Media Informasi Terkini

3 Manfaat Search Engine Optimization untuk Bisnis Online Kamu

Manfaat Search Engine Optimization
0 481

3 Manfaat Search Engine Optimization untuk Bisnis Online Kamu – Search engine optimization atau lebih dikenal dengan singkatan dari kata SEO merupakan sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan traffic melalui mesin pencarian Google. Tujuan utama dari Search engine optimization adalah untuk menempatkan suatu website agar muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Logika berpikirnya cukup sederhana, jika website Kamu tampil di urutan paling atas, maka secara otomatis traffic website Kamu juga akan meningkat. Hal ini disebabkan kebiasaan audiens yang cenderung lebih percaya terhadap informasi yang disajikan oleh website yang menempati posisi teratas di daftar pencarian.

Manfaat Search Engine Optimization
Manfaat Search Engine Optimization

Saat mesin pencari Google menerima request dari penggunanya, misalnya dengan kata kunci “Jasa SEO Bisnis Online”, maka mesin pencari tersebut akan melakukan proses membandingkan kata kunci “Jasa SEO Bisnis Online” dengan algoritma tertentu dan dari berbagai website yang telah terindeks oleh Google. Hasil pencarian yang ditampilkan adalah yang paling relevan dari kata kunci “Jasa SEO Bisnis Online

Pada dasarnya, kesuksesan bisnis online ditentukan oleh tingkat popularitas. Semakin terkenal dan familiar suatu situs, maka orang akan semakin percaya untuk membeli barang/jasa di sana. Dengan kata lain, orang-orang lebih tertarik untuk berbelanja di situs/website/online shop yang sudah mereka kenal dengan baik.

Baca Juga :  Jangan Salah Pilih, Berikut 3 Jenis Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Brand awareness tersebut dapat diciptakan melalui pemanfaatan SEO, yang bertujuan untuk membuat situs/website/online shop berada di jajaran teratas daftar mesin pencari sepeti Google, Yahoo Search, Bing, dan sebagainya.

Masih banyak pembisnis online yang merasa tidak mengalami adanya peningkatan, padahal telah melakukan promosi dengan gencar di berbagai sarana media online. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak  factor dan salah satunya adalah popularitas. Sejauh mana orang mengenal situs atau website mereka pada tingkat pencarian.

Nah disini saya ingin memberikan sebuah asumsi manfaat dari kelakuan SEO untuk meningkatkan kepopuleran produk atau bisnis online kamu pada sebuah mesin pencari, yaitu sebagai berikut :

1. Harga Terjangkau dan Murah

Bisa dikatakan strategi marketing melalui SEO tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan mungkin saja gratis apabila kamu sudah memahami SEO dengan baik serta memiliki pengalaman teknis terkait SEO, dan memiliki waktu luang yang banyak.

Ada banyak sekali penyedia jasa SEO dengan yang bisa kamu pilih di luar sana dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan preferensi dan kemampuan budget yang bisa kamu keluarkan tujuannya untuk strategi pemasaran.

Baca Juga :  Hal Wajib Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadi Blogger Hebat

2. Meningkatkan Brand Awareness

Kebanyakan orang biasanya melakukan pencarian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang atau produk yang mereka inginkan. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mengetahui produk yang akan dibelinya secara mendetail, misalnya mulai dari bentuk fisik, bahan, harga produk, manfaat produk, cara pakai, dan sebagainya.

Ini adalah medan pertempuran yang harus dimenangkan. Misal, kamu adalah pemilik brand Jasa SEO dan telah berhasil mengoptimasi keyword “Jasa SEO Bisnis Online”, maka setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut akan melihat website milikmu berada di urutan pertama. Dengan demikian, popularitas brand kamu juga akan semakin meningkat.

 Semakin dikenalnya brand atau produk kamu, maka akan semakin banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan. Misalnya saja, tingkat kepercayaan audiens yang meningkat, konversi audiens menjadi konsumen yang lebih tinggi, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan produk.

3. Mengumpulkan Data Preferensi

Banyak pelaku bisnis online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media dengan tujuan untuk memperoleh data kontak seperti email, nomor ponsel, alamat, dan sebagainya dari audiens mereka. Dengan mengetahui data audiens, maka suatu brand akan lebih mudah mengenali karakteristik ataupun perilaku audiens, sehingga brand tersebut dapat mendekati audiens mereka dengan lebih personal.

Baca Juga :  Camping yang Membuat Lupa Rumah

Dan Selain menciptakan brand awareness, menambah popularitas dan meningkatkan traffic. Teknik SEO juga memberikan keuntungan lain yang tidak kalah pentingnya yaitu database. Seperti yang kita diketahui yaitu big data merupakan salah satu modal untuk menentukan strategi bisnis ke depan dan memudahkan untuk menciptakan produk yang lebih inovatif sesuai dengan kebutuhan market.

Melalui teknik SEO akan terdeteksi keyword seperti apa yang paling banyak diketik atau dicari orang, sehingga diperoleh kesimpulan mengenai jenis kebutuhan di kalangan pengguna internet. Sekalipun tidak memanfaatkan online advertising, apabila optimalisasi Search Engine Optimization berjalan dengan baik maka website atau situs online shop yang kamu kelola akan tetap berada di ranking atas pada mesin pencarian.

Demikian pembahasan dari Manfaat Search Engine Optimization untuk Bisnis Online Kamu, semoga bisnis online yang kamu jalankan saat ini bisa semakin sukses dan dikenal oleh banyak orang melalui online ataupun offline. Jika artikel ini bermanfaat bantu share ya ke social media kamu.

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More