Media Informasi Terkini

Tips Penting Mengatur Keuangan Saat New Normal di Era Pandemi

0 101

Tips Penting Mengatur Keuangan Saat New Normal di Era Pandemi – Selain protokol kesehatan yang harus diperhatikan, di tengah Pandemi Covid-19  ini Kamu harus bisa mengatur dan memperhatikan kondisi keuangan lebih ekstra supaya pengeluaran serta keuanganmu tidak menjadi minus lebih banyak. Mengelola keuangan saat pandemi saat ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi beberapa masyarakat karena membutuhkan satu cara yang berbeda dari yang seperti biasanya.

Dikutip dari laman tirto.id, pada masa-masa pandemi ini, masyarakat Indonesia lebih cenderung berhati-hati dalam mengatur kondisi keuangan dan memilih untuk lebih banyak menyisihkan pendapatannya untuk ditabung sebagai dana darurat.

Disebutkan pada Data Bank Indonesia menunjukkan, pada Maret bulan rata-rata porsi pendapatan masyarakat yang digunakan untuk konsumsi yaitu sebesar 69 persen. Turun dibandingkan bulan Februari yaitu 69,2 persen. Sementara porsi pendapatan yang disisihkan untuk menabung naik dari 18,1 persen menjadi 18,6 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa secara umum masyarakat sudah mengurangi biaya untuk berbelanja dan memilih untuk menabung. Di satu sisi lain, melalui pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No 1 tahun 2020 menjadi Undang-Undang, LPS diberikan beberapa wewenang tambahan dalam menjaga stabilitas sistem dan kesehatan keuangan serta menjamin tabungan milik masyarakat yang disimpan di perbankan akan tetap aman meski di tengah pandemi virus corona.

Tips Penting Mengatur Keuangan Saat New Normal di Era Pandemi

6 Tips Penting Mengatur Keuangan Saat New Normal di Era Pandemi

Kemampuan untuk beradaptasi menjadi kunci kesuksesan di era New Normal. Tidak hanya beradaptasi dari sisi kesehatan dan kebersihan saja, melainkan Kamu juga dapat melakukan adaptasi dalam mengatur kondisi keuangan. Berikut ini beberapa tips penting yang membantu kamu mengurangi resiko dan agar kesehatan keuanganmu agar tetap stabil, yaitu :

Baca Juga :  Tips dan Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

1. Melihat Kondisi Keuangan Saat Ini dengan Baik

Sebelum memulai cara atau tips untuk mengatur keuangan, pentingnya untuk mengetahui terlebih dulu kondisi keuangan yang kamu miliki saat ini. Apakah keuangannya dalam keadaan aman atau cenderung terancam. Jika dalam keadaan terancam, ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya keuangan Kamu kembali normal. seperti, mengurangi pengeluaran atau menjual sebagian dari aset.

Mengenal dan melihat kondisi keuangan saat ini sangatlah penting, supaya dapat membuat perkiraan serta perencanaan mengenai keberlangsunagn keuangan dan apa yang harus dilakukan kedepannya.

2. Mengurangi Pembelian yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Untuk kategori pembelian ini bisa berupa apa saja, mulai dari barang-barang yang dipakai sehari-hari sampai dengan bahan makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari. Jika misalnya menghabiskan sekitar Rp500rb untuk kebutuhan seperti peralatan mandi. Lebih baik dikurangi menjadi Rp300rb dengan dengan begitu kondisi keuangan akan membaik.

3. Usahakan untuk Berhemat dalam belanja kebutuhan sehari-hari

Hemat Pangkal Kaya merupakan jawaban dalam menghadapi era New Normal saat pandemic  ini. Gaya hidup saat pandemi COVID-19 haruslah berbeda dengan gaya hidup sebelumnya. Sebelum pandemi, kita lebih leluasa berbelanja ini itu karena kondisi finansial yang stabil. Namun, pada saat pandemic setiap pengeluaran harus benar-benar dinilai terlebih dahulu penting atau tidaknya. Ingat, dengan berhemat dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk dana darurat.

Baca Juga :  Hidup Sehat Bersama Mitra Keluarga Bekasi Timur

4. Cari Penghasilan Tambahan Bila Perlu

Walaupun sudah memasuki new normal, tidak ada yang bisa menjamin semua akan kembali stabil seperti biasanya. Terutama bagi kamu yang bekerja di perusahaan yang terkena dampak terparah dari covid-19, harus tetap selalu waspada dan berjaga-jaga terutama soal kondisi keuangan demi mempersiapkan diri terhadap kemungkinan

5. Evaluasi Jumlah Pemasukan

Setiap ada pengeluaran baru, hal utama yang harus dilakukan adalah mengevaluasi pemasukan. Apakah pemasukan cukup untuk menutupi kebutuhan lama dan baru atau ada beberapa kebutuhan yang harus ditutupi untuk bisa memenuhi kebutuhan baru yang lebih penting.

Biasanya, untuk yang bergaji masih pas-pasan menutup beberapa pos pengeluaran seperti tabungan untuk jalan-jalan atau liburan mau tidak mau harus di tutup dulu untuk bisa memenuhi kebutuhan yang lain.

6. Pentingya Dana Darurat untuk Keadaan Krisis

Di masa yang mengkhawatirkan saat ini, kita harus membuang jauh perilaku konsumtif dan lebih banyak mengalokasikan uang yang ada untuk di tabung dan atau disimpan sebagai dana darurat. Mengingat risiko minim keuangan, usaha sepi bahkan sampai bangkrut memiliki risiko yang cukup tinggi dimusim pandemi ini.

Harus pintar-pintar dalam menyisishkan sedikit dana atau uang sebagai dana darurat ketika akan dibutuhkan dikemudian hari.

Mengenal Tunaiku, Sebagai solusi Dana Pinjaman Online Terpercaya

Mengenal Tunaiku, Sebagai solusi Dana Pinjaman Online TerpercayaTunaiku merupakan salah satu situs perusahan pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku merupakan salah satu produk Amar Bank, salah satu Perusahaan finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi sejak lama dari tahun 1991. Selain di bawah naungan bank resmi. Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya.

Baca Juga :  Streaming Youtube Lancar dan Tanpa Batas dengan Advan S50 4G Unlimited

Dengan visi dan misi Tunaiku untuk memberikan layanan kredit tanpa agunan yang mudah, aman, terpercaya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tidak hanya ingin, tapi juga butuh dana cepat tanpa jaminan langsung cair untuk memenuhi kebutuhan mendesak untuk pinjaman modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan hingga biaya kesehatan yang tak terduga.

Apa yang membedakan kerbedaan Tunaiku dengan situs fintech pinjaman online lain yang ada di Indonesia? Yaitu ada 2 hal penting yang harus diketahui dari segi keamanan dan fleksibilitas. Berbeda dengan situs fintech biasanya, Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi karena Tunaiku berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data nasabah-nasabahnya.

Demikian, Nah itulah artikel yang bisa penulis sampaikan dengan judul “Tips Penting Mengatur Keuangan Saat Pandemi Covid-19”, semoga tulisan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan pembaca setia webtinulis, serta bisa di aplikasikan dalam kehidupan ditengah pandemi sekarang ini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More