Beranda Event Di Balik Perkembangan dan kemajuan Karawang Sebagai Kota Industri Modern

Di Balik Perkembangan dan kemajuan Karawang Sebagai Kota Industri Modern

464
73
BERBAGI

Peran Galuh Mas dalam Membangun Karawang – Kesempatan kali ini penulis ingin menulis sebuah true story tentang pengalaman pribadi dan kota karawang yang meninggalkan jejak nostalgia. Penulis juga akan sedikit bercerita mengenai perkembangan karawang yang begitu pesat sekali dalam kemajuan tata kota dan infrastukturnya.

Dalam 4 tahun terakhir sejak merantau dan tinggal di kota karawang, di tahun 2018 ini perkembangan infrastukur dan pembnagunan serta kemajuan karawang sangat jauh berbeda dengan tahun 2014 silam, yang mana kemajuan dalam beberapa tahun ini telah mengahsilkan sebuah tata kota yang sangat bagus.

 

PT. Galuh Citarum sebagai pengembang Galuh Mas di Karawang mengaku sangat optimis industri properti 2017 akan mampu menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan. Pengembang yang dirintis sejak 2004 silam tersebut, tengah membidik pengembangan konsep hunian komersial dan kebutuhan gaya hidup dipusat Kota Karawang Barat.

Menurut Stephanie Nany Ratnawati Deputy Director Operasional Housing Pusat Niaga dan Hunian Asri Terpadu ‘Galuh Mas’ pengembangan proyek real estate diatas lahan 110 hektar tersebut memiliki multi akses paling stategis ke sejumlah wilayah disekitar Kota Karawang.

“Letaknya yang mudah dijangkau,fasilitas lengkap dengan pilihan unit hunian komersial yang variatif. Sekarang ini pembangunan pelabuhan laut Cilamaya tengah dalam proses. Sedangkan tata lahan dan bangunan untuk Bandara Internasional Karawang telah berjalan,” tambah Nany Ratnawati, ketika ditemui INAPEX.co.id, di pameran Indonesia Properti Expo di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, belum lama ini.

Fakta di balik perkembanagan dan kemajuan karawang sebgaai kota indutri modern, ada peran yang bisa mempengaruhi pembangunan insfaktuktur serta kemajuan ekonomi karawang maju begitu pesatnya. Galuh mas sebagai kota mandiri memiliki peran dan dedikasi terhadap pembangunan kota karawang.

Siapa yang tidak tahu tentang Karawang? Sebuah kabupaten di tanah Pasundan ini yang beribukotakan Karawang. Wilayah ini dikenal dalam karya sastra Chairil Anwar yang bertajuk Karawang-Bekasi. Lalu, seperti apa sejarah Karawang ini pada awal mula berdirinya?

Bila kita melihat jauh ke belakang, ke masa Tarumanegara hingga lahirnya Kabupaten Karawang di Jawa Barat, Berturut-turut berlangsung suatu pemerintahan yang teratur, baik dalam system pemerintahan pusat (Ibu Kota).

Pemegang kekuasaan yang berbeda, seperti Kerajaan Taruma Negara (375-618) Kerajaan Sunda (Awal Abad VIII-XVI). Termasuk pemerintahan Galuh, yang memisahkan diri dari kerajaan Taruma Negara, ataupun Kerajaan Sunda pada tahun 671 M. Kerajaan Sumedanglarang (1580-1608, Kasultanan Cirebon (1482 M) dan Kasultanan Banten (Abad XV-XIX M).

Sekitar Abad XV M, agama Islam masuk ke Karawang yang dibawa oleh Ulama besar Syeikh Hasanudin bin Yusuf Idofi, dari Champa, yang terkenal dengan sebutan Syeikh Quro, sebab disamping ilmunya yang sangat tinggi, beliau merupakan seorang Hafidh Al-Quran yang bersuara merdu.

Kemudian ajaran agama islam tersebut dilanjutkan penyebarannya oleh para Wali yang disebut Wali Sanga. Setelah Syeikh Quro Wafat, tidak diceritakan dimakamkan dimana. Hanya saja, yang ada dikampung Pulobata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang Wadas, Kabupaten Karawang, merupakan maqom (dimana Syech Quro pernah Tinggal).

Pada masa itu daerah Karawang sebagian besar masih merupakan hutan belantara dan berawa-rawa. Hal ini menjadikan apabila Karawang berasal dari bahasa Sunda. Ke-rawa-an artinya tempat berawa-rawa.

Nama tersebut sesuai dengan keadaan geografis Karawang yang berawa-rawa, bukti lain yang dapat memperkuat pendapat tersebut. Selain sebagian rawa-rawa yang masih tersisa saat ini, banyak nama tempat diawali dengan kata rawa, seperti : Rawasari, Rawagede, Rawamerta, Rawagempol dan lain-lain.

Keberadaan daerah Karawang telah dikenal sejak Kerajaan Pajajaran yang berpusat di daerah Bogor. Karena Karawang pada masa itu, merupakan jalur lalu lintas yang sangat penting untuk menghubungkan Kerajaan Pakuan Pajajaran denga Galuh Pakuan, yang Berpusat di Ciamis.

Sumber lain menyebutkan, bahwa buku-buku Portugis (Tahun 1512 dan 1522) menerangkan bahwa : Pelabuhan-pelabuhan penting dari kerajaan Pajajaran adalah : “ CARAVAN “ sekitar muara Citarum”, Yang disebut CARAVAN, dalam sumber tadi adalah daerah Karawang, yang memang terletak sekitar Sungai Citarum.

Untuk menjadikan Karawang sebagai bagian dari pemerintahan Kerajaan Mataram maka pada 14 September 1633 atau bertepatan dengan 10 Maulud 1043 Hijriah, Sultan Agung melantik Singaperbangsa sebagai Bupati Karawang pertama.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar daerah dibawah Kerajaan Mataram. Hari ditetapkannya Singaperbangsa ini kemudian menjadi hari peringatan sebagai Hari Jadi Kabupaten Karawang saat ini.

Hingga saat ini, Karawang menjadi sebuah kabupaten di Jawa Barat yang terus berkembang. Karawang juga menjadi wilayah di Jawa Barat yang cukup menonjol dibanding kabupaten lainnya.

BACA JUGA :

Ada banyak tempat wisata, tempat belanja, ikon kota yang menjadi daya tarik kabupaten ini. Sejarah singkat ini saya kutip dan merangkum dari situs resminya pemerintahan kabupaten karawang untuk lebih detilnya bisa kunjungi website www.karawangkab.go.id.

Mengawali perkembangannya dikawasan yang berdiri sebagai kabupaten, Karawang dulu dikenal sebagai kabupaten dengan sebutan Lumbung Padi. Sesuai dengan faktanya, dimana kabupaten yang mayoritasnya Suku Sunda Ini memang dipenuhi dengan lahan hijau padi.Dengan demikian, penduduk Karawang pun didominasi oleh petani.

Adapun pengusaha, penduduk di Karawang biasanya memiliki usaha kecil kayak memiliki sawah sebagai lahan padi pribadinya atau kebun dengan aneka macam jenis tanaman seperti sayuran dan buah-buahan.

Hal ini pula yang membuat Karawang dahulu menjadi kabupaten sekaligus distributor padi, sayuran, serta buah-buahan bagi beberapa pasar tradisional di Indonesia. tapi sekarang Karawang berdiri sebagai salah satu kota besar yang didominasi dengan Pabrik.

Karawang saat ini menjadi kota industri terbesar di Indonesia, Sesuai dengan julukannya sebagai kota industri, Karawang sekarang hadir dengan perusahaan-perusahaan yang berdiri diatas lahan penduduk dengan mayoritas pengguna Bahasa Sunda. Bahkan menjadi kota yang dipercaya oleh perusahaan asing untuk mendirikan usaha serta bisnisnya di Karawang.

Dengan demikian, wajar saja apabila Karawang sekarang ini bahkan bisa mengalahkan Jakarta dari penghasilan penduduknya dengan gaji UMR terbesar di Indonesia. tiddak sedikit pula investor asing memilih untuk menjadi investor diperusahaan yang didirikan di Karawang.

Penduduk Karawang saat ini justru mayoritas bekerja sebagai pegawai pabrik, Karawang sekarang merupakan pusat pergerakan industri di Indonesia yang berhasil menarik Pengusaha Mancanegara. Jepang menjadi salah satu negara yang kerap menanam investasinya, bahkan berniat untuk menjadikan lahan dengan luas 3.000 hektar di Karawang sebagai tempat industri pribadinya.

Maka waktu ini, di Karawang tidak sedikit sekali berdiri aneka macam perusahaan seperti perusahaan industri otomutif, IT, Elektronik, serta bentuk usaha industri lainnya.

PT Galuh Citarum berdiri di Karawang sejak tahun 2004 dengan mulai mengembangkan pusat hunian Galuh Mas sejak 2007 di atas lahan seluas 180 Ha. Galuh Mas memiliki konsep kota yang terintegrasi sehingga menjadikan kawasan Galuh Mas menjadi kota mandiri di Karawang.

Berada dilokasi yang strategis di pusat kota Karawang, hanya 8 menit menuju exit tol Karawang Barat dan 9 menit menuju kawasan industry, PT Galuh Citarum selalu mengutamakan kepuasaan pelanggan dengan memberikan kualitas bangunan terbaik.

Hingga saat ini, Galuh Mas telah memiliki 11 cluster hunian, 11 ruko, dan 1 proyek housing yakni Rukost (Rumah Kost). Pada cluster hunian landed housing, Galuh Mas memiliki cluster Court Yard, City View, Grand Mediterania, Gardenia Park, Metropolis, May Flower, New Victorian, Pesona Mediterania, Victorian Residence, Primrose, dan River Garden.

Dan banyak lagi bangunan seperti hunian comersil dan hunian perumahan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat karawang serta para buruh/karyawan pabrik. Baca Selengkapnya : Tentang Galuh Mas Kota Mandiri Di Karawang

Berbagai pembangunan property yang saling terintegrasi membuat Galuh Mas banjir penghargaan. Seperti penghargaan Kota Mandiri, Kota Baru, Perumahan dan Kawasan Terbaik yang diperoleh dari Property & Bank Award –X tahun 2015.

Di tahun yang sama, Galuh Mas juga memperoleh 3 penghargaan dari berbagai penyelenggara. Selain itu juga ada penghargaan The Pioneer of Superblock at Karawang dari Residence Indonesia Magazine.

Berikut Penghargaan yang di raih oleh Galu Mas Karawang (PT. Galuh Citarum) dalam beberapa tahun terakhir ini :

Dalam perkembangannya paska kemerdekaan Indonesia, Karawang kini menjelma menjadi salah satu kota industri. Kabupaten Karawang menjadi lokasi beberapa kawasan industri besar seperti Karawang International Industry City KIIC, Kawasan Surya Cipta, Kawasan Bukit Indah City atau BIC di jalur Cikampek (Karawang).

Termasuk diantaranya terdapat Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Sejak tahun 2012, Kabupaten Karawang memang mulai dibanjiri proyek-proyek besar yaitu Summarecon, Agung Podomoro, Agung Sedayu, Metland dan lain-lain.

Konsekuensi dari berkembangnya Karawang menjadi kota industri tentu saja membutuhkan berbagai sarana penunjang. Salah satunya adalah perumahan untuk para pekerja dan masyarakat urban yang mengadu nasib di Karawang.

Fakta ini membuat banyak pengembang perumahan melihatnya sebagai potensi untuk membangun hunian yang berkualitas. Namun, jauh sebelum itu, di Karawang sendiri sudah ada pengembang asli daerah yang dalam perjalanan waktunya ikut berperan membangun Karawang. Boleh dikatakan, Galuh Mas Karawang adalah pelopor konsep hunian kota mandiri di Karawang.

Galuh mas memiliki banyak tempat Ruko seperti, Ruko Court Yard, Ruko Grand Plaza, Ruko Arcadia, Ruko Emporium, Ruko Terraz, Ruko Primerose, Ruko Emerald Hill, Ruko Broadway, Ruko Mediterania, Ruko City Walk, Pasar Bersih Karawang, dan Ruko Street Festival.

Ada juga Rukost yang merupakan proyek andalan dari Galuh Mas untuk saat ini. Rukost dibangun dengan konsep rumah kos yang terbilang cukup baru di Industri properti, khususnya di Karawang.

Dan dapat dikatakan bahwa Galuh Mas Karawang adalah pusat hunian yang menjadi pioneer konsep hunian baru ini. Selain menjadikan tempat hunian yang nyaman, Galuh Mas juga dilengkapi dengan fasilitas komersial yang terintegrasi dalam satu kawasan yang disebut dengan Central Business Park (CBP).

CBD ini berada di jantung kota mandiri Galuh Mas Karawang, dan memiliki luas sekitar 20 ha. Dan dialamnya terdapat empat proyek komersil besar miliki Galuh Mas Karawang. Proyek komersil besar pertama di Galuh Mas adalah Karawang Central Plaza yang menjadikan sebagai pusat belanja dan gaya hidup masyarakat karawang.

Pertimbangan utama dalam memilih investasi properti adalah lokasi. Bahkan seringkali ditegaskan dengan konsep 3L yaitu Lokasi, lokasi, lokasi. Artinya tanpa lokasi yang bagus maka nilai rumah akan turun atau susah dijual kembali.

Dalam menentukan lokasi kita perlu jeli mengamati pemgembangan suatu wilayah yang berkaitan erat dengan perkembangan suatu daerah. Disamping itu harus sering melihat-lihat suatu event pameran perumahan atau rajin berjalan ke wilayah yang sedang atau akan dibangun oleh developer.

Sebaiknya dalam menentukan pilihan terhadap lokasi perumahan tersebut harus dicocokan dengan peta wilayah daerah tersebut, karena disamping dapat mengembangkan wawasan yang berasal dari suatu informasi (brosur, iklan) tentang lokasi perumahan, tetapi juga dapat melihat lokasi secara makro seperti: Jaringan jalan, lintasan kabel tegangan tinggi, letak sungai besar yang terdekat, letak lintasan kerata api dan berbagai rencana pengembangan kota.

Begitupun dengan Kawasan Galuh Mas memiliki lokasi yang sangat startegi bisa dijangkau oleh setiap orang dari berbagai daerah.

Lokasi :

  • 5 Menit dari pintu tol Karawang Barat
  • 5 Menit pusat kota Karawang
  • 10 Menit dari Kawsan Industri KIIC
  • 15 Menit dari Kawasan Surya Cipta dan KIM
  • 45 Menit dari Cawang – Jakarta
  • 1 Jam Ke Bandung melalui Tol Cipularang

Alamat :

MARKETING GALLERY
Jl. Galuh Mas Raya, Karawang Barat 41361
T. (0267) 643 388, (0267) 647 377,
F. (0267) 646 955

Setiap Kawasan ataupun perumahan sudah pasti memiliki fasilitas untuk menunjang kebutuhan dan kegiatan masyarakat sehari-hari, salah satu fasilitas yang di sediakan oleh Galuh Mas yaitu sebagai berikut :

Kemanan 24 Jam
Access Card
ATM Center
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
SPBU
Tempat Ibadah
Sekolah
Club House
Futsal Indoor

BACA JUGA :

PT Galuh Citarum, adalah perusahaan property yang bergerak dalam bidang pembangunan hunian dan sudah berdiri di Karawang sejak tahun 2004. Proyek pertamanya adalah pusat hunian Galuh Mas Karawang yang dibangun diatas lahan seluas 80 ha sejak tahun 2007.

Dari proyek pusat hunian inilah kemudian masyarakat nama PT. Galuh Citarum sebagai pengembang yang mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan dikenal masyarakat Karawang.

PT. Galuh Citarum menyediakan dan menghadirkan Cluster/Hunian terbaik untuk para pelanggannya, Hingga kini Galuh Mas memiliki 11 Cluster hunian, 11 Ruko, dan 1 proyek housing yakni Rukost (Rumah Kost).

Galuh Mas juga memiliki area Commercial, yakni Ruko Court Yard, Ruko Grand Plaza, Ruko Arcadia, Ruko Emporium, Ruko Terraz, Ruko Primerose, Ruko Emerald Hill, Ruko Broadway, Ruko Mediterania, Ruko City Walk, Pasar Bersih Karawang, dan Ruko Street Festival.

Hanya sawah, sawah dan secuil cerobong pabrik menghitam yang menyembul di kejauhan. Panas dan gersang, citra Karawang itu melekat erat sejak kunjungan pertama saya bertahun-tahun silam di kota Lumbung Padi. Tak terpikir bagi saya untuk menjamah kembali.

Hingga akhirnya seorang kawan meyakinkan bahwa Karawang kini tak sekadar sawah dan pabrik. Karawang sudah berkembang menjadi kota mandiri, pusat perbelanjaan, kuliner dan tempat hiburan sudah menjamur. Bahkan hotel-hotel ternama pun sudah tersedia di kota yang konon namanya berarti “banyak rawa”.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Mercure Karawang Hotel. Letaknya benar-benar di pusat kota berseberangan dengan mall dan waterpark. Bangunan yang mencuat tinggi di tenggah komplek Galuh Mas menjadikannya mudah untuk dikenali.

Mercure Karawang merupakan Hotel bintang 4, dikelola oleh Accorhotels jaringan Internasional hotel yang terkenal di dunia. Terletak strategis di pusat komersial Galuh Mas dengan akses mudah dari Jakarta-Cikampek keluar Karawang Barat (KM 47).

Hotel Mercure Karawang memiliki 12 lantai dengan total 242 kamar dan ball room berkapasitas 1200 tamu. Meskipun dimiliki oleh PT Galuh Citarum, namun secara manajerial Hotel Mercure dikelola Accor Group sebagai satu-satunya hotel berskala menengah dengan sentuhan lokal.

Accor Group atau yang awalnya bernama SIEH (Société d’investissement et d’exploitation hôteliers) didirikan pada 1967 oleh Paul Dubrule dan Gérard Pélisson dengan Novotel Hotel sebagai hotel pertama yang dibangun di Kota Lille, bagian utara Perancis. Selain Mercure, hotel lain yang berada di bawah manajemen Accor Group di antaranya Novotel (hotel) dan Adagio (apartemen).

Hotel Mercure dibangun dengan mendapat dukungan penuh dari kontraktor terbaik serta konsultan yang profesional di bidangnya. Hotel Mercure Karawang menjadi pionir hotel berbintang empat dengan standard internasional di Karawang.

Selain kamar dan ball room yang luas, Hotel Mercure Karawang menyediakan berbagai fasilitas, seperti lounge yang nyaman, coffee shop dan restoran, tujuh buah meeting room dengan kualitas profesional, gym, spa, business center 24 jam, dan kids area untuk keluarga yang membutuhkan tempat bermain untuk anak-anak mereka. Atmosfir yang ditemukan friendly dan sangat sempurna untuk bersantai.

Karawang Central Plaza atau lebih dikenal dengan Mall KCP dibangun di atas lahan kurang lebih 3,8 hektar, dengan luas bangunan mall kurang lebih 25.000 M2. Gedung KCP dibangun dua lantai yang pembangunannya dikelola salah satu anak perusahaan PT.Galuh Citarum, yaitu PT.Graha Buana Prima yang mulai beroperasi pad bulan Juli 2012 lalu.

Mall KCP ini merupakan salah satu sarana dari PT.Galuh Citarum selaku pengembang di Karawang yang mempunyai visi dan misi untuk pembangunan pusat niaga dan pemukiman asri, dimana mall ini diharapkan dapat menjadi pusat niaga, selain juga kawasan ruko-ruko yang sudah dibangun sebelumnya.

Mal ini dirancang ekslusive agar dapat dinikmati dengan nyaman dan menyenangkan oleh semua kalangan masyarakat. Dikonsep secara modern, terdapat beragam fasilitas termasuk arena bermain anak , foodcourt , gadget & komputer , fashion, dan butik tertata dengan baik untuk kemudahan para pengunjung.

Technomart merupakan pusat niaga elektronik, otomotif, furniture, serta perlengkapan dan peralatan industri terlengkap di Karawang dan Jawa barat. Terletak di kawasan hunian dan niaga terpadu Galuh Mas, Technomart berada dalam satu kawasan dengan Waterpark, Hotel Mercure, Festive Walk, Boutique Office, dan Karawang Central Plaza.

Bangunan gedung 3 lantai ini telah secara resmi beroperasi pada Februari 2015 lalu. Beragam tenant telah melengkapi keberadaaan Technomart dengan produk berkualitas antara lain Informa, Ace Hardware, White Brown Electronics, Hypermart, Honda Kumala Karawang, Suzuki Restu Mahkota Karya, dan Nissan.

Technomart didirikan di atas tanah seluas 2,5 ha dengan luas bangunan 50 ribu meter persegi. Memiliki desain modern dengan interior yang akan membuat pengunjung akan merasa nyaman. Parkir di Technomart dapat memuat 1000 buah mobil dan 1500 hingga 2000 sepeda motor.

Selain menyediakan peralatan dan perlengkapan otomotif berkualitas, satu fasilitas kebanggan Technomart adalah adanya area test drive berupa mini sirkuit dan off road track. Area ini dapat digunakan saat konsumen ingin mencoba produk otomotif baru atau produk yang selesai diperbaiki. Mini sirkuit ini didesain dengan area berkerikil, licin, berpasir, basah mau pun berundak yang dibangun dengan luas 2,2 ha, terletak di sebelah timur gedung Technomart.

Festive Walk merupakan sarana hiburan dan life style yang hadir melengkapi fasilitas komersial di Galuh Mas. Mal ini dibangun di atas lahan seluas 3 hektar di kawasan Central Business Park (CBP) yang notabene merupakan kawasan emas Galuh Mas.

Memiliki tagline EAT, CHAT & FUN, Mall Festive Walk siap melayani dahaga masyarakat Karawang, utamanya dalam hal entertainment dan gaya hidup serta pusat kuliner, resto unik, food truck, dan hotel. Hingga saat ini, sejumlah tenant mal telah bergabung dengan Mall Festive Walk, di antaranya adalah Matahari, Cool Kids, Eprise, Optik Melawai, Les Femmes, dan MG Sport & Music.

Festive Walk dikonsep sebagai mal entertainment, Festive Walk telah menghadirkan CGV Blitz, Inul Vista, Festive Land, dan beragam wahana entertainment lainnya untuk memanjakan para pengunjung mall.

Di Festive Walk pengunjung dapat mengekspresikan diri dan menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan, sahabat, dan rekan kerja untuk menjalin komunikasi yang lebih erat.

BACA JUGA :

Wonderland Adventure Waterpark (WAW) merupakan taman rekreasi air terbesar di Karawang yang tahap pertamanya menghadirkan tiga kolam renang dengan konsep Adventure (petualangan). WAW dibangun diatas tanah seluas 3,4 Ha dengan kapasitas pengunjung sekitar 5.000 orang.

Pintu masuk WAW dibangun dengan karakter berwarna untuk mengingatkan pengunjung kepada wahana ini dengan arsitektur layaknya gerbang menuju negeri ajaib. Selain sebagai pintu masuk, pengunjung dapat mengabadikan moment berharga bersama keluarga dengan latar belakang yang berkarakter, dipenuhi ornamen negeri ajaib.

Wahana yang tersedia di yaitu wahana Gorilla Slide, Funny Pool, Sundown Amphi, Adventure River, Goa Stalaktit, Pirates Attack, Animal kingdom, Niagara waterfall dan Volcano Wave (kolam ombak).

Selain kelima mega proyek raksasa, Galu Mas juga mengerjakan proyek dan produk lainnya seperti bangunan-bangunan rukost, ruko, hunian karyawan, Taman, Pasar, Perumahan dan bangunan lainnya untuk menunjang kebutuhan serta kegiatan masyarakat galuh mas sekitarnya.

Residential Building merupakan sebuah perumahan atau hunian yang berada di kawasan Galuh Mas Karawang, berikut salah satunya :

Courtyard
River Garden
Asteria
City View
Grand Mediterania
Gardenia Park
Metropolis
MayFlower
New Victorian
Pesona Mediterania
Primrose
Victorian Residence

Selain pusat hunian atau perumahan PT. Galuh Citarum juga memiliki banyak product comercial Building yang untuk dijadikan sebagai lokasi bisnis seperti bangunan Ruko, Rukos dan bangunan pasar bersih karawang. Salah satunya sebagai berikut :

Ruko Street Festival
RUKOST
Ruko Courtyard
Ruko Grand Plaza
Ruko Arcadia
Ruko Emporium
Ruko Terraz
Ruko Primrose
Ruko Emerald Hill
Ruko Broadway
Ruko Mediterania
Ruko City Walk
Pasar Bersih Karawang
Era modern ini, Bisnis Property berpengaruh besar terhadap perkembangan dan kemajuan suatu daerah. Bisnis Property sangat dibutuhkan oleh banyak investor salah satu contoh PT. Galuh Citarum sangat berperan penting dalam mengembangkan dan membangun kemajuan infrastuktur Daerah Karawang sebagai kota industri Modern. Faktor Galuh Mas dalam membangun karawang sangat mempengaruhi kesejahteraan masperkembangan,

Demikian penulis sampaikan tulisan artikel dengan judul Di Balik Perkembangan dan kemajuan Karawang Sebagai Kota Industri Modern ada Peran Galuh Mas dalam Membangun Karawang. Artikel ini di tulis berdasarkan opini pribadi dengan riset sumber-data referensi pada media online terpercaya.

Semoga pembaca bisa mengambil kesimpulan yang telah penulis sampaikan dan mudah-mudahan bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai acuan atau referensi jurnal (karya ilmiah). Let’s share guys.

Sumber dan Data Referensi :

  • http://karawangkab.go.id/
  • http://galuhmas.com/
  • http://inapex.co.id/galuh-mas-bidik-kebutuhan-hunian-komersial-dan-gaya-hidup/
  • http://industri.bisnis.com/read/20171208/257/716412/pemerintah-tingkatkan-akselerasi-pembangunan-kota-industri-karawang
  • https://sebandung.com/2015/09/cerita-singkat-sejarah-karawang-pada-masa-kerajaan-mataram-dan-penjajahan-belanda/
  • https://www.kompasiana.com/leonardusgovinda/karawang-sebagai-kota-industri-terbesar-di-indonesia_5722fbd326b0bd9506ea06db
  • http://indonesiasatu.co/detail/grand-opening-hotel-mercure-karawang—indikator-peningkatan-pertumbuhan-ekonomi-karawang
  • http://www.cool4myeyes.com/2017/01/mercure-hotel-karawang-terbaik-di.html
  • https://www.realestate.com.au/international/id/kota-mandiri-galuh-mas-karawang-hanya-46-km-dari-jakarta-dekat-exit-tol-karawang-barat-dekat-kota-industri-karawang-timur-dekat-stasiun-kereta-cepat-bandung-jakarta-dago-soekarno-hatta-pasteur-setraduta-cibubur-bekasi-cikarang-depok-jakarta-timur-barat-utara-selatan-pusat- karawang-jawa-barat-160017854206/
  • http://canva.com/
  • http://karawangcentralplaza.co.id/
  • http://wonderlandwaterpark.com/
  • http://technomartkarawang.com/

73 KOMENTAR

  1. aku juga pernah tinggal di galuh mas nih kk, dulu tak semodern ini. sekarang ternyata sudah lengkap fasilitas dan pembangunannya ada hotel, teknomart dna sebagainya. dulu belom ada !! hmmm..

    • oiya di mananya mba, saya dulu pernah tinggal di perumahan perumnas, soalnya saya kerja di toko fotocopian di perumahan tersebut. iya megah sekarang mah.

  2. Ji sekarang galuh mas udah megah ya, hotelnya juga udah jadi. dulu pas kita tinggal di perumnas sering melewati jalan ini untuk menuju ketempat kerja. bhaha, jadi kangen gw ji…

    • tereima kasih mba,
      ini enggak pakai software ko, saya bikinnya lewat online di situs canva. cukup drag and drop edit dan setting. udah deh jadii.. hee

  3. wah galuh mas karawang ternyata sekarang udah megah ya, btw gw juga pernah tinggal di galuh nih tahun 2013 dulu, tapi belom berkembang seperti sekarang ini. salut deh gw pada perkembangannya kaarawang…

    • wah saya juga pernah tinggal di karawang sejak awal 2014, dulu masih tahap pembangunan. tapi sekarang sudah selesai dengan kemegahan galuh mas. top deh galuh mas sebagai hunian ternbaik di kota karawang.

    • Makasih mba dini, masih belajar-belajar nulis ko ini juga sambil melatih ajah ikutan lomba. infografisnya gak keren ko berlebihan ini si mba mujinya. orang buatnya juga pake canva doang. aku gak jago desain . hm

  4. iya betul sekali galuh mas yang sekarang perkembangnnya begitu pesat, karena banyak investor yang ikut andil dalam membantu. eh btw, ji kapan maen ke galuh lagi? udah lama ya kita gak jumpa.

  5. bisnis property memang bisnis yang sangat menjanjikan dari dulu juga, karena ada nya bisnis property di berbagai daerah karena selain ingin membantu mengembangkan kemajuan daerah tersebut melalui property.

    pembangunan tidak akan berjalan, jika pengelola tata ruang nya tidak mempunyai kemampuan yang baik maka kemajuan daerah pun tidak akan berjalan dengan lancar.

    Kawasan galuh mas di kelola oleh pihak profesional sehingga bisa menciptakan sebuah inovasi dalam membangun kota karawang, serta di dukung oleh banyaknya investor maka perekonomian pun meningkat.

    dari perekonomian tersebut bisa membantu perkembangan infrastuktur dan pembnagunan karawang.

    i love karawang,.

  6. ikut lomba galuh mas ya ji, keren lengkap nih artikelnya. pasti menang soalnya keren sekali artikelnya.
    sekarang dimana ji? kapan-kapan maen lah ke tempat toko uda ?

  7. Kalo ngomongin kerawang ya kota industri yg sgt maju. Perkembangannya cepat bgt. Udah byk perumahan dan pusat perbelanjaan yg gede2. Wisatanya jg keren2

  8. Menurut saya ini project yang sangat luar biasa. Memang dari sisi bisnis Karawanglah salah satu icon terbesar di Indonesia, UMKnya saja paling gede. Bagi saya Karawang itu Jepangnya Indonesia, semoga saja saya bisa menjadi salahsatu penghuni kota tersebut karena saya sangat berharap suatu saat nanti bisa tinggal di bumi pasundan seperti Karawang.

    Mega project ini bisa dibilang sangat elegan dilihat dari konsep arsitekturnya yang terlihat sangat indah seolah ini akan menjadi surga hunian di kota Karawang. Saya berharap semoga dengan fasilitas yang serba wah ini bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah, jangan sampai karena harganya yang mahal sehingga hanya orang luarlah yang bisa menikmati hunian tersebut.

    Lokasi yang sangat strategis bikin saya ngiler pengin segera lihat brosur harga hunian tersebut, mudah-mudahan bisa kejangkau harganya oleh rakyat kecil.

  9. Kemajuan karawang berbanding lurus dengan Upah di karwang, semoga gak hanya upahnya saja yang naik, tapi faktor2 kesejahteraan lainnya

  10. Semangat terus bang… Kalau boleh saran mungkin sebaiknya latar belakangnya akan lebih menarik jika warna terang. Sukses slalu ya…

    • iya bang thanks ya, wah aku sukanya gelap-gelapan bang. di anatara kegelapan tersebut ada yang menyinari dan saling menyinari. terkadang orang menjudge yang gelap itu sesuatu hal yang buruk. tapi tidak menurut saya. bhahaha simpul kan saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here