Media Informasi Terkini

Obat Alami Penyembuh Asam Urat

Ilustrasi asam urat, gambar via freepik.com
0 171

Asam urat adalah salah satu penyakit yang terjadi di persendihan dimana pada posisi tersebut akan terjadi pembengkakan. Pada umumnya untuk menyembuhkan penyakit ini kita harus berkonsultasi dengan dokter.

Obat alami penyembuh asam urat
Ilustrasi asam urat, gambar via freepik.com

Namun, selain berkonsultasi kepada dokter ada cara lain yang bisa kamu tempuh yakni mengonsumsi buah-buahan, buah-buahan apa yang bisa meredakan bahkan menyebuhkan asam urat? Mari kita cari tahu selengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Penyebab Terjadinya Asam Urat

Sebelum mengetahui buah-buahan yang biasa menyembuhkan asam urat. Alangkah baiknya kamu juga mengetahui penyebab dari asam urat itu sendiri, agar kamu bisa mencegah sejak dini dan bisa mengatasinya jika sewaktu-waktu sudah terdeteksi asam urat.

Menurut Wikipedia, penyebab dari penyakit  asamurat adalah akibat dari mengonsumsi purin yang berlebih. Purin itu sendiri yakni istilah menigkatkan asam urat yang berlebih, peningkatakn dari purin ini diakibatkan oleh beberapa makanan seperti udang, jamur tiram, kerang, kepiting dan beberapa makanan tinggi purin lainnya.

Baca Juga :  Pilihlah, 8 Hobi yang Harus Kamu Tekuni Agar Bisa menghasilkan Uang

Obat Alami Penyembuh Asam Urat

Setelah mengetahui penyebab dari asam urat, kita kembali pada pembahasan awal yakni obat alami penyembuh asam urat. Selain dari buah-buahan, cara efektif untuk mengatasi aram urat adalah dengan mengubah pola hidup yang lebih sehat. Konsumsi buah-buahan berikut ini untuk mengatasi asam urat :

Apel

Apel yang biasanya digunakan untuk menu diet setiap wanita, hal ini berbeda dengan masalah kesehatan lain yakni bisa menyebuhkan asam urat. Meskipun belum ada penelitian yang menunjukan bahwa apel bisa 100% menyembuhkan asam urat, namun dalam hal ini kandungan-kandungan yang terdapat pada apel jika dikonsumsi setiap hari bermanfaat untuk mengatasi aram urat.

Pisang

Obat alami penyembuh asam urat selanjutnya adalah pisang, pisang kaya akan kalium. Selain bisa mengatasi asam urat pisang juga dapat membantu jaringan serta organ tubuh berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, jangan bosan-bosan mengonsumsi pisang ya.

Lemon

Lemon kaya akan vitamin C, dimana vitamin ini dipercaya mengurangi sakit akibat asam urat. Selain itu, obat alam penyembuh asam urat ini juga mengandung kalium, kalium sendiri berfungsi untuk menjaga ginjal serta menjaga kadar pH dalam tubuh.

Baca Juga :  5 Penelitan tentang Puasa yang Perlu Anda Tahu

Jahe

Selain buah-buahan, jahe juga dipercaya menyembuhkan asam urat serta mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Studi lain juga menunjukan bahwa jahe dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Caranya pun sangat mudah, kamu hanya memerlukan satu sendok jehe bubuk atau jahe yang sudah diparut lalu rebus hingga mendidih. Setelah mendidih rendam waslap pada air rebusan jahe tersebut, lalu tempelkan waslap pada area yang terjadi asam urat, lakukan cara ini selama kurang lebih 15 menit setiap hari.

Seledri

Memiliki aroma yang sedap dan nikmat di konsumsi, ternyata seledri mempunyai manfaat lain yakni mengatasi asam urat hingga masalah kandung kemih. Beberapa penelitian menunjuhkan mengonsumsi seledri setiap hari, mampu mengurangi peradangan sendiri.

Bunga Sepatu

Banyak orang yang belum mengetahuinya, bunga yang biasanya digunakan sebagai tanama hias ini ternyata juga bisa digunakan untuk obat tradisional. Beberapa studi menunjuhkan bahwa bunga sepatu bisa menjadi solusi untuk menurunkan kada asam urat. Namun, dalam percobaan masih dilakukan pada seekor tikus.

Baca Juga :  Jenis-jenis Mobil yang Disewakan di Rental Mobil Jakarta Sembodo Rentcar

Kunyit

Kunyit mengandung kimia curcumin, curcumin sendiri mengandung sifat antiinflmasi yang mana mampu meredakan peradangan di tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 kemaren, bahwa curcumin mampu menekan protein yang disebut dengan faktor nuklir-kappa B (NF-kappa B). Protein NF-kappa B adalah salah satu zat yang bermanfaat untuk menghasilakan kondisi peradangan termasuk asam urat.

Brotowali

Menurut studi yang di terbitkan oleh Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry pada tahun 2017, mengonsumsi batang brotoli dapat mengatasi asam urat. Sebuah penelitian lain juga menunjukan bahwa brotoli memiliki efek anti-inflamasi dimana hal ini dapat mengurangi rasa sakit pada penderita asam urat.

Itulah beberapa obat alami penyembuh asam urat yang bisa kamu coba. Beberapa obat alami tersebut tentunya sangat mudah ditemukan bahkan sudah tersedia di rumah, oleh karenya manfaatkan beberapa bahan tersebut untuk mengatasi asam urat disertai dengan pola hidup yang lebih sehat.

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More