Media Informasi Terkini

Program Kuliah Online Binus, Solusi Pendidikan Masa Kini

0 65

Program Kuliah Online Binus, Solusi Pendidikan Masa Kini – Tidak ada kata terlambat atau terlalu tua untuk menuntut ilmu. Sebab itulah kini banyak hadir program kuliah online, bagi Anda yang sibuk sebagai solusi. Anda bisa tetap beraktivitas, tanpa mengganggu jadwal perkuliahan.

Baik Anda yang sedang bekerja, terkendala jarak, ataupun yang memang ingin melanjutkan kuliah tanpa terikat waktu dan tempat. Salah satu kampus yang menyediakan program kuliah online murah adalah BINUS. Anda bisa dengan mudah mendaftar dan mengikuti kuliah secara online dengan waktu juga biaya yang fleksibel.

Mengenal Mekanisme Kuliah Online

program Kuliah Online BinusKuliah daring atau online adalah sistem perkuliahan yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media pembelajarannya. Baik dalam bentuk modul, audio dan juga video materi, serta masih banyak lagi.

Untuk pelaksanaan kuliah online sendiri ada yang full pemberian materi secara online dengan tatap muka secara virtual seperti video conference. Ada pula yang menggabungkan pembelajaran online dengan sesekali diselingi tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa.

Untuk BINUS sendiri, memberlakukan sistem online dengan didukung fasilitas LMS (Learning Management System). Perkuliahan online via LMS berlangsung selama 10 minggu untuk pemberian materi, kuis, forum, diskusi dan juga upload tugas kuliah. Secara prosentase aktivitas via LMS 62,5% dari total masa kuliah.

Sisanya yang 37,5% adalah kuliah melalui video conferrence untuk memberi gambaran umum juga review dari kegiatan perkuliahan online.

Biaya Kuliah Online Binus

Terkait soal biaya, jika dibandingkan dengan aktivitas perkuliahan konvensional biaya kuliah online lebih terjangkau. Sebab itulah sistem ini banyak diminati.

Baca Juga :  Three Startups That Wowed Jack Ma and Won Alibaba's Backing

Selain waktu dan tempat lebih fleksibel, biaya yang dikeluarkan pun juga bisa disesuaikan kemampuan. Sebab di semester kedua, mahasiswa dibebaskan mengambil jumlah mata kuliah sesuai keinginan dan budget yang disiapkan.

Meski secara online dan biaya lebih murah dibandingkan perkuliahan umumnya, sistem perkuliahan daring juga tetap mengedepankan kualitas dan efektifitas dalam proses pelaksanaannya. Lulusan perkuliahan online tidak kalah dengan lulusan perkuliahan umumnya.

Bahkan bukan hanya Indonesia, beberapa negara maju termasuk Eropa telah menerapkan sistem perkuliahan ini sebelumnya. Para mahasiswa di dunia menyambut dengan penuh antusiasme langkah tersebut. Sebab mereka bisa kuliah di kampus impiannya meski via jarak jauh atau online pelaksanaannya.

Meski awalnya sistem perkuliahan ini diperuntukkan bagi karyawan yang ingin kembali melanjutkan pendidikan, akan tetapi kini langkah ini juga dijadikan solusi pemerataan pendidikan. Pemerintah Indonesia berharap dengan sistem online, masyarakat dapat mengembangkan potensi pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

BINUS salah satu lembaga pendidikan yang turut mensukseskan program pendidikan ini. Mereka menghadirkan beragam fasilitas juga kemudahan dan keunggulan dalam proses perkuliahan online ini. Anda dapat meraih gelar sarjana tanpa harus terkendala jarak, waktu dan juga biaya.

Selain BINUS masih ada beberapa lembaga pendidikan negeri maupun swasta di Indonesia, yang juga menjalankan sistem serupa. Hal ini sebagai bentuk dukungan atas upaya pemerataan pendidikan, peningkatan kualitas generasi penerus kita, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia nantinya.

Keunggulan Kuliah Online

Ada banyak keunggulan atau kelebihan yang bisa Anda dapat dari sistem perkuliahan online. Bukan hanya efektifitas dan fleksibilitasnya saja, tetapi masih banyak hal lainnya seperti diantaranya:

  • Pembelajaran global, dimana Anda bisa melaksanakan perkuliahan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu juga tempat
  • Lebih fleksibel dalam pelaksanaannya, interaksi antara dosen dan mahasiswa, serta penyesuaian biaya menurut kemampuan financial Anda
  • Mahasiswa bisa menentukan jumlah mata kuliah yang ingin diambil serta pemberian materi secara online memudahkan Anda kapanpun ingin mengulangnya
  • Ujian dapat Anda laksanakan kapanpun dan dimanapun karena diberikan melalui platform resmi yang telah disiapkan
Baca Juga :  Mengenal Prоduk ERP SystemEver Bеrdаѕаrkаn Mоdеl dan Kеgunааnnуа

Syarat dan Cara Daftar Kuliah Online Binus

Untuk persyaratan pendaftaran kuliah online, secara garis besar sama saja di setiap lembaga pendidikan yang ada. Apabila terdapat perbedaan biasanya ada pada besaran biaya seperti harga formulir pendaftaran dan biaya lainnya.

Kali ini kami akan memberi contoh prosedur dan syarat pendaftaran kuliah daring yang diterapkan oleh BINUS. Dengan begitu Anda bisa memperoleh sedikit gambaran terkait syarat pendaftaran kuliah online berijazah resmi.

1. Prosedur Pendaftaran Kuliah Online di BINUS

  • Buat akun
  • Pesan form pendaftaran sekaligus lakukan pembayaran pembelian form
  • Isi formulir pendaftaran dengan benar dan jelas
  • Upload dokumen yang diperlukan untuk dilampirkan
  • Ikuti tes masuk online sesuai ketentuan
  • Lakukan pembayaran administrasi dan daftar ulang
  • Ikuti masa orientasi yang diadakan

Untuk bisa menjalani prosedur pendaftaran kuliah daring atau online di BINUS, Anda harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum menyerahkan kelengkapan dokumen pendaftaran.

2. Syarat Pendaftaran yang Harus Dilengkapi

  • Formulir pendaftaran baik yang didapat secara offline maupun online
  • Pasfoto terbaru ukuran 3×4
  • Hasil scan kartu identitas, bisa KTP ataupun passport
  • Hasil scan akta kelahiran
  • CV (Curriculum Vitae)
  • Scan ijazah dan surat keterangan kelulusan bagi Anda lulusan SMA/SMK
  • Scan ijazah dan transkrip nilai untuk Anda lulusan D3
  • Scan surat keterangan kerja bagi Anda yang berstatus sebagai karyawan atau pekerja
  • Khusus Anda yang merupakan lulusan D3, sebelum membeli formulir pastikan nama Anda terdaftar di website PDDIKTI
Baca Juga :  Dualisme ujian nasional: keadilan yang bias

Tenaga Pengajar Kuliah Online

Meski dilaksanakan secara online, akan tetapi Anda tidak perlu meragukan kualitas lulusan kuliah daring nantinya. Sebab tenaga pengajarnya berkompeten di bidangnya dengan gelar master juga doktoral.

Para pengajar profesional tersebut akan mempersiapkan lulusan berkualitas yang mampu sukses bekerja di dunia nyata.

Selain memberi banyak keuntungan bagi mahasiswa, ternyata sistem perkuliahan online juga menguntungkan tenaga pengajarnya. Berikut ini beberapa keuntungan bagi para pengajar atau dosen yang bergabung di dalamnya.

  • Mengajar di perkuliahan online artinya bekerja paruh waktu. Sehingga tidak mempengaruhi aktivitas atau karir utama Anda
  • Kelas online menjadi wadah bagi Anda untuk memperluas jaringan dengan para profesional di bidang yang sama
  • Anda dapat mengasah kemampuan komunikasi juga kepemimpinan Anda
  • Dengan banyak berinteraksi baik secara online maupun offline dengan mahasiswa, secara tidak langsung melatih kemampuan komunikasi juga kepemimpinan Anda
  • Meningkatkan kompetensi di bidang yang Anda tekuni saat ini. Dengan berbagi materi, mencatat, berdiskusi, melakukan penelitian, maka Anda mengulang kembali pelajaran terkait bidang yang Anda tekuni

Hal ini tentu kian memperdalam dan meningkatkan pengetahuan juga kemampuan yang Anda miliki.

Perkuliahan online bukan hanya memberi kemudahan bagi para mahasiswa, tetapi juga tenaga pengajarnya. Sebab itulah sistem perkuliahan ini menjadi solusi dan peluang bagus bagi dunia pendidikan negeri ini.

Jangan ragu untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang Anda punya, dengan melanjutkan pendidikan melalui kuliah online di lembaga pendidikan yang ada. Selain mudah proses daftar dan pelaksanaannya, juga murah biayanya. Soal kualitas, Anda tidak perlu meragukannya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More