Home | Artikel | Menjadi Sukarelawan, Kenapa Tidak?

Menjadi Sukarelawan, Kenapa Tidak?

Tinulis ID – Dewasa ini banyak komunitas atau pun gerakan non profit yang mulai menjamur di berbagai daerah. Dari skala terkecil hingga yang paling besar. Para pegiat yang berkecimpung didalamnya biasa disebut sukarelawan. Menjadi sukarelawan tidak harus berjiwa muda, yang tua pun bisa jadi aktif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sukarelawan memiliki arti orang yang melakukan sesuatu secara sukarela (karena tidak diwajibkan dan tidak dipaksa).

Tidak sedikit yang berpikir bahwa menjadi sukarelawan hanya buang-buang waktu, rugi dan sia-sia. Hal itu disebabkan karena mereka telah fokus pada paradigma yang mengatakan bahwa menjadi sukarelawan tidak mendapatkan bayaran materi.

Apakah bayaran harus berupa materi? Tidak kan? Karena apabila mau menelisik lebih jauh bagaimana menjadi sukarelawan, maka banyak hal yang didapat tak ternilai harganya. Lantas apa saja manfaat menjadi sukarelawan? Ini dia:

Arsip Pribadi Kelas Inspirasi Lamongan

1. Menambah Relasi

Ketika masuk dalam sebuah perkumpulan atau mengikuti kegiatan baru, otomatis akan menambah daftar kenalan baru. Dan siapa tahu, salah satu diantaranya adalah takdirmu yang dikirim Tuhan.

2. Menambah Wawasan

Bertemu orang-orang baru dengan berbagai macam latar belakang profesi, secara tak langsung akan menambah pengetahuan atas sebuah ilmu baru. Bahan obrolan dan bertukar pikiran pun jadi makin luas.

3. Bahagia

Percaya atau tidak, berkumpul bersama orang-orang yang memiliki tujuan sama akan membuatmu bahagia. Apalagi jika ditambah dengan lingkungan baru yang jauh dari rutinitas kerja, dijamin akan mengurangi rasa jenuh dan menambah semangat.

4. Meningkatkan Rasa Peduli

Serigkali ketika seseorang jenuh pada keadaan, mereka lupa bahwa masih banyak orang-orang dengan keadaan lebih sulit dibandingkan dirinya. Dengan menjadi sukarelawan, perlahan mata hati terbuka dan rasa peduli muncul dengan sendirinya.

Selain beberapa manfaat yang disebutkan, berikut beberapa testimoni dari beberapa sukarelawan:

” suka aja jadi bermanfaat. Timbul rasa bahagia melihat senyum orang lain.” ( Indra Andrias, Sukarelawan Kelas Inspirasi)

” makin banyak bersyukur dan saling menginspirasi.” ( Zainal Fadholi, Sukarelawan RUBI)

” menjadi sukarelawan adalah hal menyenangkan, bisa turut serta berbagi kebahagiaan dan keceriaan kepada masyarakat daerah yang kita kunjungi, rasanya memacu tantangan bagi kita untuk tetap fokus dalam hal penyebaran kegiatan positif yang terstruktur, maju dan inovatif.”( Albert Dillon, Sukarelawan 1000 Guru)

Nah, masih enggan untuk menjadi sukarelawan? Yuk dicoba dulu!

About Cemara Karenina

Pluviophile yang jatuh hati pada rusa tanduk merah.