Blogger Gaya Hidup

Perbedaan SEO dan SEM Menurut Seorang Blogger Pemula

Perbedaan SEO dan SEM Menurut Seorang Blogger Pemula – Perkembangan Teknologi semakin maju dan berkembang seiring berjalannya waktu, sehingga membuat sebuah perubahan yang drartis. Dimulai dari perubahan bidang teknologi menjadikan perkembangan ekonomi digital semakin diminati oleh kalangan masyarakat modern ini.

Punya website setiap hari update konten, tapi pengunjung masih sepi aja ?? Solusinya ya kamu harus bisa mengoptimasikan website agar nilai peringkat yang bagus di search engine .

Bagaimana dengan yang tidak bisa optimasinya ? tenang optimasi website  itu gampang sekali yaitu dengan teknik SEO dan penanaman backlink premium dan berkualitas yang tentunya bisa mengoptimalkan website yang dimiliki dengan beberapa selang waktu website yang sudah di optimasi, traffik pengunjung akan bertambah dan stabil setiap harinya.

SEO dan SEM memang istilah yang belum awam dan dikalangan blogger tidak asing lagi dengan kedua teknik ini. Bagi kamu blogger atau para pelaku bisnis di bidang digital, mungkin pernah mendengar istilah-istilah tersebut namun kurang memahami apa perbedaan dari keduanya.

Kedua istilah ini memang sering digunakan secara bergantian, tidak pernah dipakai secara bersamaan. Ketika seseorang menggunakan istilah SEO, biasanya ia tak serta-merta menyebutkan pula istilah SEM. Solusinya? Kami perlu membaca artikel ini sampai selesai heheee…

Pengertian  SEO

Apa itu SEO ? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti proses optimasi terhadap website dengan segala aspeknya seperti konten, sistem, dll supaya nilai peringkatnya tinggi di mesin telusur seperti Google. Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung atau traffic yang tinggi pada website dan lebih banyak calon customer yang potensial, SEO merupakan salah satu cara penting.

SEO dalam Blog

SEO merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menempatkan website pada posisi SERP (search engine result page) yang strategis sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Tujuan dari SEO sendiri adalah untuk mendatangkan traffik yang banyak menuju blog melalui posisi yang bagus di search engine. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi blog dengan keyword tertentu di search engine.

Secara umum terdapat 2 jenis SEO, white SEO dan blackhat SEO. Apa perbedaannya? White SEO dilakukan dengan teknik-teknik yang memang diperbolehkan oleh google sehingga blog atau website kamu bisa bertahan lama pada posisi teratas. Intinya white SEO itu dilakukan dengan cara-cara yang jujur. Sedangkan blackhat SEO dilakukan dengan cara-cara yang terlarang yang melanggar TOS google. Menggunakan blackhat SEO hanya akan memperbesarkan kemungkinan blog atau website kamu akan di suspend atau deindex oleh google.

SEO On-Page

Teknik optimasi jenis ini meliputi optimasi pada konten artikel, riset keyword, seperti penempatak keyword, Jumlah tulisan artikel, Anchor teks, Internal Link, Optimasi Gambar, dan segala aktivitas di dalam artikel.

SEO Off-Page

Sedangkan teknik optimasi SEO Off-Page merupakan aktivitas di luar website meliputi Optimasi Backlink atau link building yang berkualitas dan relevan dengan website yang dikelola, menerapkan Lokal SEO, promosi social media dan meliputi aktifitas diluar SEO On-Page.

Mengenal SEM

SEM merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website atau iklan berbayar dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). SEM ini mencakup teknik SEO yang sebelumnya telah banyak dibahas dan juga beberapa teknik pemasaran terkait lainnya. Definisi ini dirangkum dari Wikipedia .

Salah satu media untuk melakukan SEM adalah google adwords. Dengan menggunakan google adwords atau sekarang yang disebut dengan google ads (nama:sudah berubah), website kamu akan berada pada halaman pertama google.

Namun meskipun demikian, pengguna SEM biasanya lebih spesifik dengan penawaran produk. Sangat- jarang sekali pengguna SEM yang mengiklankan konten (hanya tulisan) kecuali blogger-blogger yang sekadar mencoba ngiklan di google ads. Biasanya mereka yang beriklan di search engine merupakan pelaku UMKM atau toko-toko online yang memiliki produk untuk di jual. Tidak seperti SEO yang lebih umum dengan keduanya (jualan dan konten)

Perbedaan SEO dan SEM

Lalau sebenernya apa sih perbedaan anatara SEO dan SEM ? SEO merupakan aktivitas proses optimasi website untuk meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web tersebut bisa muncul di peringkat tertinggi  pada halaman hasil pencarian di mesin telusur. Sedangkan SEM merupakan teknik atau aktivitas berbayar dan lebih besar jangkauannya, dianggap sebagai pemasaran pada internet yang meningkatkan visibilitas web lewat hasil mesin pencari organik dan juga lewat iklan berbayar.

Nah itulah perbedaan utama antara kedua istilah tersebut yaitu bahwa optimisasi mesin pencari (SEO) hanyalah sebuah komponen dari pemasaran mesin pencari (SEM). Seperti telah kami sebutkan juga sebelumnya di atas, SEM mencakup komponen pencarian berbayar semacam PPC dan bahkan juga termasuk SMM (Social Media Marketing).

Penting untuk diketahui bahwa kamu tidak boleh menggunakan istilah SEO dan SEM secara berbarengan untuk sebuah maksud spesifik. Kenapa? Karena meskipun mereka bekerja berdampingan, mereka bukan istilah yang sama. Ada hierarki di sana (SEO bagian dari SEM, SEM bukan bagian dari SEO, SEO adalah salah satu strategi SEM).

Lebih Baik Mana SEO atau SEM ?

Tidak ada yang 100% baik dan tidak ada pula yang 100% jelek. Kedua teknik tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari SEO adalah optimasi yang dilakukan bersifat gratis, kecuali kalo memakai jasa SEO. Namun kamu memiliki ribuan saingan untuk mencapai halaman pertama google.

Sedangkan SEM memiliki garansi untuk berada pada halaman pertama google, namun kamu harus mengeluarkan uang untuk itu. Berarti memakai SEM sangat mudah dong? Hmmm tidak juga. Ada banyak perusahaan dengan budget besar yang beriklan di google adwords. Kekuatan uang juga menentukan disini. Semakin besar uang yang berani anda keluarkan, semakin besar peluang tampil untuk keyword yang sama.

Kesimpulan

Cara terbaik adalah dengan melakukan optimasi pada keduanya. Dengan SEO anda bisa mendapatkan calon pelanggan secara gratis dan SEM dapat menggaransi produk anda berada pada halaman pertama search engine.

Dan saya pernah denger jika mau pakai teknik SEM dalam branding digital, maka harus perkuat SEO-nya terlebih dahulu. Kenapa? Karena supaya kamu mendapatkan sebuah budget yang lebih murah jika website kamu telah di optimasi sebelumnya, dibandingkan dengan website bar uterus langsung promosikan dengan teknik SEM maka budget akan tinggi.

Jadi kamu harus optimasikan dahulu website kamu dengan teknik SEO sebelum memakai teknik SEM. Semoga artikel ini bisa bermanfaat adanya ya, dan sekiranya bermanfaat boleh bantu share ya supaya banyak teman yang tahu akan kedua teknik promosi digital ini.

Perbedaan SEO dan SEM Menurut Seorang Blogger Pemula

Perbedaan SEO dan SEM Menurut Seorang Blogger Pemula - Perkembangan Teknologi semakin maju dan berkembang seiring berjalannya waktu, sehingga membuat sebua

Editor's Rating:

One Comment

Post Comment