Pengalaman Pertama Ngeblog Di Wordpress

Pengalaman Pertama Ngeblog Di WordPress

Pengalaman Pertama Ngeblog Di WordPress – Apa Kabar Sobat Majelis Pena, Kali ini akan berbagi pengalaman tentang pertama kali ngeblog di wordpress. Bagaimana sih rasanya ?

Awal pertama kenal dengan blog yaitu pada saat seorang temen dunia maya yang asing banget namanya, beliau seorang penggemar audio murotal yang mana kegiatan beliau yaitu mengkoleksi audio murotal qur’an dari berbagai  Qori  nasional dan internasional.

Beliau sering share audio qur’an itu dalam berupa link download, seiring banyak peminat, pendownload yang sering kali kesusahan dalam pengunduhan audionya, beliau berinisiatif untuk memberikan jalan yang terbaik berupa sebuah satu buah DVD dibagikan secara gratis bagi mereka agar tidak kerepotan dalam pendownloadan audionya.

Sobat penasaran ingin tahu siapa temen misterius yang saya maksudkan ini, nantikan terus tulisan saya selanjutnya di majelis pena.

BACA JUGA:

Kembali ketopik awal,

Sudah tak heran sekarang dengan dunia perbloggingan, siapa sih yang tak kenal dengan blogger ? Anak SMP pun sudah pada tahu apa itu blog. Hasil survey setiap harinya banyak lahir para blogger newbe 90% dari minat mereka adalah ingin membangun sebuah blog yang berpenghasilan, munurut senior ini salah besar niat awalnya. #KeepHusnuzhon.

Baca Juga :  NAV Karaoke, Tempat Andalan Nyanyi dengan Tarif Terhemat

Mereka Memilih Platform yang populer yaitu blogger.com dan wordpress, sekitar 75% mereka memilih platform yang tersedia seacara gratis, namun di samping blog gratisan ada blog yang berbayar contohnya blog  memakai Top Level Domain (TLD), Self Hosting, Blog Builder, Onlie Shop dan kawan-kawannya.

Tapi survey membuktikan blogger newbe sudah pasti memilih blog platform gratis antar blogspoot dan wordpress.

Saya pun begitu dari awal sampai sekarang pilih blogspot, karena blogspoot itu lebih simple dashboardnya dan banyak sekali yang bisa dipelajari mulai dari edit html, widget, CSS, dan lainnya yang belom bisa sebutkan.

Dan sekarang saya memulai belajar ngeblog pakai wordpress, pertama alhasil saya sedikit kerepotan juga bingung memulai dari mana. Jauh sekali perbedaan antara blogspoot dan wordpress dalam segi tampilan, dashboard dan kawan-kawannya.

Baca Juga :  #ceritaramadanku 22

Setelah beberapa jam utak-atik, klik sana-sini dipelajari bagian Wp-admin (laman dashboard) wordpress, mulai dari Pengaturan, Laman Halaman, Laman Post dan lainnya yang ada di dashboard.

Mari Mengenal wordpress dari sekarang untuk mengoptimalkan website kita agar lebih seo dan lebih mudah digunkan tak perlu ribet, dan  tak perlu jago HTML/kode.

Apa itu WordPress

Sedikit menjelaskan tentang wordpress, Secara umum para blogger sudah mengetahui apa itu wordpress tapi tak jua nya saya akan memaparkan

WordPress merupakan salah satu platform yang mudah digunakan untuk ngeblog banyak fitur widget yang bisa diinstal, lebih SEO, Simple, praktis tidak begitu ribet untuk digunakan. [bangojinet]

BACA JUGA:

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL, PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. [wikipedia].

Kelebihan WordPress

Blogger Senior bilang wordpress lebih SEO dan mudah untuk digunakan  bila bandingkan dengan platform lain. akan tetapi jika memakai platform yang gratisan, mending platform blogspoot, dan untuk yang self hosting atau berbayar mending pakai wordpress.

Baca Juga :  Fisioterapi ke Rumah: Inilah Beberapa Masalah Kesehatan yang Bisa Disembuhkan dengan Fisioterapi

Menurut saya sih, ngeblog dimana saja dan pakai kedua platform wordpress dan blogspoot enjoy saja. Untuk saat ini saya lebih senang ngeblog via blogspot, kenapa ? karena saya lebih awal mengenal blogspot dan sudah ada keterikat-tarikan.

Dan saat ini sedang mencoba ngeblog via wordpress.

Jadi kesimpulannya wordpress memang oke . rekomendasi deh buat kalian yang mau belajar ngeblog, akan tetapi lebih asyik pakai blogspot kalian lebih banyak belajar mandiri, dalam mengatur dashboardnya. akan mengerti sedikit tentang kode atau bahasa pemprograman html. #HappyBloggeing.

About Bang Oji

Blogger | Internet Marketer Pemula | SEO Enthusiast | Hope and Ideals I want to be a young entrepreneur, professional blogging and be a motivator, inspiration, sharing knowledge and experience for friends.

7 comments

  1. Bang oji, aku lagi pengen serius belajar ngeblog nih.. (Biasanya blog cuma buat curcol).

    Kalo aku pengen bikin blog 1 lagi yg isinya satu tema, lebih prefer WordPress ato blogspot?

    Trus ada tips yg efektif dan efisien buat maintenance 2 blog tanpa ketetetan? Thankyou bang oji

    • iya, sama mba seperti saya. juga pengen serius dalam menegembangkan blog dalam 1 tema atau bahasa populer Nice.

      Mba pilih mau pakai yang gratisan atau berbayar ? saya rekomendasikan sih pakai wordpress self hosting. Sebelumnya pikirkan mateng2 terlebih dahulu tema seperti apa yang akan di pilih, setelah mateng baru deh bangun blognya.

      bagi aja dianatara keduanya, isi konten setiap sehari sekali bergantian. hari ini di blog 1, hari esok di blog 2, hari esoknya blog 1 dan seterusnya. atau mau pakai jangka seminggu sekali di blog 1 dan minggu depannya lagi di blog 2.

  2. maseko yudhistira sakazawa

    hampir sama.. gw juga pake blogspot pada awalnya.. dan kemudian tertarik untuk mencoba wordpress.. untuk tampilan, lebih banyak pilihan di WP, tapi kemudahan entry posting, enakan di blogspot. Akhirnya, gw pake blogspot untuk blog curhat/gado² dan wordpress untuk yang sedikit lebih profesional 😀

  3. Aku gaptek dengan WordPress. Padahal punya. Lebih suka Blogspot. 🙂

    • sama mba saya juga masih gaptek, gatot dalam blog wordpress,. dan saya juga lebih asyik di blogspot. dan sekarang lagi belajar ngeblog di wordpress.

    • iya niyh, aku juga lebih suka pakai blogspot, udah terlanjur nyaman mekipun kalau dipaksain pakai WP juga fin2 aja karena kemudahan di optimasi dengan berbagai plugin yg disediakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *