Media Informasi Terkini

Cara Restore Chat WhatsApp tanpa Google Drive hanya Transfer File

0 80

cara-restore-whatsapp-tanpa-google-drive.jpg

Cara Restore Chat WhatsApp tanpa Google Drive hanya Transfer File – Layanan perpesanan WhatsApp sudah banyak penggunanya sebab terdapat fitur yang mendukung aktivitas sehari – hari seperti mengunggah story dan video call grup.

Buat pengguna lama, biasanya whatsapp akan melakukan backup secara rutin di jam 2 dini hari. Hal itu dikarenakan kita yang tidak secara berkala membackup.’

Dengan sistem whatsapp yang seperti itu, memudahkan sekali buat pengguna yang jarang membackup chat.

Bagi pengguna yang ingin memindahkan akun whatsapp ke hp baru, dan kebetulan lupa backup ke google drive, kamu dapat mengembalikan data chat WA ke hp baru hanya dengan mentransfer file backupnya saja.

Risiko Tidak Memulihkan Chat WhatsApp Di HP Baru

Dikutip dari Thelastsurvivors, Kamu akan mendapati risiko umum ketika tidak mengembalikan chat whatsapp. Risiko itu antara lain tidak dapat melihat riwayat chat terdahulu.

Sebab, riwayat chat sudah hilang karena tidak dikembalikan melalui file backup. File backup sangat penting buat memulihkan histori chat WA.

Keuntungan Restore Tanpa Google Drive

Selain risiko yang didapat, kamu juga akan mendapatkan manfaat lebih ketika ingin melakukan restore chat whatsapp.

Karena restore chat ini tidak perlu menggunakan akun google drive. Kita tahu bahwa setiap ada pencadangan, akun whatsapp akan tersinkronisasi oleh akun Google.

Nah, disini admin tidak memakai akun google untuk mengembalikan chat whatsapp. Jadi, kita bisa melakukannya hanya dengan memindahkan file backup saja.

Cara Transfer File Backup Chat WA

Proses restore whatsapp ini berbeda dengan yang pada umumnya. Pada dasarnya, cara ini agak sedikit ribet, karena perlu memindahkan data backup dari hp lama ke baru.

Bagi kamu yang tidak mau memindahkan antar hp, kamu dapat menggunakan perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk (tapi kedua hp harus support OTG).

Admin akan berikan cara merestore chat whatsapp dengan mentransfer saja melalui Shareit saja. Jadi, sekarang kamu Download aplikasi Shareit di kedua hp.

    • Untuk langkah – langkahnya, silahkan buka File Manager di hp lama
    • Kemudian cari folder WhatsApp lalu buka folder Database
    • Lalu cari file bernama “msgstore.db.crypt12”
    • Pilih file tersebut, lalu tap opsi Kirim/Bagikan
    • Tap opsi Shareit
    • Sekarang, buka aplikasi Shareit di hp baru, tap menu Terima
    • Beralih ke hp lama, pilih ikon Avatar yang muncul (Itu menandakan ada perangkat hp baru kamu terdeteksi telah menggunakan shareit)
    • Tunggu sebentar, prosesnya tergantung dari seberapa besar ukuran file backupnya
    • Setelah selesai, kamu harus memindahkan file msgstore.db.crypt12
    • Namun sebelumnya di hp baru telah di install whatsapp
    • Setelah itu, Hapus Data WhatsApp di pengaturan android
    • Kemudian, buka File Manager pada hp baru, kemudian buka Penyimpanan Internal -> Shareit -> Files
    • Copy file msgstore.db.crypt12, lalu buka folder WhatsApp -> Database
    • Pastekan di folder Database

Sampai disini tutorialnya sudah selesai, sekarang kamu tinggal login ke akun whatsapp kamu dengan nomor seperti biasanya.

Apabila muncul tampilan pulihkan data, cukup tap Pulihkan. Nanti data chat dari aplikasi whatsapp di hp lama akan dipindahkan ke whatsapp hp baru.

Cara diatas tidak termasuk dengan membackup dan restore file – file media (Foto, video, dokumen dan lainnya).

Apakah Data Media Bisa Di Transfer Juga?

Tentu saja bisa, kamu hanya perlu menyalin semua folder WhatsApp. Namun, cara ini tidak efektif karena akan memakan waktu banyak.

Kenapa? Sebab isi dari folder WhatsApp tersebut sangat banyak, dan mempunyai ukuran cukup besar.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai Cara Restore Chat WhatsApp tanpa Google Drive hanya Transfer File. Adapaun risiko, manfaat dan dengan menggunakan google drive, kamu telah bisa restore chat WhatsApp tanpa kehilangan riwayat obrolan satupun. Semogga bermanfaat ya sob.

Baca Juga :  Solusi Keberhasilan Industri Terbaik dengan Pasokan Listrik Sewatama

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More