Beranda Event Peran Masyarakat dalam Keterbukaan BPK Kawal Harta Negara, Lewat Kemudahan Akses Situs...

Peran Masyarakat dalam Keterbukaan BPK Kawal Harta Negara, Lewat Kemudahan Akses Situs Onlinenya

265
18
BERBAGI

TINULIS.ID – Permasalahan Demokrasi dan Hak Asasi Manusia merupakan isu Internasional yang sangat menonjol. Ini tentunya memerlukan perhatian yang serius karena dimensi pengaruhnya dalam kehidupan Nasional dan Internasional sangat besar.

Di era globalisasi dengan kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi, menuntut setiap negara untuk mengkaji permasalahan tersebut secara intensif. Informasi yang masuk ke suatu negara tidak hanya melalui interaksi Internal akan tetapi dapat diperoleh melalui Interkoneksi dan Interdependensi ( Interface ) antar bangsa, bilateral maupun multilateral.

Badan Pemeriksa Keuangan atau di sebut dengan BPK merupakan lembaga negara yang bekerja secara bebas dan juga mandiri dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Yang mana jika dilihat dari kedudukannya dalam penyelenggaraan negara, posisi BPK ini sejajar dengan lembaga negara lainnya.

Dalam bagan Struktur Lembaga Pemerintahan Negara Indonesia, BPK RI atau Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia memiliki posisi di bawah lembaga MPR atau Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Demografi Kesetaraan BPK dengan Presiden
Demografi Kesetaraan BPK dengan Presiden – http://bpk.go.id

Dimana BPK ini sejajar kedudukannya dengan DPR atau Dewan Permusyawaratan Rakyat, Presiden, DPA (Dewan Perwakilan Agung) dan MA (Mahkamah Agung). Sehingga sangat jelas bahwa peran BPK sebagai lembaga pemerintahan Indonesia ini berposisi sebagai lembaga pemerintahan inti. BPK kawal Harta Negara adalah tugas utamanya.

Sesuai dengan namanya, Badan Pemeriksaan Keuangan, BPK ini adalah lembaga masyarakat yang bertugas memeriksa uang negara. Uang yang digunakan untuk operasional kehidupan berbangsa dan bernegara yang berupa APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) harus dikontrol penggunaannya.

Berikut Tugas Utama dan Wewenang Badan Pemeriksa Keuangan Negara, yaitu :

Hal pertama BPK Memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara Lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan Lembaga atau Badan lain yang mengelola keuangan negara.

BPK Melaporkan kepada penegak hukum jika dalam pemeriksaan ditemukan indikasi tindak pidana; Memantau pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat entitas yang diperiksa, dan hasilnya dilaporkan secara tertulis kepada lembaga perwakilan dan pemerintah.

Sedangkan, Wewenang BPK Dalam mengawal Harta Negara adalah menentukan objek pemeriksaan, merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan, menentukan waktu dan metode pemeriksaan serta menyusun dan menyajikan laporan pemeriksaan. meminta keterangan dan/atau dokumen yang wajib diberikan oleh setiap orang, unit organisasi
Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.

BPK melakukan pemeriksaan di tempat penyimpanan uang dan barang milik negara, di tempat pelaksanaan kegiatan, pembukuan dan tata usaha keuangan negara, serta pemeriksaan terhadap perhitungan-perhitungan, surat-surat, bukti-bukti, rekening koran, pertanggungjawaban, dan daftar lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara.

BPK enetapkan jenis dokumen, data, serta informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang wajib disampaikan kepada BPK dan hal lainnya yang telah di atur dalam Undang-Undang.

Baca Juga :

Pemeriksaan adalah proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi yang dilakukan secara independen, obyektif, dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan, untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Sistem Kerja BPK dalam mengelola dan memeriksa keuangan negara merupakan salah satu tugas utamnya.

Sitem Kerja BPK Kawal Harta Negara
Sitem Kerja BPK Kawal Harta Negara – http://bpk.go.id

Badan pemeriksa Keuangan Indonesia memiliki nilai dasar dalam mengkawal harta negara dalam situasi apapun yang tujuannya mengakuratkan data yang masuk ke system online BPK. Seperti hal peran KPK dalam menangani dan pemberantasan korupsi, keduanya harus saling bersinergi yang tuhjuannya membangun kemajuan negara.

Nilai Dasar BPK RI
Nilai Dasar BPK RI – Data http://bpk.go.id

BPK akan menindaklanjuti jika ada masalah penggunaan dana yang terjadi. Lewat situs online-nya, BPK secara transparan membuka pengaduan masyarakat akan masalah keuangan yang terjadi.

Dulunya masyarakat belum begitu kenal dengan BPK ini. Yang dikenal hanyalah DPR dan MPR saja. Padahal setelah amandemen, BPK menjadi salah satu anggota lembaga pemerintahan inti yang memiliki tugas utama dalam memberikan kontribusi terbesar dalam kehidupan masyarakat.

Memeriksa jalannya penggunaan keuangan adalah tugas utamanya. Harta negara adalah uang rakyat, jadi semua pengelolaannya harus terpantau dengan baik.

Kini lewat situs onlinenya yang beralamatkan http://bpk.go.id, masyarakat bisa bebas kapan saja melakukan pengaduan terhadap BPK terkait dengan permasalahan dana yang ada. Adapun persyaratan pengaduan yang harus dipenuhi oleh masyarakat:

  1. Menguraikan kejadian dari permasalahan dana yang terjadi. Semua harus diuraikan sesuai dengan fakta yang ada.
  2. Mempelajari pasal-pasal yang ada dalam kegiatan kegiatan pemeriksaan keuangan. Sehingga nantinya akan memberikan pengetahuan tentang sanksi yang akan dikenakan.
  3. Menyertakan bukti dari permasalahan dana yang terjadi. Bukti yang bisa berupa dokumen, foto, pelaporan, dan lain-lain.
  4. Menyertakan identitas kita sebagai pengadu agar transparan.

Baca Juga :

Selain persyaratan teknis pengaduan tersebut, ada juga persyaratan khusus pengadu itu sendiri, yakni :

  1. Harus WNI atau Warga Negara Indonesia asli.
  2. Memberikan identitas asli.
  3. Mengisi formulir yang disediakan, yakni formulir tentang pengaduan masyarakat.
  4. Paham tentang kejadian yang ada.
  5. Melampirkan bukti kejadian yang bisa berupa foto, dokumen, dan lain-lain.

Lewat situs online BPK memberikan pelayanan terhadap masyarakat, pelayanannya cepat dan dapat diakses dengan mudah. Layanan informasinya pun juga tertera di situsnya.

Selain itu, juga bisa langsung datang ke kantornya. Setiap pengaduan akan dilayani dengan cepat melalui form pengaduan masyarakat di https://www.bpk.go.id/formpage/complaints

Form Pengaduan Masyarakat
Form Pengaduan Masyarakat – Data http://bpk.go.id

BPK terus melaksanakan kegiatan pengawasan keuangan sesuai dengan visi dan misinya. Yang pasti adalah untuk kepentingan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, yakni untuk mendorong pengelolaan keuangan negara dengan baik.

Dengan cara BPK kawal Harta Negara secara transparan lewat informasi dan layanan update di situsnya ini, masyarakat menjadi lebih dekat dengan lembaga Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Demikian yang bisa penulis sampaikan dengan beberapa demografi sederhana, semoga artikel ini bisa memberikan informasi tentang BPK Kawal Harta Negara dan bisa di jadikan bahan referensi edukasi bagi pembaca.

18 KOMENTAR

  1. yaps setuju, karena kita rakyat indonesia juga berperan dalam hal ini demi kemajuan Pengelola Keuangan Negara. Jadi kita memang kudu bekerjasama dan terus dukung BPK ini untuk kedepannya.

  2. Cara BPK untuk mengajak masyarakat dalam berpartisipasi mengawal harta negara bisa dikatakan cerdas, yakni dengan memanfaatkan iklim saat ini yang serba online.

    Sebagian besar masyarakat yang cukup familiar dengan dunia online ini diharapkan mampu dan mau berpartisipasi bersama BPK dalam mengawal harta negara.

    Sukses terus buat BPK ^-^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here