Home | Artikel | Sudah Layakkah Dia Menjadi Temanmu?

Sudah Layakkah Dia Menjadi Temanmu?

Tinulis ID – Kesadaran seorang wanita akan jati dirinya sebagai muslimah, nampaknya masih minim. Hal ini menjadi masalah pelik bagi umat. Peran mereka sangat penting dalam mendidik generasi baru. Akan tetapi, terkadang mereka tergelincir kedalam kesalahan-kesalahan yang semestinya mereka hindari. Tentunya dengan pemahaman ajaran agama dan karakter yang baik.

Hal ini disebabkan ketidaktahuan mereka akan peran dan fungsi yang semestinya dijalankan.

“Alloh meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan akhirat; dan Alloh menyesatkan orang-orang dzalim dan berbuat apa yang Dia kehendaki.” (Ibrahim[14]: 27)

“Katakanlah, ‘apakah kita akan menyeru selain kepada Allah, sesuatu yang tidak dapat mendatangkan kemanfaatan kepada kita dan tidak (pula) mendatangkan kemudhorotan kepada kita dan (apakah) kita akan dikebalikan ke belakang, sesudah Allah memberi petunjuk pada kita, seperti orang yang telah disesatkan oleh setan di bumi yang menakutkan; dalam keadaaan bingung, dia mempunyai kawan-kawan yang memanggilnya kepada jalan yang lurus (dengan mengatakan), Marilah ikuti kami.’ Katakanlah, ‘sesungguhnya petunjuk Allah itulah (yang sebenarnya) petunjuk.” (Al-An’am [6]: 71)

Biasanya, seorang remaja akan sangat terpengaruh terhadap teman dekatnya. Seorang teman dan sahabat benar-benar berpengaruh pada orang yang diajaknya berteman dan berkawan. Hal ini terjadi pada perkara yang baik dan yang buruk.

Oleh karena itu, teman yang baik akan selalu membantu dalam kebaikan dan ketakwaan. Sebaliknya, orang yang rusak akan membantu dalam dosa dan permusuhan. Oleh karena itu, seorang wanita harus meneliti dengan siapa ia berteman. Denagn siapa ia berkawan. Dengan siapa ia bergaul. Dan seterusnya.

Dalam Kitab Panduan Tarbitah Wanita Sholehah oleh Isham bin Muhammad Asy-Syarif, dijelaskan bahwa sifat-sifat orang yang layak dijadikan teman, antara lain :

  • Bentuk iltizam dan keistiqomahan terpenting adalah menggunakan hijab syar’i.
  • Berakhlak baik, tumbuh dari tempat yang baik dan manis tutur katanya.
  • Berpegang teguh terhadap agama, baik dalam perkataan, perbuatan, lahir dan batin, akidah maupun perilaku.
  • Ia bukan termasuk orang yang mencari dunia dalam perkataan dan tingkah laku.
  • Memberi dan menerima nasihat kaerna Alloh.
  • Ia menjadikanmu mencintai amal shalih dan menjadikanmu menjauhi semua bentuk keburukan.

Ia membantumu dalam menaati Alloh SWT dan menjadi penghibur tatkala mengalami berbagai kesedihan dan kepedihan.

Demikian coretan sederhana yang bisa penulis sampaikan untuk pembaca setia. semoga bisa bermanfaat mengenai Sudah Layakkah Dia Menjadi Temanmu? jangan bosan untuk tetap membaca.

About Fajar Pujianto