Media Informasi Terkini

Mau Online atau Offline, Daftar BPJS Kesehatan Sama Mudahnya!

2 196

Mau Online atau Offline, Daftar BPJS Kesehatan Sama Mudahnya! – Siapa pun memiliki risiko terkena penyakit—tua, muda, wanita, pria, kaya, mauupun miskin—sewaktu-waktu tanpa ada pertanda. Untuk itu, kewajiban kita adalah sedini mungkin melakukan tindakan preventif. Tindakan ini meliputi dua hal, yakni menjaga kondisi tubuh sebaik mungkin serta memiliki bekal materi.

Ketika suatu penyakit menyerang, tentu akan ada biaya yang harus dikeluarkan terutama bila jenis penyakit tersebut tergolong berat. Hal ini meliputi banyak hal, seperti berbagai prosedur kesehatan mulai dari cek laboratorium hingga tindakan, obat-obatan, hingga sewa kamar.

Besarnya nominal yang dikeluarkan tentu saja beragam, tetapi untuk kasus-kasus penyakit berat, nominal jutaan sudah dapa diprediksi sejak awal.

Dalam rangka menjamin kesejahteraan sosial masyarakat dalam bidang kesehatan inilah, pemerintah Indonesia kemudian mengeluarkan Jaminan Kesehatan Sosial (JKN) pada tanggal 31 Desember 2013. Namun di tahun 2014, Pemerintah membagi jaminan ini menjadi dua golongan spesifik, yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakterjaan.

Traveloka adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan untuk pembayaran BPJS. Anda bisa mengakses informasi tersebut dengan mudah hanya dengan melalui link ini https://www.traveloka.com/bill-payment/bpjs/daftar-online. Untuk cara pendaftarannya akan dijelaskan pada paragraf selanjutnya.

Asuransi Wajib dari Negara

Keikutsertaan dalam program BPJS Kesehatan bersifat wajib bagi setip warga negara Indonesia dan warga negara asing yang sudah bekerja di Indonesia selama minimal enam bulan. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang BPJS Pasal 14.

Baca Juga :  Ini Dia Solusi Kelistrikan yang Hemat dalam Jangka Panjang untuk Anda

BACA JUGA :

Adapun manfaat keikutsertaan program ini adalah pembiayaan pelayanan di tingkat pertama (kesehatan nonspesialistik) dan pelayanan di tingkat lanjutan baik untuk rawat jalan maupun rawat inap.

Cara Daftar BPJS Kesehatan

Mau Online atau Offline, Daftar BPJS Kesehatan Sama Mudahnya!
Daftar bpjs kesehatan – infobpjs.blogspot.com

Di samping aturan wajib yang telah termaktub dalam Undang-Undang, kehadiran BPJS pun sangat membantu. Karena itu, sayang rasanya jika harus menyia-nyiakan kesempatan ini.

Namun, untuk terdaftar dan menjadi anggota alias peserta asuransi BPJS, kita harus melakukan pendaftaran. Untuk mempermudah, registrasi ini dapat dilakukan baik secara offline maupun online. Keduanya sama-sama tidak susah dilakukan dan tidak ada perbedaan biaya yang yang harus dibayarkan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Mau Online atau Offline, Daftar BPJS Kesehatan Sama Mudahnya!
Daftar bpjs kesehatan – infobpjs.blogspot.com

Cara daftar BPJS Kesehatan secara online merupakan cara yang paling efisien karena tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk datang ke kantor BPJS, apalagi mengingat hingga kini antrean pendaftaran secara offline masih saja cukup panjang.

Hanya dengan menggunakan laptop dan internet, kita bisa mendaftar sebagai anggota BPJS di mana saja dan kapan saja. Sebelum melakukan proses registrasi, kita perlu mempersiapkan beberapa dokumen.

Karena proses online, maka seluruh dokumen ini pun dibuat dalam format digital untuk kemudian diunduh sesuai arahan. Persiapkan salinan digital (scan) Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu NPWP, dan nomor rekening bank. Tidak lupa, kita juga harus memiliki sebuah alamat email yang aktif.

Baca Juga :  Menghindari Beberapa Hal yang Bisa Mengganggu Jalannya Pemulihan Setelah Operasi

Bila seluruh persyaratan tersebut sudah siap, lanjutkan mendaftar dengan cara sebagai berikut.

  1. Akses situs resmi BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id), lalu pilih menu Layanan pada bagian atas, submenu Pendaftaran Peserta. Atau untuk alternatif lebih cepat, Anda bisa langsung mengakses .
  2. Layar akan menampilkan persyaratan dan peraturan yang harus dipenuhi selama menjadi anggota BPJS Kesehatan. Setelah membacanya dengan seksama, beri tanda centang pada bagian akhir kalimat bila setuju dan klik tombol Pendaftaran.
  3. Isi formulir yang telah tersedia dengan informasi sebenar-benarnya. Periksa dengan cermat nomor HP, email, dan rekenening bank karena akan sangat dibutuhkan untuk korespondensi. Klik Simpan.
  4. Pilih besarnya iuran sesuai dengan kelas perawatan yang diinginkan.
  5. Cek email sesuai dengan alamat yang didaftarkan. BPJS akan mengirim notifikasi nomor registrasi.
  6. Lakukan pembayaran sesuai nomor virtual account yang diberikan. Pilihan bank yang tersedia adalah Mandiri, BRI, dan BNI.
  7. Buka kembali email yang diberikan, klik link yang dikirimkan pada badan email. Kita bisa langsung mencetak e-ID sendiri dan menggunakannya untuk melakukan pengobatan di lembaga kesehatan mitra BPJS.
  8. e-ID memiliki fungsi yang sama dengan hard copy kartu peserta BPJS. Namun bila ingin mendapatkan kartu peserta BPJS yang ‘asli’, kita bisa datang ke kantor BPJS dengan membawa KTP asli dan kopian, fotokopi KK, dua lembar foto berwarna ukuran 3×4, formulir pendaftaran yang didapatkan setelah registrasi online, dan bukti bayar bank.
Baca Juga :  Hidup Sehat Bersama Mitra Keluarga Bekasi Timur

BACA JUGA :

Selain daftar BPJS Kesehatan, melakukan pembayaran iuran asuransi ini juga bisa dilakukan secara online. BPJS bekerja sama dengan berbagai mitra untuk mengakomodasinya, salah satunya Traveloka. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi pendaftaran BPJS Kesehatan di Traveloka.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline

Mau Online atau Offline, Daftar BPJS Kesehatan Sama Mudahnya!
Daftar bpjs kesehatan – www.pikiran-rakyat.com

Beberapa orang masih belum terlalu familiar dengan teknologi online, terutama penduduk yang tidak tinggal di kawasan perkotaan. Cara ini juga biasanya lebih banyak dipilih jika ingin sekaligus menanyakan beberapa informasi yang dibutuhkan dan belum tercantum pada laman resmi BPJS Kesehatan.

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara offline, kita perlu membawa syarat-syarat seperti yang dibutuhkan pada pendaftaran secara online. Bedanya, kita harus membawa salinan dalam bentuk fisik (fotokopian). Setelah datang, kita akan diberikan sebuah formulir yang harus diisi.

Selesai mengisi, kita kembali menyerahkan formulir kepada petugas lengkap bersama dokumen yang dibutuhkan. Petugas kemudian akan memproses dan memberikan nomor virtual account.

Setelah membayar pada bank yang dipilih, kita harus kembali ke kantor BPJS Kesehatan untuk menyerahkan bukti transfer. Kartu pun akan segera dicetak.

Nah, itulah cara daftar BPJS Kesehatan baik secara online maupun offline. Sama-sama mudah, bukan?

Show Comments (2)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More