Home | Fakta Menulis | [Ulasan] Menguangkan Ide Kaya dari Menulis Artikel

[Ulasan] Menguangkan Ide Kaya dari Menulis Artikel

Tinulis ID – Menulis dengan mendapatkan uang dewasa ini sudah menjadi tumpuan besar bagi yang kerjanya sebagai penulis atau yang suka dengan dunia tulis menulis.
Menulis sudah tidak dapat dipisahkan bila berbicara masalah materi atau profit yang menguntungkan. Banyak senior yang mengatakan bahwa menulis juga bisa mendatangkan uang. Berbeda dengan pemikiran dahulu bahwa nulis itu tidak akan mendatang pemasukan yang tak berarti.
Ternyata hal itu terbantahkan. Dengan makin butuhnya dunia media dalam perkara naskah-naskah yang akan dipublikasikan di media.
Ada seorang teman bertanya “Kak ada info lowongan menulis ngga?”
Hal seperti itu bukti menulis juga menjadi sesuatu yang menghasilkan.
Dan ini penulis memaparkan buku “Menguangkan Ide dengan Menulis Artikel”
Didalam buku ini disebutkan pengertian artikel, fungsi-fungsi, jenis-jenis artikel, syarat penulis artikel. Sehingga pemula atau yang belum tahu cara menulis artikel yang baik buku ini memang cocok buat menjadi pembelajaran dan contoh yang tepat.
BAB 1
Dalam bab 1 menjelaskan bahwa siapa saja bisa menjadi penulis. Untuk menjadi tidak diperlukan bakat khusus, tapi belajar dan latihan yang berkesimbungan.
Memahami etika yang masih berhubungan dengan dunia menulis adalah mutlak. Dalam berbagai bentuk profesi pasti ada etikanya : dokter ada etikanya, guru juga ada.
BAB 2
Membahas tentang pengertian, fungsi, jenis, cirri khas dan syarat menjadi penulis artikel. Jadi dengan memahami bab ini tentu kita sudah tahu gambaran dunia artikel dan seluk beluk dunia artikel.
BAB 3
Disini membahas cara dan syarat mengirimkan artikel, tentu setelah mengenal yang telah dipaparkan di BAB 2 tadi maka di BAB berikutnya membahas bagaimana caranya mengirim artikel ke media.
Setelah cara membuat dilanjutkan ke syarat mengirimkan artikel ke media media yang membutuhkan dari karya tulis kita agar dipublikasikan di media massa maupun media elektronik yang kini makin bertebaran.
BAB 4
Menjelaskan cara membuat kerangka artikel secara sederhana sehingga buat pemula bisa praktek setelah membaca buku ini. Terus membuat judul yang OK hingga membuat lead yang menarik buat artikel yang akan kita publikasikan ke media dan bagaimana membuat isi artikel yang menarik hingga membuat penutup artikel yang baik pula.
BAB 5
Disini menjelaskan peluang peluang yang tentu sangat berharga yang tidak akan dilupakan oleh penulis bila berhasil naskahnya bisa masuk Koran, majalah hingga media online kenamaan.
Ada juga hambatan menulis artikel. Seperti yang kita tahu, bahwa setiap penulis pasti membutuhkan banyak referensi untuk bahan tulisannya sehingga membaca adalah sesuatu yang sangat urgent buat penulis. Tidak peka terhadap yang actual akhir akhir ini juga menjadi hambatan buat yang sedang menggarap artikel sehingga kadang menulisnya tidak selesai selesai.
Ketatnya persaingan dengan penulis artikel lain yang lebih bagus dari kita juga menjadi salah satu kendala terbesar sehingga tidak lolos publikasi media.
Tidak jeli melihat karaketer, visi dan misi media. Pasti setiap media punya prinsip yang berbeda beda sehingga tidak semua artikel yang kita tulis masuk ke media yang harapkam. Minimal tahu apa maunya media yang bersangkutan.
Dan terakhir hidup sukses dari menulis artikel dijelaskan pada sesi akhir buku ini.
Kekurangan buku
Kertasnya warna putih seperti HVS tidak seperti buku buku novel yang warnanya kekuningan sehingga enak dibaca. Font yang disebutkan dalam buku menggunakan times new roman.
Penutup
Semoga review buku ini bermanfaat buat Anda yang sedang proses belajar membuat artikel yang bisa tembus media massa.
 
Judul buku
Penulis
Editor
Penerbit
Cetakan
Jumlah halaman
Jumlah Bab
Ukuran Buku
Harga
Tahun Terbit
ISBN
Jenis                  
: Menguangkan Ide Kaya dari Menulis Artikel
: Sudaryanto
: M. Solahudin
: Leutika
: ke-1
: xiv + 154
: 5 BAB + 4 Lampiran
: 14,5 x 21 cm
: –
: Maret 2010
: 9786028597197
: Panduan/Populer
…………………………………………………………………………………………………………………………………
Created By
Mukhofas Al-Fikri pemilik http://www.BauBlogging.com | Inspirator Blogger, Lifestyle Blogger, Strategi Marketing,  Content Writer, Content Marketing, Founder Blogger Aktif Menulis, and Consulting Blogging Freelance.

About Neng Ryh

2 comments

  1. Bukunya berapa harganya bang? Bisa di beli dimana?
    Sy lagi belajar bikin blog nih, diintip juga ya benbasite.wordpress.com

    Tks

  2. bisa di tanyakan ke mas Mukhofas Al-Fikri pemilik http://www.BauBlogging. com