Media Informasi Terkini

Mengenal Bunga Deposito Pada Bank, Jenis dan Cara Menghitung Bunganya

bunga deposito pada bank
0 2

Mengenal Bunga Deposito Pada Bank, Jenis dan Cara Menghitung Bunganya – Bіlа kаlіаn tidak mеmіlіkі uѕаhа ѕаmріngаn аtаu tаmbаhаn арарun, mаkа dероѕіtо bіѕа menjadi sebuah аndаlаn untuk mеmреrоlеh реnghаѕіlаn tambahan setiap bulаnnуа dаrі bungа dероѕіtо  уаng dіtаwаrkаn. Sереrtі yang tеlаh kita ketahui, jіkа dероѕіtо memiliki bеbеrара jеnіѕ produk уаng bеrbеdа bаіk dаrі ѕіѕtеm maupun juga cara mеlаkukаnnуа.

Bаgі para ibu rumаh tаnggа, рrоduk ѕіmраnаn bеruра dероѕіtо іnі ѕеrіng kali menjadi аltеrnаtіf tabungan уаng іdеаl. Kаrеnа bunga deposito pada bank mеmіlіkі jangka waktu, sаmа hаlnуа ѕереrtі tаbungаn. Hal уаng ѕеrіng mеnjаdі реrtіmbаngаn untuk memilih рrоduk dероѕіtо аdаlаh bungа уаng ditawarkan deposito lеbіh tіnggі dаrі раdа tаbungаn biasa.

bunga deposito pada bank
bunga deposito pada bank

Apa sih itu deposito? Ini yang perlu kamu tahu

Secara pengertian, deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Apabila dana yang disimpan diambil sebelum waktunya, maka siap-siap lah untuk terkena denda penalti. Menariknya lagi, semakin besar dan semakin lama Kamu menyimpan dana dalam bentuk deposito, maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan.

Baca Juga :  Cloud Hosting Terbaik Untuk Website Personal dan Perusahaan

Selain berfungsi sebagai tabungan berjangka, manfaat lain dari deposito yaitu sebagai salah satu produk investasi yang paling menguntungkan. Meski diperuntukan sebagai produk simpanan, ada perbedaan mendasar antara deposito dan tabungan. Perbedaan yang paling jelas adalah, bunga deposito lebih besar daripada bunga tabungan bank.

Kemudian, dari segi waktu penyimpanan, deposito dan tabungan juga berbeda. Dana deposito bisa ditarik kalau jangka waktu atau tenor penyimpanannya selesai. Sementara tabungan, tidak punya tenor penyimpanan. Dengan kata lain, kamu bisa kapan aja ambil dana tabunganmu. Jadi, deposito merupakan produk simpanan bank dengan bunga di atas tabungan dan boleh diambil setelah jangka waktu tertentu.

Mengutip pendapat dari PT Bursa Efek Indonesia, Selasa (5/5/2015), bahwa ternyata produk investasi berupa deposito memiliki rerata keuntungan yang relatif stabil dibanding produk lainnya seperti saham, emas dan obligasi pemerintah.

Bahkan, sampai 20 April 2015 ini, produk deposito menduduki rerata keuntungan nomor dua terbesar setelah saham, yaitu dengan persentase 7,21% dengan imbal hasil dari deposito adalah rata-rata bunga deposito 1 bulan.

Artinya, peluang untuk berinvestasi berupa deposito masih memiliki peluang yang bagus dari tahun ke tahun. Selain itu, deposito juga memberikan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan, misalnya, investasi saham. Meskipun memang, dalam hal investasi dikenal prinsip ‘high risk high return’, di mana risiko yang lebih tinggi akan menghasilkan keuntungan yang juga lebih tinggi.

Baca Juga :  Untung Rugi Pinjaman Online dan KTA

Jenis Deposito yang Beragam

Deposito pun memiliki beragam jenis. Jenis-jenis deposito antara lain:

  1. Deposito Berjangka: jenis deposito yang paling sering digunakan, dan hanya bisa ditarik setelah tanggal jatuh tempo yang sudah pernah ditetapkan.
  2. Sertifikat Deposito: deposito jenis ini juga ditetapkan berdasarkan jangka waktu antara 3, 6, hingga 12 bulan, hanya saja disertai dengan sertifikat. Sertifikat tersebut bisa digunakan untuk dijual/dipindahtangankan kepada piihak lain
  3. Deposito On Call: berbeda dengan jenis deposito yang lain, deposito ini umumnya jauh lebih singkat jangka waktunya yakni tujuh hari hingga kurang dan paling lama tidak sampai sebulan.

Cara menghitung bunga deposito

Menghitung bunga deposito saat ini memang tidak sulit, karena ada kalkulator deposito. Namun, tidak ada salahnya buat kamu mengetahui gimana cara menghitung bunga deposito. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah, komponen-komponen yang terdapat di deposito yang nantinya diperhitungkan. Dari komponen-komponen tersebut, maka diperoleh rumus bunga deposito:

Baca Juga :  Makin Gerak, Maka Makin Sehat

Bunga x Dana Pokok Deposito x 30 hari x 80% (pajak) : 365 (hari)

Agar lebih jelas, simak perhitungannya berikut ini:

Misalnya aja bunga deposito di Bank CBA sebesar enam persen buat tenor tiga bulan. Sementara dana yang didepositokan sebesar Rp 100 juta. Itu berarti besar bunga depositonya adalah:

(6% x Rp 100.000.000 x 30 hari x 80 persen) : 365 hari

Bunga deposito: Rp 394.520 per bulannya. Dari sini terlihat jelas, bunga deposito yang diperoleh makin besar kalau dana yang didepositokan juga besar.

Demikian artikel dengan judul Mengenal Bunga Deposito Pada Bank, Jenis dan Cara Menghitung Bunganya, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca khususunya sebagai referensi.

Mengenal Bunga Deposito Pada Bank, Jenis dan Cara Menghitung Bunganya
Mengenal Bunga Deposito Pada Bank, Jenis dan Cara Menghitung Bunganya

Mengenal Bunga Deposito Pada Bank, Jenis dan Cara Menghitung Bunganya - Bіlа kаlіаn tidak mеmіlіkі uѕаhа ѕаmріngаn аtаu tаmbаhаn арарun, mаkа dероѕіtо bіѕа menjadi sebuah аndаlаn untuk mеmреrоlеh реnghаѕіlаn tambahan setiap bulаnnуа dаrі bungа dероѕіtо  уаng dіtаwаrkаn. Sереrtі yang tеlаh kita ketahui, jіkа dероѕіtо memiliki bеbеrара jеnіѕ produk уаng bеrbеdа bаіk dаrі ѕіѕtеm maupun juga cara mеlаkukаnnуа.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More