Media Informasi Terkini

Media Promosi Online yang Efektif untuk Meningkatkan Branding UKM

23 388

Waktu menujukan pukul 09.30 WIB, sampailah gw ke ruangan 1 juta umat (orang tekno pasti ngerti ruangan ini). Ahay ini cuman sebutan belaka saja, melainkan ruangan kerja gw terpisah namun sangat berdekatan sekali. wkkwkkw…  😀 .  Pagi-pagi buta begini gw dah di begal sama teman satu ruangan mau ngomongin tentang media promosi online, marketing online atau yang di sebut lebih modernnya yaitu Digital Marketing, tentunya gw di kenal sebagai orang yang suka bergelut di blogger. Itupun hanya sebagian orang saja sih yang tahu, syedih anjay.

Yah tentu gw gak menghiraukan ingin banyak orang tahu profesi tersembunyi gw yaitu blogger, cukup temen seruangan saja yang tahu tentang diri pribadi gw. Nanti ribet banyak yang Tanya-tanya, Tanya inilah Tanya itulah… Ya sudah sebelum melakukan pekerjaan kantor, dilanjutlah obrolin pembahasannya. Bla-Bli-Blu…… ngalor-ngidul one time more, akhirnya selesai juga obrolan singkat ini. 😀

Media Promosi Online

Dari kalimat di atas apakah kamu menemukan sesuatu pembahasan yang penting? Saya sudah mengetahui jawaban kalian, yaitu obrolan singkat yang konyol dan tidak jelas. Jika belum jelas akan saya sedikit sampaikan rangkuman obrolan saya dengan teman saya tadi di catatan artikel kesempatan ini.

Era digital dengan seiring berjalannya perubahan zaman yang semakin berkembang pesat, dunia teknologi semakin canggih. Sehingga membuat banyak orang bisa melakukan apa saja dengan mudahnya tanpa pusing dan ribet seperti zaman terdahulu, pokoknya jangan sampai dibayangkan sob. Yuk lanjut pembahasan….

Penggunaan Internet sangat pesat peningkatannya dari tahun-ke-tahun : Mеnurut riset рlаtfоrm manajemen mеdіа ѕоѕіаl HootSuite dan аgеnѕі mаrkеtіng ѕоѕіаl We Arе Social bеrtаjuk “Global Dіgіtаl Reports 2020”, hаmріr 64 реrѕеn penduduk Indоnеѕіа ѕudаh tеrkоnеkѕі dengan jaringan internet.

statistik POPULATION INTERNET DI INDONESIARіѕеt уаng dіrіlіѕ pada akhir Jаnuаrі 2020 itu mеnуеbutkаn, jumlаh реngunа іntеrnеt dі Indоnеѕіа ѕudаh mеnсараі 175,4 jutа оrаng, ѕеmеntаrа tоtаl jumlah реnduduk Indоnеѕіа ѕеkіtаr 272,1 jutа. Dіbаndіng tahun 2019 lalu, jumlаh реnggunа іntеrnеt dі Indоnеѕіа mеnіngkаt ѕеkіtаr 17 реrѕеn аtаu 25 jutа реnggunа.

Sеlаmа 2019, реnggunа іntеrnеt di Indоnеѕіа уаng bеruѕіа 16 hіnggа 64 tahun mеmіlіkі wаktu rаtа-rаtа ѕеlаmа 7 jаm 59 mеnіt per hаrі untuk bеrѕеlаnсаr di dunіа mауа. Angkа tеrѕеbut mеlаmраuі rаtа-rаtа global уаng hаnуа menghabiskan wаktu 6 jam 43 mеnіt dі іntеrnеt per harinya.

STATISTIK DAILY TIME ACTIVITY ON MEDIA SOSIALWаktu bercengkrama реnduduk Indonesia dengan internet tеrѕеbut membawa Indоnеѕіа kе dalam daftar 10 besar negara уаng kecanduan іntеrnеt. Indonesia mеndudukі роѕіѕі delapan dаlаm dаftаr nеgаrа раlіng lama mеnghаbіѕkаn waktunya bеrѕеlаnсаr іntеrnеt. Pеnсараіаn ini ѕеbеnаrnуа ‘menurun’ dіbаndіngkаn tаhun lalu yang Indonesia berada dі peringkat lіmа.

Dengan melihat kondisi seperti ini maka peluang besar untuk melakukan gerak pemasaran di ranah online menjadi sangat potensial. Dimana masyarakat tidak hanya melakukan interaksi di dunia nyata saja, akan tetapi juga di dunia maya. Intеrnеt ѕааt іnі sudah menjadi kebutuhan, tidak kecuali mаѕуаrаkаt Indonesia. Tentu kamu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini bukan?

Mengenal Apa itu Media Promosi Online?

Media Promosi Online yang  Efektif untuk Meningkatkan Branding UKM

Sebelum ke pembahasan Media Promosi, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu Promosi online? Promosi online merupakan salah ѕаtu аѕреk раlіng penting bаgі UKM dan реbіѕnіѕ offline maupun bisnis online, mеngіngаt реrаnnуа dаlаm mendorong kоnѕumеn untuk mеlаkukаn pembelian atau konversi kata bahasa modernya. Dari hаѕіl studi mеnуеbutkаn, peningkatan jumlаh реnggunа mеdіа ѕоѕіаl dаn pencarian dаrі реrаngkаt mоbіlе bеrhubungаn dеngаn tingkat trаnѕаkѕі bеlаnjа оnlіnе.

Nah dari kalimat di atas kita bisa menyimpulkan bahwa Media promosi adalah alat atau mediator yang mewadahi kegiatan promosi sebuah brand. Biasanya produk UKM yang sedang dipromosikan akan ditempatkan pada beberapa media promosi untuk menyebarkan informasi dan menarik pelanggan. Pemilihan media promosi juga tidak boleh sembarangan, mengingat hal ini akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan promosinya.

Jadi Apa itu Media Promosi Online? Media promosi online adalah sebuah mediator atau alat untuk memasarkan secara virtual atau digital, media onlinenya seperti media sosial facebook, instagram, twitter, yotube dan media online lainnya.

Media Promosi Bisnis Online yang paling Efektif di Era Digital

Sosial Media Marketing

Bisnis UKM memiliki media untuk berjualan dan promosi yang beraneka ragam. Mulai dari website, sosial media sampai business networking. Selama ini orang masih ragu-ragu untuk melakukan promosi darling karena takut tidak mempunyai media berjualan yang aman.

Padahal platform media online sangatlah mudah untuk digunakan dan mempunyai jangkauan yang sangat luas. Platform Media online bisa memberikan kita peluang untuk melakukan apa saja dengan mudah dan cepat termasuk untuk kegiatan berbisnis online dan memasarkan produk-produk UKM yang kamu tekunin saat ini.

Media Promosi Bisnis Online di Sosial Media dan Forum Indonesia

Social mеdіа tеlаh berperan bеѕаr ѕеbаgаі реngubаh dі ѕеgаlа aspek kеhіduраn kіtа. Dеngаn lahirnya bеbеrара рlаtfоrm mеnjаdі semakin mudah untuk mеmрrоmоѕіkаn bisnis kita kераdа calon реlаnggаn secara luas. Salah ѕаtu inovasi tеrbеѕаr dari teknologi mеdіа ѕоѕіаl, bukan hanya раdа kеmаmрuаn kita untuk saling bеrkоmunіkаѕі, tetapi dаlаm kemampuan kіtа untuk mеmаѕаrkаn lаngѕung sebuah рrоduk kepada orang-orang уаng ditaretkan.

Saat іnі рrоmоѕі melalui ѕоcіаl mеdіа sangat gеnсаr dilakukan oleh sebagian UKM dan pembisnis online lainnya. Sеlаіn mudаh, jumlah pengguna іntеrnеt pada umumnya dаn ѕоѕіаl media khususnya tеruѕ meningkat dаrі tаhun ketahunnya. Itupun mеruраkаn ѕаѕаrаn yang efektif bagi реlаku bisnis dan UKM dalam menjaring саlоn-calon реlаnggаnnуа.

Baca Juga :  Mosehat Obat Mujarab Sembuhkan 17+ Penyakit dan Khasiatnya untuk Kesehatan

STATISTIKA MOST SOSIAL MEDIA PLATFORM IN INDONESIA

Melihatt dari data yang dilansir oleh houtsuite & We are Social, tren sosial media yang melambung tinggi angka peningkatan yang sering di akses oleh pengguna internet Indonesia yaitu salah satunya Youtube, whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter dan platform media sosial lainnya. Akan tetapi disini saya akan membahas ke lima dari trend populer of social media, sebagai berikut :

Youtube

Siapa sih sekarang yang tidak suka melihat channel-channel video menarik di Youtube? Saat ini Youtube dianggap sebagai situs media sosial paling penting danter populer di Indonesia maupun di dunia. Berbagai stasiun televisi, perusahaan produsen film, distributor rekaman, public figure dan perusahaan lain menggunakan Youtube untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Kebijakan yang diberikan Youtube membuat siapapun dan perusahaan apapun bebas memasang atau mengupload video promosi atau video apapun di situs tersebut dengan mengikuti aturan main youtube. Media promosi darling yang satu ini gratis yang hanya kamu kuasai adalah mengeidit bahan video promosi yang akan di tayangkan pada chanel youtube Kamu, dengan sekali klik kamu video yang kamu unggah tadi akan banyak di lihat orang dari seluruh penjuru dunia.

Whatsapp

Hasil survei telah membuktikan kalau sebagian besar pengguna mobile phone meluangkan waktu mereka untuk bertukar pesan dengan para penjual produk yang mereka inginkan dan mengharapkan mereka tetap terus berkomunikasi untuk terus mendapatkan produk yang baru.

Dan sebagian besar masyarakat yang menggunakan aplikasi Whatsapp pasti akan membuka dan langsung membaca pesannya yang masuk hanya dalam waktu hitungan detik. Tentu saja hal tersebut menjadi pemikiran utama para pebisnis maupun pelaku UKM mengapa menjadikan Whatsapp sangat cocok sebagai media strategi promosi online.

Di sisi lain, Whatsapp bisa dijadikan media untuk saling menyebar luaskan sebuah konten, termasuk broadcast konten promosi produk dari pelaku bisnis, sehingga kemungkinan besar para pelanggan maupun sekedar pengunjung bisa membagikan konten dari yang telah kamu promosikan tadi. Maka jangan heran kalau promosi maupun produknya memiliki konversi atau penjualnnya akan cepat tersebar di masyarakat.

Kamu juga bisa menggunakan fitur yang dimiliki whatsapp seperti whatsapp group, Whatsapp story, dan whatsapp blaster. Nah ketika fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk memulai promosi secara online dan terhubung dengan teman sekaligus calon-calon pelanggan.

Facebook

Dengan jumlah 1,6 miliar lebih penggunanya, Facebook menjadi platform terbesar ketiga dari social media lainnya. Hal ini menjadikan Facebook sebagai media promosi online yang sangat efektif dalam menghubungkan bisnis kamu dengan banyak orang di berbagai penjuru dunia. Para pengguna media sosial Facebook juga menyukai halaman bisnis yang disediakan platform tersebut tersebut. Mempromosikan produk/jasa melalui Facebook merupakan salah satu cara terbaik yang digunakan untuk memperoleh banyak calon pelanggan.

Bagimana caranya kita berpromosi menggunakan Facebook? Dengan update status mengenai promosi atau hanya status isieng-iseng saja untuk meningkatkan impresi siapa tahu bisa menjadi sebuah konversi yang menjual. Nah untuk penempatan postingan status kamu tadi, bisa share ke Facebook Group, Facebook Marketplace atau halaman Facebook Fanpages sesering mungkin dengan jangka dan berirama mengikuti peraturan-peraturan yang telah ditentukan facebook agar akun kamu tidak kena blokir pihak platform.

Instagram

Instagram merupakan media sosial di mana para penggunanya dapat berbagi foto atau video dengan para pengguna lain melalu perangkat mobile yang dimilikinya. Instagram menawarkan beberapa poin penting bagi para penggunanya pengambilan gambar berkualias tinggi dan menambahkan filter pada foto-foto yang diunggahnya.

Social media Instagram sangat populer, media promosi online dengan menggunakan instagram yaitu upload foto-foto produk dan berikan keterangan atau caption lengkapnya. Kamu juga bisa menyematkan hashtag-hashtag terpopuler untuk menyebarluaskan produk atau jasa kamu ke pengguna lain. Pemasaran secara online tersebut sangat penting dan patut dipertimbangkan. Terlebih lagi, setiap bulannya Instagram memiliki 150 juta pengguna aktif di seluruh dunia, wow sangat pantastis yaw.

Kamu juga bisa mengupload poto produk bisnis ke feed Instagram atau Instagram Instatory secara teratur setiap hari atau terjadwal, agar impresi dan calon pelanggan kamu melihat hasil dari postingan di Instagram tadi.

Twitter

Platform Twitter ternyata juga bisa digunakan untuk sebagai promosi online namun, Twitter memiliki kekurangan yaitu hanya dapat menuliskan sebanyak 160 karakter kata deskripsi produk saja. Twitter sering menjadi mediator platform yang menyebarkan hal-hal viral di seluruh dunia hanya dengan menggunakan teknik hastag.

Prosentasi pemakaian Twitter dalam pemasaran online telah mencapai sekitar 80%. Twitter akan mempermudah Kamu untuk melakukan setiap kegiatan promosi acara, promo produk, atau artikel mengenai produk kamu. Hashtag merupakan salah satu senjata dan fitur yang paling ampuh, oleh karena itu setiap promosi melalui twitter jangan lupa untuk menyertakan hashtag. Dikarenakan penggunan hashtag juga bisa berguna untuk menemukan pertanyaan dari calon pelanggan mengenai produk/jasa yang kamu sediakan.

Adapun platform atau mediator Media promosi online lain ada yang gratis dan berbayar akan tetapi ramah di kantong saku ko, dibawah ini akan saya jabarkan. Simak terus ya artikelnya.

Forum Indonesia

Banyak sekali strategi pemasaran online yang bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan menuliskan sebuah promosi pada forum-forum yang ada di Indonesia seperti forum kaskus dan forum serupa yang bisa kamu gunakan sebagai tempat promosi online. Akan tetapi di platform ini Kamu harus sering rajin-rajin berdiskusi dengan anggota member lainnya, sebelum melakukan tindakan promosi tentunya.

Berikanlah sebuah sharing pengalaman, berbagi tips atau trik yang kita miliki ke sesama member forum tersebut, agar saling mengenal satu sama lainnya. Jika diperlukan tindakan promosi, maka berpromosilah dan tetap mengikuti aturan yang berlaku di platform forum online tersebut.

Blog/Website

Cara promosi online yang menggunakan Media Website/blog merupakan media untuk memasarkan bisnis yang kita tempuh saat ini dan sekaligus sebagai aset investasi digital di masa mendatang. Karena kenapa Website akan memberikan konversi penjualan, ketika seseorang mencari sesuatu jasa/produk UKM Kamu pastikan mereka menemukan bisnis yang sedang di kolola harus berada di halaman 1 pencarian google.

Media Promosi ini juga gratis loh, kamu bisa membuat website/blog di dua platfrom yang banyak digunakan yaitu blogspot.com dan wordpress.com. Nah kedua platform tersebut bisa Kamu gunakan untuk membuat sebuah website pemasaran, akan tetapi kamu juga harus banyak-banyak belajar di tahapan ini.

Bagi Kamu yang memiliki website, jangan segan-segan untuk melakukan promosi bisnis melalui websitenya. Tidak hanya untuk promosi, Kamu juga dapat menggunakan website untuk mengumpulkan data pelanggan sehingga hubungan dengan pelanggan tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga :  YoungLimWon SoftLab, Pembuat Sіѕtеm ERP Yаng Dіреrhіtungkаn dі Dunіа

Marketplace

Tidak hanya sebagai tempat berjualan, marketplace juga menjadi media promosi bisnis secara online yang cukup efektif dan signifikan. Kamu juga bisa menggunakan beragam platform marketplace yang terpopuler di Indonesia maupun Luar negeri, Platform media ini sangat membantu UKM atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Beberapa pebisnis juga bahkan sengaja membuka toko online di marketplace untuk meluaskan jaringan dan mendapat banyak konsumen tentunya.

Email Marketing

Cara pemasaran ini mungkin sudah terdengar sedikit agak kuno dan so last year. Tapi, email marketing masih memiliki kekuatannya sendiri sebagai alat promosi online yang mampu menjangkau banyak calon pelanggan.

Email marketing menjadi sumber yang sangat besar untuk menyebarkan berita launching produk, penawaran terbaru/terbatas dan penawaran diskon promosi. Cobalah untuk membuat email marketing yang menarik dan dapatkan banyak konversi dari pelanggan baru.

Ads atau Iklan

Mediator terakhir ini sebenarnya termasuk ke media pemasaran online yang berbayar, sudah jelas dari judulnya saja kalo kita promosi menggunakan media tersebut. Tentu harus mengeluarkan sebuah budget atau dana rupiah. Ads atau Iklan merupakan promosi online berbayar dan bisa di setting sesuai dengan target yang direncanakan.

Adapun medianya yaitu FB Ads, Google Ads, Intagram Ads, Twitter Ads, Youtube Ads, dan atau memasang slot iklan pada website-website yang memiliki jaringan pengunjung yang sesuai dengan target iklan yang akan ditayangkan.

Cara Pemasaran online dengan Influencer/blogger

Media-Promosi-Blogger

Setelah mempelajari media promosi melalui media sosial, selanjutkan mediator promosi online yang baik dan paling efektif yaitu melibatkan blogger atau influincer. Kenapa harus demikian ? banyak sekali asumsi opini yang bermunculan mengenai media promosi menngunakan bloggerlah yang paling eketif dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa bisnis yang akan kamu jalankan.

Di era digital saat ini memasarkan produk bisa dikatakan sngat mudah sekali dibandingkan dengan era sebelumnya. Saat ini, mempromosikan bisnis jauh lebih efektif baik dari segi waktu maupun biaya yang dikeluarkan. Tentu hal ini terbantukan dengan yang namanya internet, keberadaan internet memanglah sangat membantu para pelaku Usaha, UKM, dan pembisnis online untuk memasarkan produknya.

Nah, Jika Kamu belum berkolaborasi dengan blogger atau influincer sebagai mmediator pemasaran bisnis UKM-mu?, yuk mulai saat ini cobalah untuk mengajak kerjasama dengan blogger-blogger untuk kebutuhan media pemasaran online Kamu. Mengapa harus memilih blogger sebagai media sarana promosi online untuk bisnis atau Usaha kamu?

Berikut alasan yang menurut saya masuk akal dan sepengalaman saya bekerjasama dengan beberapa brand atau agency yang mengajak blogger untuk turut andil dalam mempromosikan produk atau jasanya.

#1. Kredibilitas

Salah satu tujuan promosi produk adalah untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Pengakuan tersebut bisa didapatkan dari cerita konsumen atau orang lain, bukan dari kamu atau perusahaan sendiri. Dengan memanfaatkan blogger yang memiliki kredibilitas, maka secara tidak langsung produk atau jasa Kamu juga akan mendapatkan pengakuan dari pembaca blog tersebut.

#2. Networking

Blogger memiliki banyak jaringan, mulai dari teman sekarib, teman se-Komunitas dan pokoknya blogger jaringan nya sangat luas. Cocok sekali bagi kamu yang ingin berpromosi dan tidak akan takut sepi pengunjung yang membaca promosi-promosi yang telah kamu amanahkan kepada blogger.

#3. Media Sosial

Ketika mengajak kolaborasi dengan blogger untuk mempromosikan produk atau jasa Kamu melalui artikel bersponsor, maka blogger tersebut setidaknya akan menyebarluaskan artikel-artikel tersebut ke berbagai media sosial yang mereka miliki. Karena selain ingin berbagi kalau mereka punya artikel terbaru tentang sebuah produk dan juga ingin agar blognya banyak pengunjung. Ini jelas sangat menguntungkan karena produk Kamu akan lebih dikenal oleh orang.

#4. Bisa Optimasi Mesin Pencari

Meski tidak semua blogger memiliki keahlian untuk mengoptimalkan blognya di mesin pencari, akan tapi beberapa blogger biasanya selalu mengoptimasi artikel di blognya agar menduduki puncak tertinggi hasil pencarian di mesin pencari seperti Google atau yang sellau di sebut page one. Yang artinya, artikel review atau sponsor Kamu juga akan teroptimasi dan memungkinkan untuk bisa dilihat oleh banyak orang yang bersumber dari mesin pencari.

#5. Mampu meningkatkan brand-awareness

Selain itu blogger juga memiliki kemampuan menulis sebuah tulisan dengan copywriting, sehingga tulisan review atau artikel yang mereka tulis akan mengalir secara mendalam mulai dari permulaan dengan alur jalan cerita yang asyik, dan membawa pembaca untuk terus membaca artikelnya hingga selesai. nah di akhir paragraf bisanya blogger akan mengajak para pembaca untuk mengunjungi situs website atau rekomendasi kontak produk yang Kamu promosikan.

#6. Budget Ramah Di Kantong

Jangan permasalahkan soal biaya, karena ini termasuk investasi masa depan untuk usaha atau bisnis Kamu. Dengan cukup membayar sekali, maka artikel review atau konten sponsor akan tayang selamanya dan Kamu akan mendapatkan banyak manfaatnya, terlebih jika blog tersebut memiliki banyak pembaca setianya.

Sekarang ini pun brand atau usaha UKM sudah mulai mengajak blogger untuk turut serta mempromosikan produknya. Karena mereka diyakini sebagai media promosi yang sangat efektif. Intinya adalah jika Kamu ingin mempromosikan produk atau bidang jasa secara online, jangan hanya sekedar memajangnya di website, toko online, atau media sosial. Tapi jaklah pihak lain seperti blogger atau influincer untuk bersama-sama membantu pemasaran produk Kamu.

Bagaimana Strategi Pemasaran Online yang Baik ?

Strategi Pemasaran Online

Dalam berbinis hal yang utama dilakukan setelah memproduksi sebuah produk atau meluncurkan sebuah layanan jasa adalah membuat sebuah strategi pemasaran online ataupun offline dan lalu memikirikan cara promosi produk terbaik secara efektif supaya pemasaran yang akan ditagetkan tercapai.

Nah, keduanya sangat penting untuk dieksekusi agar ketika Kamu sudah siap mempromosikan produk yang dimiliki, konsep strategi pemasaran yang dipersiapkan telah benar-benar matang dan memperkecil resiko kerugian yang didapat anantinya. Nah , berikut ini kiat-kiat atau strategi pemasaran online yang bisa kamu lakukan, sebagai berikut :

1. Membuat skema Perencanaan

Untuk bisnis yang bergerak dalam usaha kecil dan menengah sangat memerlukan sebuah perencanaan yang matang dalam mengatur strategi pemasaran produk baik secara oniline ataupun offline. ketika membuat sebuah perencanaan harus diperhatikan tentang media promosi dan cara promosi apa saja yang akan digunakan, rincikan anggaran keperluan pemasaran yang dibutuhkan dan juga memikirkan tentang team yang akan diajak untuk bekerjasama dalam mengembangkan usaha/bisnis yang dimiliki.

2. Riset Produk atau jasa

Riset-meriset produk atau jasa apa yang akan kamu pasarkan nantinya? yang tentunya kamu harus memikirkan bisnis yang kamu bangun memiliki nilai jangka panjang dana tentunya banyak dibutuhkan oleh calon pelanggan nantinya.

Baca Juga :  Dijual Apartemen Grand Dhika City Type Minimalis

3. Menyiapkan Kebutuhan Branding

Setelah langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka langkah berikutnya yaitu menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan branding bisnis kamu. Hal tersebut bisa dimulai dari pembuatan logo, menentukan tagline yang menarik, menetapkan harga, dan menetapkan produk/jasa unggulan yang dimiliki pada bisnis yang dikelola.

4. Menentukan Target Pasar

langkahh terakhir, media promosi apapun nantinya yang akan digunakan. Tetap saja akan berujung pada target pasar yang dibidik. Oleh karena itu, sebelum memasarkan produk alangkah baiknya untuk menentukan terlebih dahulu arah target pasarnya.

Cara menentukan target pasar ini kita bisa memumulainya dari demografi usia, jenis kelamin, wilayah penjualan dalam atau luar negeri, komunitas, dan lain sebagainya. Hal ini sangat perlu sekali untuk dilakukan agar energi yang dimiliki tidak digunakan sia-sia ketika harus terjun mempromosikan bisnisnya.

Manfaat Promosi online untuk UKM dan Pemasaran digital

Cara Branding Bisnis UKMAdapun beberapa manfaat yang akan kamu rasakan bagi bisnis online kamu, ketika menerapkan strategi pemasaran atau promosi secara online. Apalagi di era digital 4.0 sekarang ini, telah di rekomendasikan oleh beberapa pakar dan senior yang telah melakukan media promosi secara digitalisasi ini merupakan metode pemasaran yang paling efektif dalam menatangkan konversi atau penjualan dan setidaknya bisa meningkatkan brand awarenes.

Berikut 7 manfaatnya, sebagai berikut:

1. Bebas tidak terbatas ruang & Waktu

Tindakan promosi online memungkinkan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal kepada calon pelanggan dengan membangun reputasi brand melalui pembelian dan preferensi. Akan tetapi maksud dari tidak terbatas ini harus sesuai dan mengikuti segala aturan yang berlaku.

2. Jangkauan Promosi lebih luas

Dengan melakukan promosi secara online, berarti kamu melakukan kegiatan digital marketing tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kamub juga dapat menjual produk atau jasa sampai ke luar negeri misalnya, tanpa harus memiliki toko fisik disana. Yang berarti promosi online juga membantu untuk memperluas target pasar.

Namun harus ingat, jika mau menjual atau mempromosikan produk hingga keluar negeri, maka yang harus dipastikan bahwa produk/jasa tersebut memang bisa ditargerkan bagi pasar internasional. Kamu juga harus menyediakan layanan pengiriman serta pembayaran yang terkoneksi secara internasional serta regulasi bisnis yang mengatur.

3. Menjaga Kesetiaan Pelanggan

Tentu menyadari bahwa kompetitor akan selalu berusaha untuk merebut hati pelanggan setia kita. Namun, jika kamu kreatif dan rajin melakukan kegiatan promosi dengan berbagai penawaran-penawaran yang menarik, pelanggan akan tetap setia menggunakan produk/jasa Kamu.

Inilah Alasannya, manfaat yang mereka (pelanggan) akan terima lebih menjanjikan.Nah jika kamu sebagai UKM atau pemilik bisnis, menjual produk jasa kepada pelanggan setia tentu lebih mudah. Fakta lapangan membuktikan rata-rata nilai keberhasilannya mencapai 60 hingga 70%.

4. Rasa Kenyamanan

Tidak perlu khawatir dengan jadwal dan jam buka toko. Pemasaran online tidak akan mengganggu aktifitas bisnis offline, Kamu bisa berpromosi tanpa ada batasan tempat atau waktu serta kamupun bisa melakukan promosinya kapan saja. Hal tersebut tentunya memberikan rasa kenyamanan bagi kamu dan juga pelanggan.

5. Biaya Promosi Murah dan Efesien

Kamu tidak perlu mengeluarkan budget biaya yang mahal untuk promosi online seperti promosi atau marketing konvensional. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa toko termasuk dengan biaya operasionalnya. Promosi online memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan bahkan tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

6. Meningkatkan Brand Awareness

Bagi UKM dan pelaku bisnis online, brand awareness sangatlah penting. Brand awareness mampu menguatkan hubungan antara produk jasa dengan pelanggan untuk jangka panjang. Salah satu contoh, jika ingin membeli air mineral kemasan botol/gelas, saya pastikan sebagian orang akan menyebut merk xxx, iya kan?.

Padahal banyak brand air mineral lain yang secara kualitas tidak jauh berbeda. Seperti inilah yang disebut sebagai brand awareness. Jika promosi yang dilakukan berhasil dan mampu membangun branding dengan kuat, produk jasa kamu akan melekat di hati pelanggan. Dengan intensitas promosi yang terukur dan terstuktur brand awareness bisa dibangun dengan baik.

7. Meningkatkan Potensi konversi dan Penjualan

Dalam sebuah kegiatan promosi yang dilakukan secara dengan benar akan mampu mendongkrak konversi penjualan secara berkala, dengan seiringnya berjalan waktu promosi yang telah diakukan. Dari brand awereness hingga konversi yang akan didapatkan.

Yuk Intip, inilah Tips & Cara Pemasaran Online yang Efektif

Strategi Media Promosi OnlineSetelah memahami pentingnya media promosi online, manfaat cara pemasaran online dan strategi pemasaran online telah kita ketahui dan dipelajari sebelumnya. Ada beberapa hal yang meski kita ketahui tips jitu untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang kita tawarkan kepada pelanggan lama maupun calon pelanggan baru..

Sebenarnya ada banyak cara promosi online yang bisa diterapkan untuk produk UKM atau bisnis online. Berikut sedikit rangkuman dan beberapa contoh yang bisa kamu gunakan salah satu caranya, yaitu:

  1. Memberikan diskon atau potongan harga
  2. Membebaskan Biaya Kirim atau Free Ongkir
  3. Memberikan Sample Produk
  4. Promo Beli 1 Gratis 1
  5. Menawarkan Cashback
  6. Memberikan Garansi
  7. Mengadakan Flash Sale
  8. Pengumpulan Poin Rewards
  9. Membagikan Voucher/Kupon Promo
  10. Memberikan Hadiah
  11. Menggelar Promo Liburan
  12. Menawarkan Harga Khusus untuk pembelian banyak
  13. Mengadakan Giveaway Secara Rutin
  14. Promo Ulang Tahun
  15. Membuka peluang Program Reseller atau Affiliate
  16. Mengadakan Kontes atau Lomba
  17. dan lain sebagainya.

Nah itulah cara jitu yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan baru atau pelanggan lama sekalipun. Dengan adanya program atau kegiatan promosi yang telah disebutkan diatas, saya jamin kamu akan memiliki banyak pelanggan yang setia akan berlangganan terus-menerus. Otomatis jumlah konversi atau penjualan yang didapatkan akan meningkat secara pesat.

Penutup

Demikian yang bisa penulis (bang oji, ganteng tidak sombong) sampaikan pembahasan artikel ini dengan judul  11+ Media Promosi Online yang  Efektif untuk Meningkatkan Branding UKM. Semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca dan khususnya pelaku UKM yang ingin memasarkan bisnis atau produknya melalui pemasaran online, artikel ini saya rekomendasikan untuk kamu yang sedang berselancar di mesin pencari.

Sumber referensi :

Dari berbagai website yang tersedia yang penulis temukan di internet ketika berselancar dan referensi mengenai strategi Media dan cara Promosi online dari pengalaman praktek pribadi.

 

Yuk bantu share artikel ini, supaya naik menajdi rangking 1 (page one=muncul di pertama halaman pertama) dan siapa tahu bisa viral. See you sob, next pembahasan seputar bisnis lain.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More