Gaya Hidup

Tips Memilih Pinjaman KTA yang Aman untuk Kebutuhan Modal Usaha

Tips Memilih Pinjaman KTA yang Aman untuk Kebutuhan Modal Usaha – Kebutuhan manusia akan uang tunai makin tak bisa dipungkiri. Apalagi di zaman sekarang di mana harga-harga kebutuhan semakin naik dari hari ke hari. Seiring perkembangan zaman, meminjam uang terasa semakin mudah. Syarat-syaratnya dapat dipenuhi dalam waktu cepat. Sebagai contoh adalah produk KTA yang disediakan hampir semua bank dan bagaimana kita Memilih Pinjaman KTA yang Aman, itu yang perlu kita ketahui agar tidak salah memilih KTA yang bagus.

Kini, meminjam uang bahkan tidak hanya dapat dilakukan di bank saja. Berkembangnya teknologi membuat pinjaman dana dapat dilakukan secara online. Bahkan, pinjaman uang cepat online ini terbilang sudah menjamur dan dapat ditemukan dengan mudah. Persyaratannya pun sangat mudah, yaitu hanya KTP saja.

KTA ialah Kredit Tanpa Agunan di mana kita bisa meminjam sejumlah dana tanpa memberikan barang jaminan apapun. Padahal, awalnya untuk meminjam uang di bank akan dibutuhkan barang jaminan, baik surat-surat berharga ataupun kendaraan. Jika tidak dapat melunasi pinjaman di waktu yang telah ditetapkan atau saat jatuh tempo, maka barang jaminan tersebut akan disita.

Ini jelas berbeda dari prosedur peminjaman uang di perbankan yang mensyaratkan aneka dokumen. Bukan hanya KTP namun juga slip gaji, mutasi rekening tabungan dan lain-lain. Wajar jika banyak orang kepincut dengan pinjaman online ini dan tertarik untuk mencobanya. Namun, pinjaman online ini juga memiliki untung rugi yang harus kita perhatikan sebelum mengajukan pinjaman.

Bagaimana, Memilih Pinjaman KTA yang AMAN ?

Mengajukan pinjaman KTA tetap harus berhati-hati walau persyaratannya mudah. Banyak konsekuensi yang harus kita tanggung. Beberapa hal yang wajib dipertimbangkan di antaranya adalah bunga, plafon serta tenor pinjaman. Pinjaman yang didapat dengan modal KTP ini umumnya akan menyediakan plafon kecil, yaitu hanya berkisar di angka Rp1 hingga Rp3 juta saja.

Pinjaman online juga kerap menerapkan biaya layanan guna menggantikan bunga. Sebab, dana pinjaman harus dikembalikan utuh saat jatuh tempo. Waktu jatuh temponya juga cukup singkat, yaitu 30 hari saja. Jelas, pinjaman online adalah fasilitas bagi mereka yang butuh dana kecil tanpa mau ribet akan persyaratan segunung serta yakin akan dapat mengembalikannya dalam waktu singkat.

Nah jika kamu memilih KTA untuk kebutuhan Modal usaha, inilah yang harus kamu perhatikan. Modal uang menjadi salah satu faktor utama yang harus disiapkan seseorang saat hendak memulai usaha baru. Sayangnya, hal tersebut jugalah yang kerap menjadi penghambat karena tidak semua orang memiliki budget yang cukup. Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

Beragam produk pinjaman yang ditujukan bagi para pebisnis tentu memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Sebelum Kamu mendatangi institusi finansial untuk mengajukan pinjaman modal, sebaiknya pertimbangkan tips memilih pinjaman yang didasarkan pada beberapa hal berikut ini.

Jangka Waktu

Produk pinjaman umumnya dibedakan berdasarkan jangka waktu. Ada pinjaman jangka pendek yang diberikan kepada usaha dengan jangka waktu kurang dari setahun, pinjaman jangka menengah yang diberikan dengan jangka waktu 1-3 tahun, dan pinjaman jangka panjang yang periode pengembaliannya membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun. Bila Kamu memiliki kebutuhan pinjaman yang cenderung tidak terlalu tinggi, sebaiknya Kamu mendaftar untuk pinjaman jangka pendek agar masa pengembaliannya pun lebih cepat.

Keperluan Usaha

Usaha yang Kamu dirikan pasti membutuhkan banyak keperluan, misalnya mesin, kantor, dan lain sebagainya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengajukan pinjaman yang didasarkan pada keperluan usaha, yaitu: Kredit modal kerja, yang digunakan agar modal kerja perusahaan bisa bertambah, Kredit investasi, terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu kredit jangka panjang dan kredit jangka menengah. Penentuan keduanya tergantung dari pembelian barang-barang yang dikategorikan sebagai modal bagi usaha baru Kamu, Kredit pembiayaan proyek, yang digunakan untuk membiayai suatu proyek baru.

Penggunaan

Pinjaman juga dibagi berdasarkan kegunaannya, yaitu konsumtif dan komersil. Pinjaman bisnis yang Kamu ajukan termasuk bersifat komersil, yakni pinjaman yang digunakan untuk membiayai suatu usaha. Pinjaman komersil masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah kredit mikro, kredit usaha kecil, kredit usaha menengah, dan kredit korporasi.

Metode Pembiayaan

Selain itu, pinjaman juga dapat dikeluarkan berdasarkan metode pembiayaannya yang terbagi menjadi dua jenis. Pertama, ada kredit bilateral yang pembiayaannya hanya dilakukan oleh satu bank. Kredit ini biasanya digunakan untuk pemilik bisnis kecil atau UKM yang baru mulai mengembangkan bisnis. Ini karena metode pembiayaan kredit bilateral tetap sama hingga pelunasan nanti.

Penarikan dan Pelunasan

Berdasarkan sifat penarikannya, pinjaman dapat dibedakan menjadi kredit langsung dan kredit tidak langsung. Kredit langsung adalah kredit yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada lembaga pemerintah atau semi pemerintah. Sementara itu, pinjaman bank dan pinjaman FinTech berdasarkan sifat pelunasan terbagi menjadi dua, yakni kredit yang dibayarkan sekaligus saat jatuh tempo dan kredit yang pelunasannya dilakukan dengan menerapkan sistem cicilan.

Demikian artikel ini saya buat sebagai informasi supaya kamu terhindar dari agan-agan KTA bodong, sehingga kamu bisa memilih jenis KTA yang bagus untuk keperluanmu, apakah kamu yang membutuhkan Pinjaman KTA ? kamu bisa cek di cekaja.com dengan mengklik link berikut https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ semoga dengan artikel ini kamu bisa berhati-hati dalam memilih pinjaman KTA yang aman.

Tips Memilih Pinjaman KTA yang Aman untuk Kebutuhan Modal Usaha

Tips Memilih Pinjaman KTA yang Aman untuk Kebutuhan Modal Usaha - Kebutuhan manusia akan uang tunai makin tak bisa dipungkiri. Apalagi di zaman sekarang di

Editor's Rating:

3 Comments

  1. terimakasih untuk informasi yang disajikan, semoga artikel memilih pinjaman kta yang aman, bisa bermanfaat untuk semua pembaca

    Reply

Post Comment