandung hormon, obat-obatan, maupun herbal.

Asam lemak omega 3 dari minyak ikan

Suplemen asam lemak omega-3 dari minyak ikan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Omega-3 dibutuhkan untuk bisa mencapai kesehatan optimal. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan sebanyak dua kali seminggu, sangat disarankan.

Baca Juga :  Jangan Sampai Rhintis Alergi Mengganggu Anda, Lakukan Hal-hal Berikut Ini

Suplemen Nonvitamin nonmineral (NVNM)

Yang termasuk dalam kategori suplemen nonvitamin nonmineral (NVNM) adalah herba dan suplemen nonvitamin lainnya. Suplemen vitamin, minuman teh herba, dan minuman teh hijau bukan termasuk kategori NVNM. Sama dengan suplemen multivitamin, suplemen NVNM biasanya dikemas dalam bentuk pil, kapsul lunak, gel, kaplet, atau berupa cairan.

Beli Vitamin dan Suplemen Kesehatan di SESA.ID

4 Jenis Suplemen Kesehatan yang Baik untuk Tubuh

Bagi kamu yang ingin beli vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, tidak perlu repot lagi pergi ke apotek atau toko obat, karena SESA.ID menjual vitamin dan suplemen kesehatan lengkap yang kamu butuhkan. Tanpa harus keluar rumah, kamu bisa pesan vitamin online melalui aplikasi atau website SESA.ID, yang menyediakan berbagai pilihan suplemen dan vitamin serta masih banyak lagi.

Selain bisa beli supelemen kesehatan dan vitamin dengan praktis dan mudah, kamu juga bisa temukan berbagai informasi artikel kesehatan mengenai penyakit, gaya hidup, tips kesehatan, dan berbagai informasi lainnya. Temukan produk suplemen kesehatan yang dibutuhkan dan pilih produk mana saja yang ingin dibeli lewat aplikasi dan website SESA.ID.

Kamu tidak perlu ragu membeli vitamin untuk kekebalan tubuh di SESA.ID karena ada banyak produk berkualitas (terdaftar BPOM) yang bisa dibeli. Proses pembayaran hingga pengiriman juga mudah dilakukan, sehingga produk terjamin aman sampai ke rumah.

SESA.ID menyediakan aneka kebutuhan sehari-hari (makanan, minuman, kue dan kebutuha rumah tangga lainnya) kami juga menyediakan jasa catering sehat bernutrisi yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu terkontrol di bawah Nutrisionist yang berpengalaman, dan SESA juga mempunyai Konsultasi Dokter mengenai kesehatan secara natural dan menyeluruh. Kabar baiknya, kamu bisa menngunakan aplikasi Sesa.id yang dapat di download di playstore dan appstore.

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More