Beranda Artikel SPIRIT KEHIDUPAN

SPIRIT KEHIDUPAN

44
0
BERBAGI

Hallo guys..? udah lama ya kagak ngepost, hhhe. Saking banyaknya tugas kuliah semester  jadi kagak sempet nulis. Tapi tenang aja kali ini saya akan berbagi kepada pembaca sekalian, mengenai spririt kehidupan.

Menurut antum semua nih, apa sih yang jadi spirit kehidupan buat kalian ? pada kesempatan ini gauys, yang saya maksudkan dengan spirit kehidupan disini adalah “iman” yah, iman sebagai spirit hidup. Sebelum lebih dalam pembahasannya, saya akan membahas mengenai definisi iman terlebih dulu ya.

Iman yang saya maksud adalah percaya bukan bang iman maupun om iman ya guys. Hhe. Seperti sepengetahuan umat Islam pada umumnya iman adalah percaya dengan membenarkan dengan hati kita mulai dari yang diucapkan oleh lisan dan apa yang diperbuat.

BACA JUGA :

Itulah definisi iman. Jadi iman itu sebuah perpaduan antara keyakinan hati, ucapan lisan dan amal perbuatan. Bagi orang Islam iman adalah kunci untuk diterima atau tidaknya suatu amal perbuatan kita. Ketika tidak mempunyai iman seorang muslim apapun dan sebesar apapun amalan yang ia kerjakan pastilah hanya akan sia-sia belaka.

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhori : dari anas Radhiyallahu ‘anhu bahwa nabi muhammad saw bersabda: akan dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan laa ilaaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan ( iman ) seberat sya’irah. Dan akan dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapka laa illaaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan ( iman ) seberat burrah. Dan akan dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan laa ilaaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan ( iman ) seberat dzarrah.

Dari hadis itu, bisa kita lihat dimana iman menjadi dasar paling pokok yang mampu menyelamatkan kita di dunia dan fil akhirat. Disinilah letaknya iman menjadikan spirit kehidupan. Dengan adanya iman kita aka termotivasi dan bersemangat untuk mengerjakan amal kebaikan bukanlah menjadi penghalang/penghambat untuk berbuat baik.

Bila kita melihat seperti apa Rasulullah dan sahabat-sahabat dalam menyebarkan Islam kepenjuru dunia, beliau berdakwah nan terus menebarkan kebenaran padahal banyak sekali hambatan, tekanan, ancaman.

BACA JUGA :

Namun, beliau dan sahabat sama sekali tidak pernah mundur dan menyerah menyebarkan agama Islam, akan tetapi semangat yang membara slalu menyala dalam hati mereka untuk memperjuangkan Islam ke penjuru plosok dunia.Semangat berkobar yang didasari iman yang kuat inilah yang perlu kita teladani kini untuk beramal baik.

Semoga apa yang kita lakukan slama ini didasarai dengan iman yang kuat dan slalu menyala dalam hati kita. Memberi motivasi untuk menggapai surga Allah. Menjadi spirit kehidupan untuk mengumpulkan pundi-pundi amal kebaikan.

Ok guys, Sepuing tulisan yang tak seberapa ini semoga menjadi dakwah yang bisa membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik dengan iman yang kuat dan menyala-nyala di setiap amal-amal yang kita kerjakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here