Media Informasi Terkini

Puasa dan Kaitannya dengan Kadar Gula Dalam Darah

0 10

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkkan oleh Imam Nasa’I dari sahabat Abu Umamah: “Wahai Rasululah, perintahkanlah kepadaku suatu amalan yang Allah akan memberi manfaat-Nya kepadaku dengan sebab amalan itu. “Maka Rasulullah bersabda, “Berpuasalah, sebab tidak ada satu amalan pun yang setara dengan puasa.”

Proses Hipoglikemik atau  menurunnya kadar gula dalam darah terjadi apabila tubuh sedang lapar. Di saat itu pula ginjal akan terangsang untuk memproduksi ephinephrine. Oleh sebab itu ketika orang merasa lapar tubuhnya akan gemetar dan mengeluarkan keringat dingin. Sebaliknya apabila tubuh merasa kenyang akan terjadi proses Hiperglikemik atau naiknya kadar gula dalam darah yang merangsang insulin di pankreas

Puasa dan Kaitannya dengan Kadar Gula Dalam DarahFungsi ephinephrine dalam tubuh adalah merangsang kerja jantung dan kontraksi pembuluh darah. Setelah itu, ephinephrine akan merangsang pankreas untuk memproduksi glukagon. Fungsi dari glukagon adalah untuk mengambil cadangan energi yang tersimpan dalam glikogen.

Baca Juga :  Inilah Biaya Administrasi KTA BNI untuk Pengajuan Kredit

Selain merangsang pankreas untuk memprodksi glukagon, ephinephrine juga merangsang Hipothalamus yang berfungsi merangsang hormon di dalam tubuh. Hipotalamus berukuran sebesar biji kacang dan letaknya ada di dalam otak manusia.

Di dalam Hipotalamus terdapat Hipofisis yang biasanya berfungsi dari jam 12 malam hingga pagi hari. Namun ketika orang sedang berpuasa, hipofisis akan dipaksa berfungsi pada jam 12 siang dimana tubuh sedang lapar.

Ketika ephinephrine merangsang Hipotalamus, maka Hipotalamus juga akan merangsang ACHT (Adrenokortikotropik hormon), ACHT akan merangsang ginjal yang kemudian mengeluarkan KORTISOL yang berfungsi sebagai perangsang metabolisme karbohidrat sehingga kadar gula dalam darah akan menjadi normal.

Sekelumit penjelasan di atas semoga bisa menambah wawasan serta kecintaan kita pada Allah. Rasul dan Ajaran Islam yang sempurna, terutama puasa. Tidaklah Allah memerintahkan sesuatu jika itu buruk bagi Hamba-Nya.

Baca Juga :  #CerdasDenganUangmu : Mengatur Kondisi Keuangan ala Full Time Blogger

Selamat bagi anda yang gemar melakukan ibadah ini, bagi yang masih berhutang puasa di Bulan Ramadhan lalu, mari segera selesaikan, mengingat bulan suci tahun ini akan segera tiba. Semoga dimudahkan oleh Allah dalam setiap aktivitas ibadah.

Sumber Artikel:

  • Rahmadi, Agus. 2012. Menjadi Dokter di Rumah Sendiri Secara Islami dan Alami. Jakarta: KS Production.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More