BERBAGI

Strategi Menulis Super Power Ala Superman – Kemampuan menulis artikel yang baik sangat diperlukan dalam berbagai bidang, terutama apabila kita bekerja sebagai blogger, sastrawan, ataupun internet marketer. Memang untuk membuat tulisan yang menarik sekaligus bermanfaat memerlukan banyak latihan dan usaha.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan pula beberapa kaidah atau aturan yang bisa membuat artikel yang kita tulis terlihat profesional dan enak dibaca. Nah, berikut ini Kak Amel beri tips menarik tentang 10 cara menulis artikel yang baik :

10. Pakek Bahasa Yang Gampang

Salah satu ciri artikel yang baik adalah penggunaan bahasa yang mudah dipahami. Jangan membuat artikel dengan bahasa yang berbelit-belit, dengan berbagai istilah ilmiah dan asing yang membuat pembaca kita merasa bingung. Pergunakanlah bahasa yang banyak digunakan sehari-hari dalam percakapan Bahasa Indonesia.

Bahasa yang mudah dipahami akan membuat pembaca merasa betah menikmati artikel anda. Gunakanlah kalimat-kalimat pendek dengan makna sejelas mungkin. Tidak perlu untuk mencoba terlihat pintar dengan menggunakan berbagai istilah sulit.

9. Jangan Pakek Tata Bahasa Lebay

Walaupun bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami, kita juga tetap harus ingat untuk menggunakan bahasa yang baku. Artinya, gunakanlah kata-kata formal yang terdapat dalam kamus. Jangan sekalipun menyingkat kata, misalkan kata “yang” menjadi “yg”, “dan” menjadi “dn”, “atau” menjadi “atw”, dan sebagainya.

BACA JUGA:

Jika kita menggunakan bahasa yang baku, artikel yang kita tulis pasti terkesan lebih profesional. Tidak hanya itu, search engine seperti Google juga akan lebih mudah menemukan artikel anda. Akibatnya, artikel tersebut akan dibaca lebih banyak orang dan lebih mudah menjadi populer.

8. Berikan Judul Yang BomBastis

Perhatikanlah berbagai artikel yang dimuat dalam website “Kompas” atau “Detik“. Pasti artikel-artikel di website tersebut memiliki judul yang sangat menarik dan mengundang pembaca untuk mengunjunginya. Pemilihan judul yang menarik mutlak diperlukan, terutama jika kita menulis untuk tujuan mendapatkan uang dari blog.

Kombinasikanlah juga judul yang kita tulis dengan kata kunci yang populer di Google. Dengan melakukan hal ini, selain artikel menjadi lebih berkualitas, kita pun akan lebih mudah dalam mendapatkan pembaca. Dampak jangka panjangnya, artikel kita bisa menjadi lebih terkenal. Tips untuk memilih judul yang baik ini juga sangat berguna untuk meningkatkan Page Rank website/ blog kita.

7. Patuhi Konstitusi Penulisan

Pastikanlah untuk menulis artikel dengan ejaan yang benar. Terutama dalam menuliskan nama, cek ulang apakah kita sudah menuliskannya dengan benar. Pastikan juga kita menggunakan tanda baca yang benar, seperti penggunaan titik, koma, tanda petik, tanda seru, dan lain sebagainya. Artikel yang ditulis dengan banyak kesalahan ejaan akan terkesan sangat tidak profesional dan membuat pengunjung tidak betah membacanya.

Satu tips dari Kak Amel pastikan untuk mengecek ulang setiap artikel yang sudah selesai anda tulis. Baca lagi dari awal sampai akhir, periksa apakah ada kesalahan dalam ejaan maupun penulisan.

6. Jadilah Kreatif

Cobalah untuk membuat artikel dengan menggunakan imajinasi kita. Tengoklah topik utama dari sisi yang berbeda, sehingga para pembaca nantinya akan mendapatkan sudut pandang yang kreatif. Tulis artikel yang walaupun topiknya sudah banyak dibahas, namun masih segar dan fresh. Cobalah untuk mencari celah-celah suatu tema yang kira-kira belum banyak ditulis oleh orang lain.

Kreativitas memiliki peran yang sangat penting dalam menulis artikel yang baik. Hal ini membuat tulisan kita terasa berbeda ketika dibaca, dan tentu saja para pembaca akan penasaran dan ingin melihat lebih banyak lagi karya-karya sang penulis. Bacalah kolom-kolom yang ditulis Cak Nun, Butet Kertaradjasa, atau Prie G.S. di berbagai surat kabar untuk menemukan definisi yang tepat dari kata “kreatif”.

5. Jaga Validitas

Saat menulis artikel, mengaculah pada sumber-sumber yang terpercaya. Contoh, jika kita menulis artikel tentang kesehatan, pastikan sebelumnya kita sudah melakukan riset di berbagai majalah kedokteran atau artikel yang ditulis oleh ahli kesehatan. Jangan sampai artikel yang kita tulis akhirnya justru menyesatkan para pembaca.

Jika perlu, cantumkanlah juga referensi artikel yang kita gunakan untuk membuat pembaca menjadi lebih yakin. Jika artikel kita berupa opini, jangan lupa pula untuk menyertakan sumber-sumber fakta yang bisa menunjang opini kita. Pastikan juga untuk tidak mengkopi mentah-mentah artikel dari sumber yang anda gunakan.

4. Manfaat dan Faktual

Artikel kita akan dinilai baik dan lebih cepat populer apabila bermanfaat bagi orang lain. Artikel yang bermanfaat tidak harus berupa artikel tips, trik, ataupun tutorial. Artikel bermanfaat adalah artikel yang bisa memberikan informasi valid kepada para pembaca, atau yang membuat mereka merasa terhibur ketika membaca tulisan tersebut.

Artikel yang bermanfaat tidak hanya membuat para pembaca menyukai kita. Akan banyak pula nantinya penulis-penulis lain yang menggunakan artikel tersebut sebagai bahan referensi tulisan mereka. Pada akhirnya, artikel yang kita buat akan menjadi sangat populer.

3. Menulislah Sesuai Passion

Untuk membuat artikel yang bermanfaat dan menghibur, akan lebih mudah apabila kita memiliki passion (ketertarikan) dan keahlian yang berhubungan dengan topik yang kita tulis. Misalkan kita dikenal suka membaca buku Harry Potter, maka jika kita menulis artikel tentang review novel Harry Potter, artikel itu akan terasa lebih hidup. Selain itu, proses menulis juga akan terasa lebih menyenangkan bagi anda.

BACA JUGA:

Jika kita memiliki keahlian dan pengalaman yang berkaitan dengan topik tulisan, orang akan lebih yakin ketika membacanya. Terutama jika artikel tersebut berupa tips, trik, dan tutorial. Contohnya adalah artikel tentang tips berlibur ke suatu tempat, atau tips memasak masakan tertentu.

2. Atur Format dan Pola Artikel

Format dan bentuk fisik artikel juga memegang peranan penting dalam menentukan baik buruknya suatu artikel. Jika kita menulis untuk surat kabar, pasti sudah ditentukan jenis huruf yang harus dipilih, ukuran huruf,. serta spasi paragraf yang diperlukan. Hal ini berguna untuk membuat pembaca merasa nyaman dan tidak cepat lelah ketika membaca artikel kita.

Jika kita memiliki blog dan website pribadi, pastikan desain artikel kita mudah dibaca. Pilih warna yang kontras, antara background website dan warna huruf. Pilih bentuk huruf yang mudah dibaca, dan highlight bagian-bagian yang sekiranya penting bagi para pembaca.

1. Ori Alias Bukan KW Super

Artikel yang baik adalah artikel original asli dari buah pikiran sang penulis. Tidak ada salahnya apabila kita melakukan riset dan mengambil berbagai referensi dari sumber-sumber lain. Namun ingat, jangan sampai kita mengcopy mentah-mentah, sama persis, artikel-artikel tulisan orang lain dan mengakuinya sebagai karya kita. Selain melanggar etika, hal ini juga pasti nantinya berdampak buruk bagi popularitas website/ blog kita di mata search engine.

Seperti yang saya tulis beberapa lalu dalam artikel “10 Tips Termahal Yang Mampu Membuat Blog Kalian Mahal”, originalitas artikel mutlak diperlukan untuk membuat kita lebih populer sebagai penulis. Selain original, artikel kita juga harus ditunjang dengan konten yang berkualitas serta bermanfaat bagi pembaca.

Demikianlah Strategi Menulis Super Power Ala Kak Amel. Semoga bermanfaat 🙂

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here