Home | Artikel | 7 Perihal Yang Bisa Selamatkan Bumi Dari Rumah

7 Perihal Yang Bisa Selamatkan Bumi Dari Rumah

 

Tinulis ID – Tahukah anda rumah? iya, rumah merupakan tempat tinggal bagi seorang manusia yang tinggal dibumi. sebagimana mestinya rumah berpungsi untuk tempat singgah, tempat istirahat, tempat makan serta tempat serba guna.

berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan di rumah untuk menyelamatkan bumi yang kita cintai, yaitu :

Matikan lampu yang tidak dibutuhkan

Tahukah nada jika 11% tagihan listrik berasal dari energy pencahayaan, yaitu lampu? Karenanya di siang hari matikanlah lampu dan manfaatkan sinar matahari yang lebih sehat dan hemat. Penggunaan lampu hemat energi juga direkomendasikan.

Gunakan kulkas dengan lebih efisien

Pastikan kulkas anda tidak terbuka terlalu lama dan tertutup dengan rapat bahkan jika anda meninggalkan  rumah dalam waktu lama, lebih baik jika kulkas tersebut dimatikan.

Cabut kabel tv dan komputer saat tidak digunakan

Dalam kondisi stand by atau sleep mode, TV dan monitor komputer masih menggunakan 30% daya. Oleh sebab itu, ketika sudah tidak digunakan, matikanlah alat-alat elektronik  tersebut.

Hemat air

Segeralah perbaiki kebocoran keran yang tejadi di rumah. Gunakan juga air daur ulang (seperti air tamupungan sisa wudhu, air bilasan cucian terakhir, dll) untuk keperluan mencuci mobil, mengepel atau membersihkan wc.

Membeli makanan dan memasak seperlunya

Makanan sisa yang terbuang akan menjadi sampah organik yang bisa menimbulkan banyak masalah, seperti bau tak sedap, sarang bakteri dan kuman bahkan emisi karbon.

Hindari produk seklai pakai

Produk sekali pakai menjadi sampah di bumi. Hindari penggunaanalat makan sekali pakai, air dalam kemasan, tisu, pembalut dan popok.

Pilah dan daur ulang sampah

Pilah setiap jenis sampah ke dalam wadah yang berbeda. Sampah non-organik, seperti: botol plastik, kaca, kaleng berikanlah pengepul untuk diolah kembali. Khusus sampah organik manfaatkanlah sebagai kompos penyubur tanah.

Biasakan hal-hal ini di rumah dan jadilah teladan bagi lingkungan anda. nah artikel 7 Perihal Yang Bisa Selamatkan Bumi Dari Rumah, semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.

Sumber Artikel: Majalah Ummi No. 4 XXVII April 2013 1436 H.

About Mariana Puspa Sari

2 comments

  1. Setuju sekali , jika tidak dimulai dari sekarang kapan lagi sebelum menyesal dengan dampat buruknya. Mulai lah dari rumah sendiri dan diri kita sendiri