Home / Artikel / Empat Manfaat Senyum Bagi Kesehatan

Empat Manfaat Senyum Bagi Kesehatan

Tinulis ID – Senyum adalah gerak tubuh yang diekspresikan secara alamiah. Dengan tersenyum seseorang memberikan kesan yang baik kepada orang lain. Keculai jika senyum itu diberikan denga keterpaksaan.

Rasululah S. A. W bersabda: “Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau berbuat ma’ruf dan melarang dari kemunkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, tulang, duri dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.” (H. R Tirmidzi)

Empat manfaat senyum dalam bidang kesehatan, yaitu:

Terhidar dari Penyakit kardiovaskuler

Senyum yang ikhlas tanpa paksaan dapat menghindari diri dari penyakit kardiovaskuler, senyum sebanyak 20 kali dan setiap senyumnya berdurasi 20 detik dapat menghasilkan endorphin oleh otak yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menghambat ephinephrin.

Jika epinephrine tinggi dalam tubuh maka akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan juga merangsang gerak jantung lebih cepat sehingga bisa menyebabkan penyakit darah tinggi atau hipertensi. Dampaknya bisa menimbulkan sakit jantung atau stroke.

Menimbulkan efek relaksasi

Menimbulkan efek relaksasi, perasaan bahagia dan menurunkan tingkat stres dalam tubuh

Mencegah Sembelit

Mencegah timbulnya sembelit (susah buang air besar). Ketika pagi hari gerak peristaltik usus masih lambat. Ketika seseorang tersenyum akan dapat merangsang gerak usus akibat dari kontraksi otot perut yang timbul karena efek senyum itu,

Obat Stres dan Peredam Marah

Ketika seseorang marah atau stres akan hilang banyak kalium dari tubuhnya karena banyak otot yang berkontraksi.

Hal tersebut bisa membuat orang itu terkena Hipokalemia (kadar kalium yang rendah dalam darah) yang kemudian berdampak buruk bagi tubuh.

Sedangkan orang yang tersenyum memiliki kontraksi otot yang sedikit karena relaksasi sehingga bisa mereduksi pengeluaran kalium lebih banyak.

Kalium itu sendiri berfungsi sebagai pengatur denyut jantung, mengkatifkan kontraksi otot, dan mempengaruhi tekanan darah.

Demikian artikel mengenai Empat Manfaat Senyum Bagi Kesehatan, semoga kita selalu tetap tersenyum. pancarkan ibadah setiap waktu lewat senyuman manis yang dimiliki kamu, tak akan mengurangi kepedean seseorang jika kamu selalu tampil dengan senyum khas manis menawan.

siapa sih yang tidak tertarik dengan penampilan yang keren disertai dengan senyuman manis ?? tentu penampilan seperti inilah yang sangat murah senyum.

Sumber Artikel: Rahmadi, Agus. 2012. Menjadi Dokter di Rumah Sendiri. Jakarta: KS Production.

About Mariana Puspa Sari

Check Also

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Tinulis ID – Lenovo, produsen smartphone dari China semakin menunjukkan keeksisannya di dunia smartphone. Setelah …

2 comments

  1. Mantap juga manfaat nya…tapi kalau keseringan senyum kaya senyum-senyum sendiri, nantinya bisa dipanggil orang gila 😀