Gaya Hidup

Mobil Bau Apek Tak Karuan? Cara Ini Ampuh Banget untuk Menghilangkannya

Mobil Bau Apek Tak Karuan? Cara Ini Ampuh Banget untuk Menghilangkannya – Aroma menyengat dalam kabin mobil bisa karena beragam penyebab. Semua penyebab bisa dihilangkan seketika secara alami dengan berbagai cara yang akan diulas di sini.

cara menghilangkan bau mobil

Aroma menyengat yang terdapat dalam mobil biasanya disebabkan berbagai faktor, makanya perlu dicari dulu sumber asal sebelum melalukan langkah pencegahan atau penghilangan. Penyebab paling umum bau mobil adalah kain lembab dan kotor, sisi makanan yang terselip atau tercecer, sisa asap rokok serta bau plastik mobil baru.

Penyebab Aroma Menyengat Di Mobil

Sebelum mengulas pembahasan detail mengenai langkah penghilangan bau apek/menyengat dalam mobil, ada baiknya kita ulas lebih detail mengenai penyebab-penyebab bau tersebut.

1. Sisa makanan

Sisa makanan yang tercecer di lantai atau terselip di jok mobil dapat memancing bakteri tumbuh. Jika dibiarkan maka akan timbul pembusukan yang menimbulkan bau tak sedap.

2. Asap rokok

Asap rokok juga menjadi penyebab utama karena residu atau sisa pada asap akan menempel di plafon dan tahan lama aromanya. Penumpang mobil akan tetap merasakan aroma rokok meskipun sudah tak ada yang merokok. Jika Anda adalah antibau asap rokok dan membeli mobil bekas, maka tanyakan dulu pemilik mobil.

3. Bau mobil baru

Jika Anda membeli mobil baru tentu akan merasakan aroma tak biasa mulai dari karpet, plastik cover jok, polesan interior, kulit jok atau kulit jok yang semuanya terbilang masih baru. Tak sedikit orang yang tidak suka dengan bau khas ini. Sebenarnya asal sumbernya itu semua berasal dari bahan kimia karbon.

4. Kain lembab

Bau menyengat yang juga sering muncul berasal dari kain basah yang kemudian jadi lembab. Misal sepatu atau kaos kaki yang terkena air hujan atau minuman.

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Tidak Sedap Dalam Mobil

Setelah tahu berbagai penyebab bau tak sedap di dalam mobil, nah ini dia cara-cara yang dapat Anda tempuh.

1. Buka semua sirkulasi udara melalui jendela mobil

Cara ini agar ada udara segar baru yang masuk dan udara pengap yang ada di mobil keluar. Anda bisa membuka jendela ketika mobil berjalan di area yang bersih. Jika ingin pakai AC, pilih fitur yang memiliki kemampuan untuk menyerap udara luar, bukan sebatas merolling/memutar bolak balik udara dalam mobil.

2. Jemur mobil dengan sinar matahari

Panas matahari ampuh banget untuk menghilangkan aroma menyengat terutama aroma kimia pada mobil baru. Buka semua pintu dan jendela lalu biarkan selama 30 menit dibawah sinar matahari. Jika jok terasa lebih basah karena kemasukan air hujan, maka bisa dijemur lebih lama.

3. Pasang parfum pengharum

Banyak parfum pengharum yang bisa Anda coba, bisa dari bahan jeruk lemon atau apel. Boleh menggunakan versi yang padat atau cair, tetapi yang dirasa lebih praktis dalam bentuk cair melalui spray. Yang lagi hits saat ini adalah parfum mobil aroma kopi dengan aromanya yang lebih kalem. Kopi dipercaya ampuh mentralisir bau apek yang menyengat, rokok dan karet mobil. Disamping itu parfum kopi juga dapat merilekskan pikiran dan meningkatkan energi sehingga semangat dalam mengemudi.

4. Gunakan alat penyedot debu

Terkadang Anda sudah melakukan cara-cara sebelumnya, tetapi masih terlintas di hidung sedikit bau apek. Coba periksa kembali di sudut-sudut sempit, barangkali ada kotoran yang masih ada. Jika iya, coba pakai penyedot debu ke bagian-bagian sudut yang sempit dan susah dijangkau tangan.

Demikian beberapa cara menghilangkan bau mobil yang bisa Anda lakukan. Usahakan juga untuk rutin membersihkan mobil supaya Anda dan penumpang betah di dalam. Selamat mencoba.

Mobil Bau Apek Tak Karuan? Cara Ini Ampuh Banget untuk Menghilangkannya

Mobil Bau Apek Tak Karuan? Cara Ini Ampuh Banget untuk Menghilangkannya - Aroma menyengat dalam kabin mobil bisa karena beragam penyebab. Semua penyebab bi

Editor's Rating:

Post Comment