Home | Artikel | Saatnya Umat Selamatkan Umat : Mari Ulurkan Bantuan dan Selamatkan Saudara Kita #FoodForSomalia
bencana somalia
bencana somalia

Saatnya Umat Selamatkan Umat : Mari Ulurkan Bantuan dan Selamatkan Saudara Kita #FoodForSomalia

“Perdana Menteri Somalia, Hassan Khaire (4/3/2017), mengatakankan bahwa hanya dalam 48 jam kondisi buruk ini telah menewaskan 110 orang di wilayah Bay seperti yang dikutip dari Al Jazeera”.

Tinulis ID – Hari ini Dunia sedang diguncangkan oleh kabar bencana somalia. Perdana Menteri Somalia, Hassan Khaire Mengatakan bahwa dalam waktu singkat sekitar 48 jam kondisi buruk ini telah menewaskan 110 jiwa orang di wilayah bay selatan dan sekitar 5000 anak diambang kelaparan dan kematian. Saatnya Umat Selamatkan Umat : Mari Ulurkan Bantuan dan Selamatkan Saudra Kita #FoodForSomalia.

Somalia merupakan Negeri yang terletak di Tanduk Afrika hidup dalam rentang lintang bumi yang sama dengan Indonesia, terlalui oleh garis khatulistiwa. Memiliki batas pantai Samudera Hindia, begitupula dengan Indonesia.

Jikalau samudera tak memisahkannya, mungkin Somalia adalah tetangga barat terdekat Indonesia. Kekayaan vegetasi, luasan hutan, bentangan alam eksotis, dan jutaan jenis hewan membuat sebagian Afrika nampak serupa dengan Nusantara. Namun, tidak demikian dengan nasib bangsa dan pertumbuhan ekonomi di Somalia.

Somalia adalah satu dari empat negara yang diidentifikasi oleh PBB sebagai negara yang terancam risiko kelaparan ekstrem- bersama dengan Nigeria, Sudan Selatan dan Yaman.

Somalia masih terjebak dalam konflik yang berlarut sejak tahun 70-an, penyakit mematikan yang mendera, kekeringan ekstrim, hingga ekonomi yang tak berkembang bergumul kekalutan dan kemiskinan.

Kemiskinan di negeri ini menembus level 82% dari jumlah penduduk. Sepanjang mata memandang, terlihat suasana mencekam penuh kemirisan.

Ternyata Peristiwa ini sudah terjadi sejak tahun 2011 dengan krisisnya pangan, fasilitas kesehatan sangat memperihatinkan dan kondisi saran pendidikan sangat miris bahkan nyaris tidak terperhatikan.

PBB menggunakan sistem kelaparan extrime-femine sebagai istilah teknis yang berlaku dalam keadaan yang spesifik seperti halnya sebagai berikut :

  • 20% dari setiap rumah tangga tidak mendapatkan/kekurangan pangan
  • kekurangan gizi melebihi 30%
  • Jumlah angka korban jiwa yang meninggal sekitar 2 orang perhari dari 10.000 penduduk.

Akan tetapi korban yang meninggal dunia di somalia akibat musibah kekeringan ini, sudah menewaskan 11o dalam waktu 48 jam. Masya allah, membuat hati ini merasa sedih akan apa yang sedang dirasakan oleh saudara yang berada jauh disana.

Saatnya Umat Selamatkan Umat : Bantu dan selamatkan Warga Somalia dari bencana kekeringan panjang

Puluhan tahun sudah penduduk Somalia berada dalam kekeringan yang panjang, lebih dari 2000 keluarga berjuang untuk mendapatkan makanan dan suplai air bersih.

Seperti halnya Sayyidina Utsman bin Affan yang mewakafkan sumurnya untuk kehidupan penduduk Madinnah kala itu, bersama selamatkan saudara di Somalia dari bencana kekeringan panjang dengan wakaf sumur terbaik kita. InsyaAllah pahalanya kian terus mengalir seperti air yang dihasilkan.

#PeduliSomalia
#BantuanUntukSomalia

Mari salurkan donasi Anda untuk masyarakat Somalia yang dirundung kerawanan pangan, melalui :

BNI/BNI Syariah 66 00000 120
Bank Syariah Mandiri 777 778 9777
Bank Mandiri 128 000 4793 136
Atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap

Kantor Pusat
Menara 165, lantai 11,
Jl. TB. Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur
Jakarta Selatan, 12560, Indonesia
Ph. +62 21 2940 6565,
Fax. +62 21 2940 6564

Insya Allah, ACT akan terus siap menjadi jembatan kepedulian bangsa Indonesia, bagi jutaan saudara kita di penjuru dunia dan pelosok Nusantara. Tidak ada kata terlambat untuk peduli. Somalia masih bergelut dengan nestapa, mari bersama kita wujudkan kepedulian bagi saudara-saudara kita di sana.

Sumber : act.id kitabisa.com bbc.com globalwakaf.com

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

2 comments

  1. Semoga saja kasus kelaparan ini segera tuntas dan warga somalja bisa merasakan fasilitas layak bagi hidup dan kehidupan mereka bersama keluarga tercinta. Kasian banget saya melihatnya dan ini terhitung sangat parah.

    • Semoga dipercepat untuk diturunkan hujan di bagian somalia, amin. Dan semoga dipercepat musibah kelaparan dan kekeringan warga somalia . Ini cepat berakhir.