Home | Religion | Puasa Untuk Kita, Bulan yang Penuh dengan Keberkahan Sebagai Ladang Ibadah Berlipat-Ganda
Puasa Untuk Kita, Bulan yang Penuh dengan Keberkahan Sebagai Ladang Ibadah Berlipat-Ganda
Source Image: tempo.co

Puasa Untuk Kita, Bulan yang Penuh dengan Keberkahan Sebagai Ladang Ibadah Berlipat-Ganda

 Oleh : Churun Ain Azkal Azkiya (Aktifis Remaja Masjid Jombang)

Tinulis ID – Puasa merupakan suatu bentuk ibadah kepada Allah dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan sesuatu yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Terkadang puasa terasa berat bagi sebagian orang, terutama bagi orang-orang yang puasanya tidak diniatkan untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadits, Rasullullah saw. bersabda, “Tidaklah seorang hamba yang mengerjakan puasa karena Allah, melainkan Allah menjauhkan dirinya dari neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun karena puasanya yang sehari itu.”(HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Sa’id Al-Khudriy r.a.).

Sungguh besar kuasa Allah. Tujuh puluh tahun itu bukanlah waktu yang amat pendek bagi kita. Berjalan tujuh puluh tahun menjauhi neraka juga bukanlah perkara mudah, apalagi bagi kita yang tidak suka beramal baik. Namun, kita bisa dijauhkan dari neraka hanya dengan melakukan sehari berpuasa. Sehari saja sudah sejauh itu, apalagi jika kita berpuasa di banyak hari dan beramal shalih.

Di hadits lain, dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Apabila bulan Ramadhan datang, maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan akan dirantai.”(HR. Bukhari dan Muslim). Jika seluruh pintu surga dibuka, maka kita bisa sesuka hati memilih masuk surga yang kita idamkan. Tetapi, setiap surga memiliki tingkatan tersendiri. Bila kita ingin masuk ke dalam surga dengan tingkatan yang tinggi, itu berarti kita juga butuh banyak amal shalih.

 

Pilihan Editor : 

 

Semakin banyak amal baik yang kita lakukan semakin tinggi pula tempat yang akan kita masuki. Dan bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk mulai melakukan amalan-amalan baik. Banyak sekali amalan baik yang bisa kita lakukan di bulan ini, seperti tadarus Al-Qur’an, memberi makanan kepada orang yang tidak mampu untuk berbuka, atau mendekatkan diri kepada Allah (seperti berdzikir, beri’tikaf, dan lain-lain). Banyak sekali perbuatan baik yang bisa kita lakukan di bulan suci ini.

Dan jangan sampai menyia-nyiakan waktu berharga seperti bulan Ramadhan ini. Karena bulan ini hanya datang setahun sekali. Maka dari itu, marilah kita perbanyak amal shalih agar kita bisa diberi tempat yang terbaik kelak.

Bagi orang-orang yang berpuasa nanti di hari kiamat akan melewati pintu Ar-Rayyan (pintu kesegaran) saat akan memasuki surga dan tidak ada seorang pun yang bisa masuk lewat pintu itu kecuali mereka. Betapa menyenangkan jika kita bersama-sama bisa masuk memalui pintu itu, karena orang Islam suka berjamaah.Kaum muslim yang berpuasa memiliki dua macam kebahagiaan. Kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Kebahagiaan mereka di dunia  ialah saat berbuka puasa dan saat menemui bulan Syawal, untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Kita senang karena menjumpai hari dimana kita semua merayakan kemenangan kita setelah melawan rasa lapar, haus, dan nafsu kita. Namun bisa jadi kita akan bersedih karena ditinggalkan oleh bulan Ramadhan yang sangat istimewa dan penuh berkah ini.

Sebagai penutup, marilah kita bersama-sama mengingat, bahwa jika kita ingin melakukan suatu kebajikan, mari kita niatkan hal itu untuk mengabdi kepada Allah, maka Allah akan menggantinya dengan berkali-kali lipat. Dan semoga kita bisa melakukan banyak kebaikan di bulan ini. Aamiin.

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

2 comments

  1. Harus kita manfaatkan tuh, kalau sudah berlipat-lipat ganda pahalanya, semoga berkah deh, nggak kerasa, besok udah lebaran