Home / Artikel / 6 Perbedaan Sekolah SMA Dengan SMK
6 Perbedaan Sekolah SMA Dengan SMK
6 Perbedaan Sekolah SMA Dengan SMK

6 Perbedaan Sekolah SMA Dengan SMK

Tinulis ID – Untuk kalian yang masih duduk di bangku SMP, serta gundah mau ngelanjutin ke mana, gundah pilih SMA atau SMK, anda datang ke halaman yang tepat, karena kali ini saya akan membahas perihal perbedaan dari SMA serta SMK.

Pada dasarnya SMA serta SMK itu sama, sama-sama merupakan tingkat sekolah atas, sama-sama ada matematika serta fisika, saya seorang pelajar SMK pun pun mersakan kesamaan dari SMA serta SMK, karena pelajaran yang hampir sama. Lalu apa perbedaan dari SMA serta SMK? berikut 6 Perbedaan Sekolah SMA Dengan SMK :

Pertama

Sma merupakan sekolah menegah atas sedangkan SMK merupakan sekolah menengah kejuruan, dari sini kita dapat menyimpulkan bila kita masuk ke SMA maka pelaran yang ditekankan sama kayak kita masih SMP, yaitu pada bidang akademik. Sedangkan SMK berbeda dikala kita masih SMP, lebih ditekankan pada bakat atau kejuruanya.

Kedua

SMA rata-rata memiliki jurusan IPA serta IPS, sedangkan SMK memiliki tak sedikit jurusan, contohnya TKJ, MM, RPL, Akutansi serta lain-lain

Ketiga

Sma lebih tak sedikit teori, sedangkan SMK lebih tak sedikit prakteknya, perihal ini karena SMA ditekankan pada bidang akademik, sedangkan SMK ditekankan pada kejuruan, misalnya TKJ hampir tiap hari praktek.

Keempat

Kebanyakan siswa SMK bila lulus langsung kerja, sedangkan untuk anak SMA bisanya melanjutkan ke perguruan diri, meskipun ada pun siswa SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi, ada pun yang kerja sambil kuliah.

Kelima

Di SMK ada yang namanya PKL atau praktek kerja lapangan, di masa itu kita mesti berada di suatu perusahaan atau lembaga pekerjaan yang lainya, disana kita akan merasakan kerja yang sebenarnya, kita akan disuruh-suruh, dinilai serta diawasi, sama  kayak magang. Sedangkan di SMA tak ada, karena mereka bukan kejuruan, mereka cuma mementingkan akademik saja.

Keenam

SMK dididik untuk siap kerja, artinya kita akan dibuat agar kita siap jadi pekerja yang tangguh serta bisa membawa nama baik sekolah, sementara siswa SMA dituntut untuk bisa menguasai pelajaran akademi, berbeda dengan SMK yang ditunut mesti menguasai materi kejuruan.

Meskipun SMK lebih identik dengan siswa yang nakal-nakal tetapi lulusan smk telah siap terjun di dunia kerja dibandingkan SMA. Persiapkan diri mulai dari sekarang, Sekolah tidak akan menjamin jika seseorang tersebut tidak mempunyai skill atau kemampuannya yang di peroleh dari hasil belajarnya di sekolah. sama saja dengan bohong. SMA atau SMK sama-sama harus mempunyai skill dan kemampuan.

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Check Also

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Tinulis ID – Lenovo, produsen smartphone dari China semakin menunjukkan keeksisannya di dunia smartphone. Setelah …

2 comments

  1. Teuku Ahmad Andika

    Kalau menurut ane sih semua sekolah itu sama gan, tergantung dari bagaimana seseorang itu nyaman atau tidak berada di sekolah tersebut gan

    • iya gan, apalgi jaman modern sekarang ini. bnayak terbawa alur pergaulan bebas jadi kurang kondusif jika peran orang tua dirumah tidak dibarengin dengan pengajaran yang lebih baik dan perhatian lebih terhadap anak tercintanya.