Media Informasi Terkini

Strategi Manajemen Waktu Selama Work From Home

0 66

Strategi Manajemen Waktu Selama Work From Home – Pandemi ini membuat banyak perusahaan yang menerapkan peraturan baru yaitu bekerja dirumah atau work from home (WFH). Kebijakan baru itu ternyata memunculkan tantangan tersendiri dalam mengatur waktu bekerja. Perbedaan situasi lingkungan pekerjaan dirumah berbeda dengan di kantor.

Biasanya saat Anda bekerja di kantor mudah untuk fokus karena ritme bekerja yang sudah ditentukan maka dari itu penting dan perlu adanya strategi khusus mengatur waktu saat WFH. Berikut penjelasannya.

Strategi Manajemen Waktu Selama Work From Home

1. Buat to do list dan jadwal harian

Gagalnya manajemen waktu selama WFH merupakan hal yang sering terjadi. Itu dikarenakan sulitnya memisahkan waktu untuk bekerja dan waktu untuk urusan pribadi. Membuat to do list dan jadwal harian adalah solusi yang tepat. Anda bisa menyingkirkan hal-hal tidak penting penting dan berfokus pada pekerjaan.

Baca Juga :  4 Keuntungan yang Bisa Didapatkan Jika Belanja Merchandise Asian Games Bukalapak

Menurut Thuy-vy Nguyen, asisten profesor di Departemen Psikologi, Universitas Durham.”Biasanya kita cenderung bermalas-malasan saat bekerja sendiri di rumah, karena waktu yang fleksibel. Namun, jika kita memiliki jadwal harian yang terstruktur, kita jadi lebih tahu seperti apa pekerjaan yang harus kita selesaikan dalam waktu satu hari tersebut.” [1].

2. Tentukan prioritas

Setelah Anda selesai membuat to do list dan jadwal harian kegiatan yang selanjutnya dapat Anda lakukan adalah menentukan prioritas. Dengan ini Anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan rumah sekaligus urusan rumah tangga. Anda bisa mengkategorikan pekerjaan berdasarkan tingkat kesulitan atau seberapa urgensi pekerjaan itu.

3. Tetapkan waktu untuk pekerjaan kantor dan rumah

Bila Anda tidak memberikan Batasan waktu dari setiap kegiatan yang Anda kerjakan maka yang terjadi adalah Anda tidak menyadari berapa banyak waktu yang sudah dihabiskan saat bekerja maupun sebaliknya dengan urusan rumah tangga. Mungkin Anda bisa menyelesaikan urusan rumah tangga di pagi hari lalu menyelesaikan pekerjaan kantor kemudian dan begitupun sebaliknya.

Baca Juga :  Jangan Cuma… “ I Have a Dream”

4. Berbagi tugas dengan anggota keluarga lainnya

Jika Anda sudah berkeluarga cara ini sangat efektif dilakukan. Selain bisa meringankan beban pekerjaan, ini juga bisa membangun kekompakan dan serta meningkatkan mood saat bekerja di rumah.

5. Tentukan waktu istirahat

Bekerja di rumah membuat Anda tidak bisa menentukan kapan waktu untuk beristirahat ini dikarenakan jam bekerja yang fleksibel. Anda bisa menentukan berapa lama waktu Anda untuk beristirahat lalu mengisinya dengan makan, bersosialisasi dengan keluarga atau sekedar bersantai.

Di atas tadi adalah tips mengatur waktu yang bisa Anda lakukan. Bekerja dari rumah memiliki keuntungan dan sekaligus memiliki tantangan yang tidak boleh disepelekan. Dengan membuat jadwal dan konsisten mengerjakan jadwal tersebut dengan baik akan membuat waktu kita lebih produktif selama masa WFH.

Baca Juga :  Sifat Orang Yang Layak Dijadikan Teman

Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan Anda selama bekerja dirumah agar tubuh Anda selalu bersemangat dan tidak mudah lelah. Pilihlah air mineral yang sudah terjamin kualitas dan kandungannya. Seperti AQUA yang melakukan proses dan teknologi tinggi dalam pengemasan memungkinkan segala kebaikan air mineral berkualitas tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. AQUA juga melakukan sekitar 400 cek kualitas untuk memastikan mutu air tetap baik.

Berkat semua langkah tersebut, air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas yang mempunyai peranan penting dalam mendukung kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA [2].

Sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More