Home / Artikel / Manfaat Membaca Bagi Kesehatan

Manfaat Membaca Bagi Kesehatan

Tinulis ID – Siapa sangka, kegiatan membaca ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan. Diibaratkan tubuh, membaca adalah kegiatan olahraga untuk otak manusia. Jadi, manfaat membaca buku tidak hanya menambah wawasan.

Ada beberapa manfaat membaca bagi kesehatan, seperti meningkatkan memori, menangkal penyakit Alzheimer, menghilangkan stres dan sebagainya.

Apabila malas membaca, kamu bisa memilih jenis buku bacaan sesuai seleramu. Seperti novel, komik, tabloid, majalah, sastra dan yang lainnya.

Seorang ahli bahkan mengatakan bahwa kegiatan membaca yang telah dibiasakan sedari kecil hingga dewasa dapat membantu kesehatan otak manusia di usia senja. Maka, berikut manfaat membaca bagi kesehatan:

Menangkal Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer (kepikunan) merupakan penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seseorang. Penyakit ini kerap menyerang orang usia lanjut. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan rajin mebaca.

Karena dengan membaca, manusia terbiasa mengikuti alur sebuah cerita, membayangkan isi cerita dan mengikuti pola pikir sebuah cerita. Sehingga otak akan selalu dalam keadaan aktif.

Membantu Penderita Insomnia

Penderita insomnia (sulit tidur) rupanya dapat menggunakan kegiatan membaca sebagai terapi. Ketika insomnia kambuh, mata akan sulit terpejam.

Maka cobalah untuk membaca. Karena dengan membaca, tubuh akan rileks dan tidur pun tak lagi susah. Bahkan ternyata membaca lebih efektif dibandingkan dengan mendengarkan musik atau menikmati minuman hangat sebelum tidur.

Mengurangi Depresi / Stres

Sebuah studi menunjukkan bahwa seorang penderita stres yang melakukan terapi dengan membaca buku, terbukti mengalami penurunan depresi yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena membaca dapat mengurangi hormon kortisol penyebab depresi.

Dalam sebuah penelitian lainnya dibuktikan bahwa membaca dapat mengurangi kadar stres hingga 67 persen, angka yang melebihi kegiatan bermain game atau mendengarkan musik.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Pikiran

Karya sastra dan fiksi ternyata mampu membantu pembacanya lebih terampil dalam membaca pikiran, membuat pembacanya lebih terampil dalam menerka perasaan serta emosi orang lain.

Nah, setelah tahu apa saja manfaat membaca bagi kesehatan, mari mulai membaca sedari sekarang, demi kesehatan otak kita.

(Sumber: Kompas Klasika)

About Cemara Karenina

Pluviophile yang jatuh hati pada rusa tanduk merah.

Check Also

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Tinulis ID – Lenovo, produsen smartphone dari China semakin menunjukkan keeksisannya di dunia smartphone. Setelah …