Home / Artikel / RAMADHAN TELAH TIBA, BERGEMBIRALAH!
Marhaban ya ramadhan
Source image : http://blog.act.id/

RAMADHAN TELAH TIBA, BERGEMBIRALAH!

Oleh : Firdaus Bayu (Aktifis Remaja Masjid Jombang)

Tinulis ID – Tak terasa, selangkah lagi kita akan memasuki kembali bulan suci Ramadhan, marhaban ya ramadhan. Di dalamnya, akan kita dengar seruan sahur dan ucapan selamat berbuka, canda anak-anak meramaikan masjid dalam majlis taklim Bapak, Ibu, pemuda-pemudi atau buka bersama, juga riangnya mereka berlarian di tengah shaf-shaf jamaah shalat tarawih. Tadarus al-Qur’an pun akan terlantun setiap pagi dan petang mewarnai telinga. Subhanallah.. Alhamdulillah.. Ramadhan telah tiba.

Satu pertanyaan sederhana buat kita, sudahkah kita bergembira menyambut Ramadhan? Dalam kitab Durratun Nasihin, disebutkan bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, “Barangsiapa merasa gembira dengan masuknya bulan Ramadhan maka Allah mengharamkan jasadnya dari api neraka.” (Al Hadits).

Subhanallah, betapa mulianya bulan Ramadhan, hingga Allah memberi penghargaan berupa terbebasnya seseorang dari api neraka hanya karena ia merasa gembira atas datangnya bulan suci tersebut.

Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita menyambut gembira datangnya bulan ini. Bukan malah sebaliknya, merasa bersedih karena kebebasan makan dibatasi, atau susah lantaran tenaga semakin melemah sehingga daya kerja kian berkurang. Sungguh rugi jika kita tak berbahagia, sebab Allah telah sebutkan balasan besar atasnya berupa terhindarnya kita dari api neraka.

Tetapi memang perlu kita pahami, bahwa tidak semua orang bisa merasa bahagia menyambut bulan puasa. Sebab, bagi orang-orang yang belum menyadari betul bagaimana kemuliaan bulan puasa dan keberkahan apa yang dapat kita ambil di dalamnya, biasanya cenderung hanya melihat rasa lapar dan dahaganya saja.

Tentu saja, tidak cukup bagi kita untuk sekedar merasa gembira menyambut datangnya Ramadhan, lalu kita bersantai ria sepanjang hari tanpa ada upaya serius menggapai ridha Allah dan rahmat-Nya agar terhindar dari api neraka. Dengan kata lain, setelah kita bergembira menyambut Ramadhan, kita juga harus memanfaatkannya untuk memperbanyak amal shalih dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah di dalamnya.

Untuk itu, patut kita renungkan kembali semua kemuliaan yang terkandung dalam bulan Ramadhan, supaya kita lebih terpacu untuk menyambutnya dengan gembira. Sebagai penyemangat, mari kita perhatikan salah satu keutamaan berpuasa di bulan ramadhan dalam sebuah hadits riwayat Abu Hurairah ra., berikut, bahwa Rasulullah saw. telah bersabda, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ikhlas, niscaya akan diampuni segala dosanya yang telah lalu” (Al Hadits).

Para pembaca yang dirahmati Allah, kita tak pernah tahu berapa banyak dosa yang telah kita kumpulkan selama ini, dan mana di antaranya yang telah Allah ampuni. Maka sungguh, berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ikhlas akan dapat menjadi jalan bagi kita untuk menggugurkan dosa-dosa tersebut sebagaimana sabda Nabi saw di atas. Jadi, tentu akan sangat rugi jika kita melewatkan puasa di Ramadhan ini dengan hati yang miskin iman dan tidak ikhlas. Tidak kah kita melihat hal ini sebagai sebuah kesempatan besar?

Sekali lagi, bergembiralah atas tibanya bulan Ramadhan, sebab inilah bulan mulia yang selama ini kita nanti, yang tersimpan di dalamnya kemuliaan dan keberkahan bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh menggapainya. Semoga kita termasuk bagian dari orang-orang yang diberkahi di bulan suci ini. Aamiin.

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Check Also

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Tinulis ID – Lenovo, produsen smartphone dari China semakin menunjukkan keeksisannya di dunia smartphone. Setelah …