Home / Artikel / Jangan Abaikan! Sebuah Nasihat Bisa Datang Dari Mana Saja
ibu menasihati anaknya
ibu menasihati anaknya

Jangan Abaikan! Sebuah Nasihat Bisa Datang Dari Mana Saja

Tinulis ID – Sebuah nasihat, tidak harus selalu keluar lewat perkataan. Pelajaran hidup seseorang yang kamu lihat sekeliling, juga dapat merasuk dan mengetuk dalam hati, jika kamu tidak mengabaikan tentunya.

1. Orang Tua

ibu menasihati anaknya
ibu menasihati anaknya / mforum.cari.com

Bagaimanapun kamu jangan sekali-sekali menyepelekan perkataan darinya, apalagi dengan meninggikan suara kamu, jika kamu bertentangan akan nasihatnya. Percayalah, orang tua manapun pasti mengarahkan suatu hal yang terbaik untuk anaknya.

2. Saudara Kandung

kakak adik
kakak adik / www.vemale.com

Dari sini kamu bisa mencontoh saudaramu. Dari suatu hal yang baik tentunya. Dengarkan setiap cerita dari saudaramu. Entah itu kakak atau adik kamu. Itulah yang dapat mendewasakan kamu. Mungkin sebuah cerita yang kamu dengar dari saudaramu, bisa menjadi nasihat untuk kamu kelak.

3. Teman Dekat

janji persahabatan
janji persahabatan / pixabay

Sahabat atau teman dekat biasanya adalah tempat untuk menampung segala curhatan kamu. Sebuah nasihat dari sahabat sangat di butuhkan, meski sahabatmu belum bisa memberikan solusi permasalahan kamu. Tapi setidaknya ada rasa nyaman dan tenang dalam diri kamu.

Meskipun begitu, kamu jangan bersikap seolah-olah kamu adalah orang yang paling menyedihkan di dunia, ketika mengadu pada sahabatmu. Sahabat kamu lama-lama juga merasa risih dengan kamu.

4. Anak Kecil

jawaban dari seorang anak kecil
jawaban dari seorang anak kecil / howhaw.com

Jangan meremehkan seseorang yang lebih muda dari kamu. Buang semua pemikiran bahwa yang lebih muda tak dapat melakukan banyak hal dibanding yang lebih tua.
Misalnya ketika kamu sedang makan. Kamu tak akan bisa seperti anak kecil yang sangat begitu menikmati makanannya. Sementara kamu disela makan, berbicara atau sibuk dengan gadget kamu.

5. Tetangga

kehidupan bertetangga
kehidupan bertetangga / kompasiana.com

Ketika kamu dalam kesusahan atau pun tertimpa suatu musibah, orang terdekat sekitar kamulah yang memberikan bantuan. Tetangga adalah saudara terdekat, meski tak ada hubungan darah.

6. Orang Yang Kamu Benci

anak kecil yang terlihat kesal
anak kecil yang terlihat kesal / health.detik.com

Bahkan dari orang yang kamu benci, kamu bisa mengambil sebuah nasihat darinya. Namun ingat, jangan terlalu benci terhadap orangnya. Namun, bencilah terhadap tingkah lakunya. Bahwa setiap orang pasti memiliki keinginan untuk berubah menjadi lebih baik.

7. Orang Yang Mungkin Membenci Kamu

Seorang yang dikucilkan
Seorang yang dikucilkan / dreamstop.com

“Orang yang membenci kita, sebenarnya adalah seorang yang sangat memperhatikan kita. Karena semakin benci kepada kita, orang itu justru memikirkan kita.” Penggalan kata dari BJ. Habibie.
Meskipun kamu tidak mengerti sama sekali mengapa orang tersebut membenci kamu. Tapi ambilah sebuah nasihat darinya. Daripada kamu sibuk memikirkan, dan harus berbuat apa terhadap orang yang membenci kamu, lebih baik memikirkan suatu hal yang berguna dan bermanfaat.

8. Seseorang Yang Terbiasa Di Pinggir Jalan

anak jalanan
anak jalanan / kreatifonline.com

Banyak dari sebagian kita yang dapat dikatakan masih kurang beruntung. Tinggal di kolong jembatan, bernaung di pinggiran kota tanpa atap, tak beralas kaki, sandang dan pangan seadanya. Itulah sebuah nasihat yang harus kamu syukuri dalam hidupmu.

9. Seseorang Dari Dalam Layar Kaca

musisi terkenal
musisi terkenal / pixabay.com

Banyak sekali pelajaran hidup yang dapat kamu ambil dari profesi ini. Ya, dari seorang artis tentunya. Dalam kehidupan mereka kamu bisa mengambil dari sisi positif atau pun negatifnya. Kamu mungkin lebih banyak mengetahui, apalagi salah satu dari mereka mungkin menjadi idola kamu.

10. Guru

belajar di sekolah
belajar di sekolah / pixabay.com

Pahlawan tanpa tanda jasa, sangat melekat dengannya. Jasa yang sudah mereka berikan tak terhitung jumlahnya. Dirimu yang sekarang, pasti akan lebih mengerti. Tentang pelajaran yang diberikan mereka pada kamu, atau pun hal lain yang dapat menjadikan kamu seperti sekarang ini.

Ingat, sebuah nasihat bisa datang dari mana saja. Kamu mungkin pernah menemui hal lain yang bisa kamu jadikan pelajaran?

About Arif Rahmanto

Check Also

Berita Terkini Mengenai Harga Sembako Menjelang Puasa

Berita Terkini Mengenai Harga Sembako Menjelang Puasa

Tinulis ID – Puasa merupakan ibadah menahan lapar, haus, dan juga hawa nafsu yang dilaksanakan …

2 comments

  1. Im thankful for the article.Really looking forward to read more. Will read on…

  2. cours de theatre paris

    Im thankful for the post.Thanks Again. Really Cool.