Home | Artikel | 4 Tips Memilih Jurusan Sekolah SMK
4 Tips Memilih Jurusan Sekolah SMK
4 Tips Memilih Jurusan Sekolah SMK

4 Tips Memilih Jurusan Sekolah SMK

Tinulis ID – Kadang untuk kalian calon siswa SMK akan mengalami kebingungan untuk Memilih Jurusan Sekolah SMK, apa yang harus kita pilih. oleh karena itu saya menulis artikel ini untuk membantu anda dalam menentukan pilihan yang tepat untuk anda. Dalam menentukan pilihan anda harus merenungkanya sejenak dan memikirkanya dengan tepat, agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Cari Tahu Hobi Atau Bakat

SMK identik dengan kejuruan, oleh karena itu anda harus tahu apa bakat atau hobi anda, karena jika tidak sesuai dengan bakat atau hobi pastinya tidak akan nyaman saat anda mengikuti pelajran di jurusan SMK anda, misalnya jika anda yang suka bermain komputer anda bisa menambil jurusan TKJ, atau untuk anda yang suka mengedit foto atau Video, anda bisa mengambil jurusan MultiMedia. Atau untuk yang suka menjahit anda boleh mengambil jurusan Tata Busana, yang penting sesuai dengan bakat atau hobi anda.

Sesuaikan Dengan Nilai Ujian

Kebanyakan orang ketika ingin memilih jurusan, mereka asal memilih tanpa melihat nilai mereka dulu, coba perhatikan nilai anda dulu, apakah tinggi? Sedang? Atau rendah? Biasanya jurusan yang paling banyak diminati akan banyak saingan ketika anda mendaftar, jika anda memiliki nilai tinggi anda bebas bias memilih jurusan, namun bagaimana kalau anda memiliki nilai rendah? Lebih baik memilih jurusan yang mendekati dengan hobi anda tetapi sedikit sainganya.

Minta Pendapat Orang Tua

Ini yang terpenting, karena orang tua yang sudah berpengalaman, jadi kita harus minta pendapat dan pertimbangan dari orang tua, siapa tau orang tua bias mengarah kan kita kepada jurusan terbaik yang menurut mereka cocok untuk kita, jangan asal daftar tanpa konfirmasi dengan orang tua.

Lihat Calon Teman.

Ini juga tidak kalah penting, karena dalam jurusan pasti kita akan menemui teman-teman baru, anda bias memilih jurusan yang kira-kira nanti temanya tidak nakal-nakal, alias baik-baik, atau pilih jurusan yang banyak wanitanya atau yang banyak lelakinya, untuk jurusan mesin apsti akan banyak laki-lakinya, namun pasti juga akan nakal-nakal, sementara akutansi pasti akan banyak wanitanya, yang pasti tidak akan ada yang nakal.

Demikian artikel tips untuk Memilih Jurusan Sekolah SMK, opini apa adanya semoga bisa bermanfaat. kuy share ..

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam