Bisnis Gaya Hidup

Mengajukan Klaim Dengan Bantuan Broker Asuransi

Mengajukan Klaim Dengan Bantuan Broker Asuransi – Perusahaan broker asuransi seringkali menjadi pilihan bagi pelaku bisnis yang ingin membeli produk asuransi yang sesuai dengan profil risko bisnis mereka dimana dibutuhkan konsultasi dengan broker untuk mengidentifikasi risiko sebelum menentukan jenis asuransi.

Ketika sudah memiliki asuransi dan kemudian risiko terjadi, maka klien (nasabah) dapat mengajukan klaim atas manfaat polis asuransi yang dibeli. Sebelum mengajukan klaim, sebaiknya cermati dulu beberapa langkah dan ketentuan klaim jika ingin dibantu melalui broker asuransi. Berikut adalah beberapa ketentuannya menurut Peraturan OJK No 70 tahun 2016 pasal 9:

  • Broker asuransi akan membantu klien (nasabah atau pemegang polis) sebagai tertanggung dengan memberikan informasi persyaratan dan dokumen kelengkapan pengajuan klaim terhadap perusahaan asuransi.
  • Broker asuransi akan memberitahukan perusahaan asuransi atas pengajuan klaim dari klien selambatnya satu hari setelah berkas kelengkapan klaim diterima oleh broker.
  • Broker asuransi akan memberikan tanggapan atas pemberitahuan klaim dan menginformasikan kepada klien tentang dokumen pendukung jika dibutuhkan selambatnya tiga hari kerja sejak pemberitahuan klaim diterima oleh broker asuransi.
  • Broker asuransi akan memberikan dokumen pendukung dari klien kepada perusahaan asuransi selambatnya satu hari kerja sejak dokumen diterima oleh broker asuransi.
  • Broker asuransi akan memberitahukan kepada klien mengenai perkembangan status klaim asuransi terkini yang sudah diajukan.
  • Broker asuransi akan menginformasikan besaran nilai klaim ataupun manfaat yang disetujui oleh perusahaan asuransi (penanggung).
  • Broker asuransi tidak boleh memberikan janji apakah klaim akan terpenuhi atau tidak.

Selain beberapa langkah di atas, ada beberapa hal yang menjadi tanggung jawab broker asuransi selama membantu proses klaim oleh klien, yaitu broker asuransi akan mendampingi klien selama proses klaim berlangsung; dan juga bertanggung jawab untuk memastikan kejelasan, kelengkapan dan keakuratan laporan penilaian ganti rugi asuransi berdasarkan data dan informasi yang didapat berdasarkan pedoman profesi yang berlaku.

Selain itu, broker asuransi terbaik juga dapat mengajukan pertemuan dengan klien dan perusahaan asuransi, serta perusahaan penilai kerugian (loss adjuster company) jika diperlukan terkait status, proses, dan keputusan nilai klaim yang diberikan perusahaan asuransi,.

Jadi, bila ada pengaduan dari klien (tertanggung), menurut Peraturan OJK No 70 Tahun 2016 Pasal 25, broker asuransi harus menanganinya dalam jangka waktu paling lama dua puluh hari kerja setelah tanggal penerimaan aduan tersebut diterima. Hal tersebut tentu saja berkaitan dengan fungsi broker asuransi sebagai jembatan antara klien dengan perusahaan asuransi.

Banyak manfaat ekstra dan berbagai kemudahan yang akan dirasakan klien (nasabah) dalam menggunakan broker asuransi dari identifikasi risiko, pemilihan produk asuransi, proses pembuatan polis hingga pengajuan klaim asuransi.

Mengajukan Klaim Dengan Bantuan Broker Asuransi

Mengajukan Klaim Dengan Bantuan Broker Asuransi - Perusahaan broker asuransi seringkali menjadi pilihan bagi pelaku bisnis yang ingin membeli produk asuran

Editor's Rating:

Post Comment