BERBAGI

TINULIS.ID – Inspirasi akan datang dari mana saja, tanpa sedikit berpikirpun inspirasi tetap akan menghampiri setiap insan. kesempatan kali ini penulis mendapatkan sebuah inspirasi dari “60 Tahun Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra Indonesia”, Astra indonesia sangat berperan aktiff dalam kegiatan sosial, penghijauan, pendidikan dan kegiatan lainnya yang berpengaruh terhadap perkembangan serta kemajuan Indonesia.

Sebelum melanjutkan kepembahasan yang lebih jauh, mari kita kenali terlebih dahulu beberapa aspek yaang berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan indonesia.

Apa itu Astra ?

Astra merupakan sebuah perusahaan Astra Insternasional tbk dan perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang perusahaan otomotif yang sering kita kenal selama ini, akan tetapi perusahaan astra sendiri memiliki lebih dari 190 anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan pengendalia bersama entitas.

Selain itu, Astra juga bergerak dalam 7 bidang besar yaitu sebagai berikut :

Perusahan-perusahan yang ditampilkan di  atas merupakan salah satu perusahan utama Astra Group berdasarkan product dan jasa, serta yang memiliki tanda bintang (*) perusahaan tersebut di bawah pengaturan OJK yaitu Emiten.

Sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957 senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan salah satu butir Catur Dharma ‘Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara’.

Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat.

[irp]

Dalam setiap perusahaan atau pun keorganisasian pasti memiliki nilai ciri khas, filosofi, visi dan misi yang bisa di implementasikan ke depannya. Berikut gambaran Filosofi, Visi dan Misi Astra International Tbk.

Setelah enam dekade berkiprah yang dilandasi oleh filosofi Catur Dharma, Astra telah mencoba menginspirasi Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara. Berikut penjelasan tiga strategi tersebut:

Produk dan Layanan: Tujuan bisnis Astra adalah agar dapat sejahtera bersama bangsa, yang didasarkan pada filosofi para pendiri perusahaan. Karena pelanggan adalah pemangku kepentingan utama, maka demi menghasilkan produk yang berkualitas, bisnis Astra tidak terlepas dari integrasi para pemasok yang menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan, sebagai bagian dari rantai bisnis yang ikut berperan dalam keberlanjutan bisnis yang dijalankan.

Insan Astra: Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang memegang peran penting bagi pencapaian kinerja perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Astra juga menyelenggarakan InnovAstra, yang merupakan ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh Insan Astra di tanah air.

Kontribusi Sosial: Astra berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan, dan bertanggung jawab kepada karyawan, dengan menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial, dan lingkungan. Dengan pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) Astra (Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, Astra Untuk Indonesia Kreatif), Astra berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

 

4 Pilar CSR Astra Untuk Indonesia

Pilar strategic roadmap Astra yang ketiga adalah Public Contribution. Pilar ini tidak hanya mewakili komitmen kami untuk menjadi warga korporasi yang baik dengan melaksanakan pelestarian lingkungan dan kegiatan filantrofi sosial, namun melalui pilar ini lingkungan dan sosial lebih jauh diimplementasikan ke dalam arah strategi dan perencanaan bisnis di seluruh anak perusahaan Astra.

Public Contribution dalam implementasinya memiliki 2 sisi, yakni Lingkungan dan Sosial Masyarakat. Dalam implementasinya keduanya dijabarkan menjadi kebijakan, target yang terukur, kriteria serta prosedur pelaksanaan yang dirangkum dalam Astra Gree Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC).

Astra Green Company mewujudkan komitmen Astra dalam pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan dan dicantumkan dalam Corporate Policy Communication Social Responsibility and Security (CSRS) serta berbagai turunan programnya yang mencakup efisiensi sumber daya alam, pengurangan limbah, emisi gas rumah kaca, dan penerapan zero workplace incident melalui program behavior based safety.

Sedangkan Astra Friendly Company mencantumkan berbagai arahan strategi dan implementasi Astra dalam berinteraksi dengan para pemangku kepentingan, masyarakat sekitar operasional kami, pelaksanaan kegiatan CSR, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Melalui Astra Friendly Company, kami bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan setiap komponen masyarakat sehingga kami dapat diterima baik dan menjadi bagian dari masyarakat.

Berikut Grafik hasil kontribusi perusahan Astra International Tbk. sagat berpengaruh sekali dalam perkembangan dan kemajuan masyarakat Indonesia.

Astra Untuk Indonesia Cerdas

Berbicara Cerdas memiliki hubungan dengan Pendidikan, Astra turut berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Astra telah mengadakan beberapa program untuk meningkatkan pendidikan serta melakukan beberapa pelatihan demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

Melalui Yayasan Toyota Astra (YTA), Astra menjalankan program penyediaan bantuan dana dan pembiayaan untuk kegiatan pendidikan, riset dan pengembangan ilmu sains dan teknologi, bantuan alat peraga pendidikan dan buku-buku, terutama teknologi otomotif.

Fokus utama program ini adalah untuk peningkatan kualitas pendidikan bagi pelajar-pelajar Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi serta kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri yang melakukan penelitian sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar Magister atau Doktor. Sebesar Rp 4 Miliar telah disediakan untuk menjalankan program ini.

Astra Untuk Indonesia Hijau

Dalam menjalankan bisnisnnya, Astra selalu melakukan proses produksi dan operasional yang ramah lingkungan. Ramah lingkungan dalam hal ini adalah mengendalikan dan meminimalisasi konsumsi energi, air, serta penggunaan sumber daya alam lain.

Oleh karena itu, salah satu aspek lingkungan yang senantiasa menjadi perhatian adalah konsumsi sumber daya alam. Seluruh entitas bisnisnya secara terus-menerus meningkatkan efisiensi dan optimalisasi penggunaan material, sumber daya alam, energi serta mengelola limbah dengan baik melalui program-program Cleaner Production yang diimplementasikan di masing-masing anak perusahaan.

menyelenggarakan program Astra Green Lifestyle (AGL) di beberapa kota besar seperti Jakarta, Palembang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Mamuju. AGL memiliki semboyan “Kenali-Lakukan-Ajarkan” untuk mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan. AGL diisi banyak kegiatan seperti Jakarta Green Run (JGR), pameran lingkungan dan pengumpulan 40.000 bibit pohon. Guna mendukung kegiatan ini Astra telah mengeluarkan biaya sebesar Rp 1,2 Miliar.

Astra Untuk indonesia Kreatif

Memberdayaan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan (ring 1) menjadi sasaran utama yang menjadi perhatian setiap perusahaan Grup Astra. Sebagai upaya menumbuhkan usaha-usaha produktif di masyarakat, Astra menyelenggarakan beberapa program Income Generating Activities (IGA).

Melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM di tanah air, juga sekaligus sebagai perkuatan value chain usaha, melalui program pemberdayaan atau Income Generating Activity (IGA) masyarakat di sekitar operasional.

Program pembinaan yang diberikan antara lain di bidang manajemen, teknologi, akses pasar, fasilitas pembiayaan, dan teknologi informasi dengan memaksimalkan sinergi pada jaringan value chain secara terintegrasi. Sampai tahun 2014 YDBA telah berhasil membina 8646 UMKM dan telah menggelontorkan dana lebih dari Rp 7 Miliar dalam upayanya membina UMKM.

Astra Untuk indonesia Sehat

Sangat peduli terhadap peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia khususnya di daerah, menyadari bahwa kesehatan masyarakat sangat penting untuk menunjang keberlanjutan, baik individu, perusahaan, dan negara. Hal ini diwujudkan dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan berupa beberapa program yang dilaksanakannya.

Mengembangkan program Posyandu dengan teknologi informasi (IT) untuk melihat lebih detail mengenai keadaan status perkembangan gizi anak dan kesehatan lainnya. Dengan adanya Posyandu berbasis IT, keadaan status gizi anak secara otomatis dapat diketahui cukup dengan memasukkan hasil pengukuran ke dalam software. Grup Astra telah mengembangkan 905 Posyandu di seluruh Indonesia

[irp]

Yayasan Astra Group

Untuk memberikan kontribusi secara nyata kepada masyarakat, Grup Astra telah mendirikan sembilan yayasan yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk. untuk merangkul seluruh pemangku kepentingan Grup Astra. Baik pemangku kepentingan internal maupun eksternal sebagai penerima manfaat.

Astra dan yayasan-yayasan berkoordinasi dalam perencanaan dan pelaksanaan program untuk memaksimalkan manfaat yang dihasilkan serta tepat sasaran.

Yayasan Amaliah Astra

Yayasan Amaliah Astra didirikan pada tahun 2001 memiliki misi untuk membangun Intellectual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient melalui kegiatan di bidang sosial-keagamaan, tujuannya agar karyawan muslim Astra menjadi muslim yang profesional dan masyarakat di sekitarnya memiliki ketaatan beragama.

Melalui Masjid Astra, Yayasan Amaliah Astra menyelenggarakan aktivitas perayaan keagamaan dan Cerdas Cermat Islami Astra (CCIA) dalam Astra Gema Islami (AGI), fungsinya mempererat solidaritas sesama umat Muslim dan meningkatkan pengetahuan agama Islam.

Masjid Astra juga mengembangkan dan membina calon pemimpin agama melalui Astra Mubaligh Development Program. Melalui Lazis Amaliah Astra, YAA juga memfasilitasi pemberian zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang disalurkan untuk beasiswa dan modal wirausaha masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik www.amaliah-astra.com

Yayasan Astra Honda Motor

Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) didirikan pada tahun 1995 sebagai organisasi sosial yang mandiri dengan misi mendukung kehidupan masyarakat di bidang pendidikan dan sosial melalui program pemberian beasiswa bagi siswa prasejahtera dan pembangunan fasilitas pendukung untuk institusi pendidikan, program edukasi masyarakat tentang keselamatan di jalan, program pelestarian lingkungan hidup serta kegiatan amal untuk berbagai aktivitas sosial dan budaya, termasuk bencana alam.

Yayasan Dharma Bakti Astra

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) didirikan tahun 1980 oleh pendiri Astra, Bapak William Soeryadjaya dengan mengemban misi pembinaan dan pengembangan UMKM di tanah air, juga sekaligus sebagai perkuatan value chain usaha Astra melalui program pemberdayaan atau Income Generating Activity (IGA) masyarakat di sekitar operasional Astra.

Program pembinaan yang diberikan antara lain di bidang manajemen, teknologi, akses pasar, fasilitas pembiayaan, dan teknologi informasi dengan memaksimalkan sinergi pada jaringan value chain Astra secara terintegrasi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik www.ydba.astra.co.id

[irp]

Yayasan Pendidikan Astra (Michael D. Ruslim)

Yayasan Pendidikan Asta Michael D. Ruslim (YPAMDR) didirikan pada tahun 2009 dengan nama yayasan Astra Bina Pendidikan. Pada tahun 2010, Yayasan Astra Bina Pendidikan berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim untuk menghormati Presiden Direktur Astra, Bapak Michael D. Ruslim.

YPA-MDR memiliki visi untuk membantu sekolah-sekolah yang berada di daerah prasejahtera agar siswasiswinya mampu meningkatkan kualitas, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup (life skill) serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia.

YPA-MDR berperan aktif sebagai agen perubahan (agent of change) dan agen pengembangan (agent of development) dalam peningkatan mutu sekolah-sekolah, pengembangan sumber daya manusia yang terarah serta pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah yang profesional. Jenjang sekolah yang mendapatkan bantuan adalah Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia.

Yayasan Astra Agro Lestari

Yayasan Astra Agro Lestari didirikan pada tahun 2010, memiliki visi menjadikan salah satu sekolah terbaik di wilayah operasional perkebunan. YAAL berkomitmen memberikan pendidikan yang lebih baik bagi keluarga karyawan dan masyarakat sekitar serta menghasilkan siswa-siswi lulusan dengan prestasi akademik yang baik, inovatif, berkarakter, peduli terhadap kesehatan, keselamatan dan lingkungan.

YAAL membangun sekolah mulai TK hingga SMP berikut manajemen sekolah dan menyediakan tenaga pengajar yang berkualitas serta membangun rumah bagi para tenaga pengajar dan memberikan training bagi mereka.

Yayasan Karya Bakti United Tractors

Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT) didirikan pada tahun 2008, memiliki visi “Menjadi lembaga pendidikan keterampilan mekanik dan operator alat-alat berat terbaik di dunia.” Melalui UT School (YKB UT) menjadi wadah pelaksanaan program pendidikan yang secara intensif mempersiapkan operator dan mekanik alat berat yang professional dan terampil sesuai persyaratan internasional.

Tersebar di seluruh Indonesia, YKB UT dalam bentuk UT School tidak hanya menyelenggarakan berbagai program pendidikan jangka panjang dan program pelatihan jangka pendek sesuai kebutuhan perusahaan Grup Astra dan pelanggan secara khusus tapi juga mendukung pengembangan sekolah kejuruan dalam rangka mendorong peningkatan mutu dan standar industri nasional.

Yayasan Insan Mulia Pama

Yayasan Insan Mulia Pama (YIMP) dibentuk pada tahun 2014 dengan visi untuk memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan perusahaan dan masyarakat melalui pembentukan karakter karyawan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

Fokus program Yayasan Insan Mulia Pama yaitu melakukan pengelolaan terhadap infak, zakat, shadaqah, penyelenggaraan dakwah dan kajian serta penyelenggaraan program sosial kemasyarakatan. Program kegiatan yang dilaksanakan saat ini meliputi: Pengumpulan dana umat (Zakat, infaq & Shadaqoh), Dakwah dan Donasi Bidang Sosial.

Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI)

Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) didirikan pada tahun 1995 dengan nama Yayasan Federal Bina Ilmu membawahi Akademi Teknik Federal oleh PT Federal Motor yang saat ini bernama PT Astra Honda Motor. Seiring dengan perkembangan bisnis Yayasan Federal Bina Ilmu berubah menjadi Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) dan Akademi Teknik Federal menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra).

YABI mengemban misi menyelenggarakan institusi pendidikan yang profesional dalam bidang teknologi, khususnya pada bidang yang terkait otomotif dan sumber daya alam, untuk menghasilkan lulusan siap pakai dengan kualitas terbaik di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik www.polman.astra.ac.id.

Yayasan Toyota & Astra

Yayasan Toyota Astra (YTA) didirikan pada tahun 1974 oleh PT Astra International Tbk dan PT Toyota Astra Motor, memiliki visi dan misi untuk turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program penyediaan bantuan dana dan pembiayaan untuk kegiatan pendidikan, riset dan pengembangan ilmu sains dan teknologi, bantuan alat peraga pendidikan dan buku-buku, terutama teknologi otomotif.

Fokus program YTA yaitu pada program peningkatan kualitas pendidikan bagi pelajarpelajar Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas serta kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri yang melakukan penelitian sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar Master atau Doktor. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik http://www.toyota.co.id/csr/yayasan-toyota-astra/ .

Demikian penulis sampaikan tentang artikel yang berjudul 60 Tahun Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra Indonesia, artikel ini diikut-sertakan dalam lomba menulis satu-indonesia.com. Tulisan dan gambar desain statistik yang terdapat pada postingan ini berdasarkan riset dari situs resmi Astra Internastional Tbk. https://astra.co.id dengan dipadukan tulisan opini yang disampaikan oleh penulis sendiri.

Read more : artikel ulasan Franchise Minuman Coklat, Waralaba Minuman, Nyoklat, Nyoklat Super semoga ada manfaatnya bagi pembaca dan jangan lupa baca artikel ulasan menarik tentang game heroes evolved terbaik, zoteromedia.com ppc dan cpm premium indonesia , artikel bangga menggunakan jam tangan original yang dipersembahkan oleh the watch co, artikel ulasan menarik Virtual Office Di Jakarta, artikel terbaik Vitaplas – Herbal Untuk Meningkatkan Stamina Pria. Enjoy reading this article, let’s share.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here