Media Informasi Terkini

Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

0 127

Perkembangan Bisnis Online di Indonesia – Bisnis di Indonesia semakin berkembang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Salah satu bisnis di Indonesia yang sangat popuper adalah bisnis online. Ini dapat dibuktikan dengan banyaknya toko online dan aplikasi belanja online yang tersedia. Para pelanggan tidak harus keluar rumah untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

Selain itu belanja online juga lebih praktis dan menghemat waktu serta tenaga. Sistem pembayaran pada toko online juga membuat bisnis ini terkesan lebih praktis. Dengan menyajikan kemudahan ini, bisnis ini sangat cepat perkembangannya.

Perkembangan Bisnis OnlineSelain itu, hal yang membuat bisnis online terutama toko online banyak diminati oleh produsen adalah karena tidak membutuhkan modal yang banyak untuk membuka toko. Toko online memang tidak harus memiliki toko fisik sebelumnya, adi hanya dengan modal barang yang akan dijual, maka si pordusen atau pemasok dapat melakukan transaksi jual beli.

Baca Juga :  Pinjaman Cepat 24 Jam dari Tunaiku

Bahkan, pemasok juga bahkan dapat tidak mengeluarkan modal sama sekali, yaitu dengan menjual produk dari orang lain.

Terdapat beberapa jenis bisnis online yang mungkin bisa untuk kamu lalukan sebagai berikut.

1. Online shop

Ini adalah hal yang dapat kamu lakukan jika memiliki modal dan produk sendiri. Kamu tidak bergantung pada pihak lain dan dapat memantau perkembangan transaksi yang terjadi. Kamu yang sebelumnya memiliki toko fisik juga bisa merambah ke bisnis online dengan membuka toko online sendiri. Ini dapat memperluas pasarmu dalam berdagang.

Kamu dapat melakukan promosi secara mandiri dan mendapat keuntungan penuh atas barang yang kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa membuka jasa untuk reseller atau dropshipper agar semakin luas pasar dari barang daganganmu dan tentunya juga akan menguntungkan bagi orang lain yang ikut membantu dalam menjual barang dari toko onlinemu.

Baca Juga :  Konveksi Seragam Kerja Jakarta Surewi, Konveksi Terbaik Indonesia

2. Reseller

Ini bagi kamu yang memiliki modal yang terbilang sedikit. Menjadi reseller berarti kamu menjual produk orang lain dengan cara memberinya terlebih dahulu, biasanya harga yang dibeli oleh reseller merupakan harga khusus dari penjual atau online shop. Ini sebagai bentuk upah dan agar harga dapat bersaing di pasar.

Seorang reseller harus menyetok atau membeli barang tersebut terlebih dahulu dengan syarat pembelian yang sudah disepakati, baru kemudian kembali menjual dengan harga dan keuntungan yang telah ditentukan. Untung dari menjadi reseller adalah kamu hanya perlu mencari barang dan tidak perlu susah-susah untuk memproduksi barang.

Sedangkan kekurangannya adalah barang tersebut akan menumpuk di kamu jika tidak terjual. Tentunya juga kamu akan rugi karena barang itu tidak laku sedangkan kamu sudah membelinya.

3. Dropshipper

Ini sangat cocok untuk kamu yang memulai bisnis hanya dengan kuota internet. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal apapun selain kuota internet. Yang kamu butuhkan ketika menjadi dropshipper adalah keahlian dalam mempromosikan barang daganganmu. dropshipper tidak perlu menyetok barang atau membeli barangnya terlebih dahulu, jadi tidak menimbulkan kerugian jika barang tidak laku terjual.

Baca Juga :  Mencegah Aplikasi Berbahaya di Ponsel Android, Simak yuk!

Namun, karena seorang dropshipper tidak melihat secara fisik atau melakukan penjualan secara langsung, maka dropshipper tidak dapat memonitor kualitas produk yang dijual. Bisa saja produk  yang dijual tidak sama dengan produk yang dikirim dan ini dapat menyebabkan nama brand dari seorang dropshipper jadi buruk.

Itulah jenis bisnis online yang mungkin dapat kamu lakukan. perkembangan bisnis di Indonesia tidak lagi pada bisnis fisik, namun juga merambah pada bisnis online. Bahkan bisnis online lebih terlihat menggiurkan dengan pangsa pasar yang luas.

Article by : permitindo.com

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More